Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silabus Seni Budaya Kelas VIII Tahun 2023/2024 | Kurikulum 2013

Silabus Seni Budaya - Seni dan budaya merupakan dua kata yang erat hubungannya dan tidak dapat dipisahkan. Karena dalam setiap kesenian pasti ada budaya yang berbeda. Di sisi lain, tidak jauh berbeda, setiap kebudayaan tentu memiliki nilai seni yang indah dan tak ternilai harganya. 

Seni budaya adalah segala sesuatu yang dibuat oleh manusia untuk hidup bersama dalam suatu kelompok yang unsur-unsur estetisnya diwariskan secara turun-temurun.

Seni sendiri merupakan sebutan untuk sebuah karya yang mampu menggerakkan hati siapapun yang melihatnya. Kata “seni” berasal dari bahasa Sansekerta “swa” (satu) dan dipadukan dengan kata “nik” yang berarti sesuatu yang halus atau kecil (Nusantara, 2007: 7). 

Dengan adanya seni dalam diri setiap orang dapat membangkitkan emosi orang tersebut. Agar sesuatu yang dibuat oleh manusia memiliki unsur keindahan.

Budaya adalah cara hidup yang masih diwariskan dari generasi ke generasi. Kemunculan budaya itu sendiri bersumber dari banyak faktor yang kompleks, antara lain politik, bahasa, adat istiadat, sistem religi, bangunan, dan karya seni.

Silabus Seni Budaya Kelas 8 SMP - MTs Kurikulum 2013

Sahabat guru,..

Kurikulum merupakan elemen fundamental dalam pembuatan perangkat pembelajaran. Oleh karena itu, sebelum membuat program sepanjang tahun, program semester, RPP, pertama-tama harus dibuat dahulu Silabus pembelajarannya.

Silabus pembelajaran sendiri diartikan sebagai Rencana pembelajaran sejumlah mata pelajaran dan/atau kelompok mata pelajaran, yang meliputi standar kompetensi, kompetensi inti, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian tes, manajemen waktu, dan sumber belajar. (Karkar, 2011: 244).

Pada edisi kali ini, di gurumapel.com, kami akan mencoba membagikan silabus seni budaya semester 1 dan 2 kurikulum 2013 kelas VIII. Silabus semester 1 & 2 Seni Budaya kelas VIII Kurikulum 2013 yang kami bagi memiliki format 8 halaman.

Jadi, semua guru seni budaya mangga di download Silabus Seni Budaya Kelas VIII, untuk semester 1 dan 2 di sini.

Download Silabus Seni Budaya Kelas VIII SMP - MTs Kurikulum 2013

  • Silabus Seni Musik Kelas 8 Semester 1 dan 2 - Download
  • Silabus Seni Rupa Kelas 8 Semester 1 dan 2 - Download
  • Silabus Seni Tari Kelas 8 Semester 1 dan 2 - Download
  • Silabus Seni Teater Kelas 8 Semester 1 dan 2 - Download