Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Pembelajaran Seni Budaya Kelas 8 Th 2023/2024 (K13)

Perangkat Pembelajaran Seni Budaya Kurikulum 2013. Proses pembelajaran adalah upaya yang dilakukan untuk mendapatkan perubahan perilaku sebagai hasil belajar (Jazuli 2008: 137). Belajar adalah suatu proses perubahan perilaku individu melalui interaksi dengan lingkungannya. Proses pengajaran adalah istilah lain dari proses pembelajaran.

Proses pembelajaran terjadi antara guru dan murid. Namun, dalam kegiatan pembelajaran, peran guru lebih dominan. Meskipun murid memiliki kualitas yang baik, jika tidak dikelola oleh guru yang memiliki kemampuan mengajar yang cukup, hasilnya mungkin tidak optimal (Hamalik 2001:28).

Proses pembelajaran di lembaga pendidikan dalam Standar Proses diadakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi murid untuk berpartisipasi aktif, dan memberikan ruang yang cukup untuk inisiatif, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik dan psikologis murid (PP No 19 Pasal 19 Tahun 2005).

Pembelajaran Seni Budaya SMP

Pembelajaran merupakan proses hubungan antara murid dan pendidik dengan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar (UU Sisdiknas No 20 Tahun 2013). Pembelajaran terdiri atas komponen tujuan, materi, pendekatan, strategi, metode, sarana, sumber belajar, dan penilaian (evaluasi).

Pembelajaran seni merupakan suatu proses pembelajaran yg dilakukan seorang buat memperoleh suatu perubahan perilaku & tingkah laku sebagai hasil pengalaman berkesenian & berinteraksi menggunakan budaya lingkungan guna mencapai tujuan. 

3 (tiga) prinsip pembelajaran seni :

  1. Pembelajaran seni pada sekolah wajib  menaruh kebebasan dalam diri murid buat memasak potensi kreatifnya,
  2. Pembelajaran seni pada sekolah wajib  bisa memperluas pergaulan & komunikasi murid menggunakan lingkungannya, 
  3. Pembelajaran seni pada sekolah hendaknya dilakukan menggunakan cara yg menyenangkan & pada suasana yg bebas tanpa tekanan

Tujuan Mata Pelajaran Seni Budaya dalam pendidikan dasar & menengah: 

  1. Memahami konsep & pentingnya seni budaya, 
  2. Menampilkan perilaku apresiasi terhadap seni budaya, 
  3. Menampilkan kreatifitas melalui seni budaya, 
  4. Meningkatkan kiprah dan seni budaya dalam taraf lokal, regional juga global, 
  5. Mengolah & berbagi rasa humanistik.

Lingkup Pelajaran Seni Budaya meliputi aspek-aspek berikut: a) seni musik, b) seni rupa, c) seni tari, d) seni teater. 

Di antara keempat bidang seni budaya yg tersedia, minimal satu bidang seni wajib  dipelajari dengan mensinkronkan pada kemampuan & fasilitas yg ada. apabila sekolah sanggup menyediakan lebih satu bidang seni, murid mempunyai kesempatan buat menentukan bidang seni yg ingin mereka ikuti (Jazuli 2008: 144).

Perangkat Pembelajaran Seni Budaya Kelas 8 Kurikulum 2013

Sahabat gurumapel,..

Pembelajaran seni budaya terbagi atas 4 kosnsep utama yaitu seni musik, seni tari, seni rupa dan seni teater. Tiap sekolah di haruskan memilih salah satu aspek seni budaya yang di ajarkan, tetapi juga di bolehkan jika memilih lebih dari satu aspek seni budaya yang di pilih.

Dalam momen berbagi perangkat pembelajaran kurikulum 2013, admin bagikan kepada bapak - ibu Perangkat Pembelajaran Seni Budaya Kelas 8 Kurikulum 2013 untuk Semester 1 dan 2 lengkap.

Jika bapak - ibu memerlukan Perangkat Pembelajaran Seni Budaya Kelas 8 Kurikulum 2013 yang admin bagi, silahkan akses dan download Perangkat Pembelajaran Seni Budaya Kelas 8 Kurikulum 2013 sesuai dengan aspek pembelajaran seni budaya tang anda butuhkan.

 Perangkat Pembelajaran Seni Musik Kelas 8 SMP-MTs Kurikulum 2013

Download Perangkat Pembelajaran Seni Musik Kelas 8 Semester 1 dan 2 :

 Perangkat Pembelajaran Seni Rupa Kelas 8 SMP-MTs Kurikulum 2013

Download Perangkat Pembelajaran Seni Rupa Kelas 8 Semester 1 dan 2 :

 Perangkat Pembelajaran Seni Tari Kelas 8 SMP-MTs Kurikulum 2013

Download Perangkat Pembelajaran Seni Tari Kelas 8 Semester 1 dan 2 :

 Perangkat Pembelajaran Seni Teater Kelas 8 SMP-MTs Kurikulum 2013

Download Perangkat Pembelajaran Seni Teater Kelas 8 Semester 1 dan 2