Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Sejarah Kelas 11 SMA | Kurikulum Merdeka (2023/2024)

Perangkat Ajar Sejarah SMA. Dengan mempelajari sejarah Kelas XI diharapkan nantinya peserta didik memahami prinsip-prinsip dasar ilmu sejarah yaitu: manusia, tempat, waktu, urutan (kronologi), serentak, dan riset sejarah melalui materi “Pendahuluan Ilmu Sejarah”.

Pada akhir tahap pembelajaran / fase, siswa mampu memahami konsep dasar ilmu sejarah yang dapat digunakan untuk menjelaskan peristiwa sejarah; memahami konsep dasar ilmu sejarah sebagai materi analisis untuk mengkaji peristiwa sejarah; memahami konsep dasar ilmu sejarah sebagai materi evaluasi untuk mengkaji peristiwa sejarah; menganalisis serta mengevaluasi manusia sebagai subjek dan objek sejarah; menganalisis serta mengevaluasi peristiwa sejarah dalam lingkup lokal, nasional, dan global; menganalisis serta mengevaluasi sejarah dalam dimensi masa lalu, masa kini, dan masa depan; menganalisis serta mengevaluasi sejarah dari aspek perkembangan, perubahan, keberlanjutan, dan pengulangan; memahami peristiwa sejarah secara kronologis (kronologi) maupun sejalan.

Perangkat Yang di Persiapkan Guru di Kurikulum Merdeka

Dalam Kurikulum Merdeka, seorang guru perlu menyusun Perangkat Ajar sebagai bagian dari Tugas Pokok Guru dalam menyusun Dokumentasi Administrasi Guru. Berikut beberapa dokumen Perangkat Ajar yang perlu disiapkan guru di kurikulum merdeka:

A. Kalender Pendidikan

Kalender pendidikan adalah kalender yang mencatat secara lengkap alur waktu proses pembelajaran dari awal tahun pelajaran baru hingga tahun pelajaran berikutnya.

B. Alokasi Waktu

Alokasi waktu didefinisikan sebagai waktu yang diperlukan untuk memperoleh keterampilan dasar tertentu, dengan memperhitungkan minggu efektif per semester, waktu yang dialokasikan untuk mata pelajaran per minggu, dan jumlah keterampilan per semester. Dengan lamanya waktu tersebut, kegiatan kelas siswa akan lebih terarah.

C. Analisis CP dan TP

Capaian Pembelajaran (CP) adalah keterampilan belajar yang perlu diperoleh siswa pada setiap tahapan, mulai dari tahap dasar pendidikan anak usia dini sampai sekolah menengah atas. Sedangkan tujuan pembelajaran (TP) adalah keterampilan yang diperoleh siswa dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran.

Dengan melakukan analisis CP dan TP, guru dapat menentukan tahapan-tahapan atau langkah-langkah per materi pelajaran.

D. Rencana Tahunan

Rencana tahunan atau program tahunan merupakan rancangan rencana kegiatan belajar mengajar yang tersebar dalam kurun waktu satu tahun pelajaran, dengan memperhatikan analisis kurikulum terkini dan perhitungan minggu efektif.

E. Rencana Semester

Rencana semester atau program semester merupakan bentuk penjabaran dari rencana tahunan yang menggambarkan pembelajaran dan pencapaian yang akan dicapai selama satu semester. Dengan rencana semester ini, Anda akan lebih mudah menyelesaikan mata pelajaran yang Anda mampu.

F. KKTP

KKTP merupakan serangkaian kriteria atau petunjuk yang menunjukkan seberapa baik siswa telah mencapai keterampilan tertentu dalam tujuan pembelajaran yang telah dilaluinya. ATP berfungsi untuk membantu guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran dan menganalisis penguasaan keterampilan siswa.

KKTP dalam Kurikulum Merdeka sama halnya dengan Silabus Pembelajaran di Kurikulum 2013.

G. Modul Ajar (MA)

MA adalah sejumlah alat atau petunjuk, metode, pedoman atau panduan yang dirancang secara sistematis dan menarik. Modul Ajar merupakan implementasi alur tujuan pembelajaran yang dikembangkan dari hasil pembelajaran dengan tujuan profil pelajar pancasila.

H. ATP

Jika CP adalah keterampilan yang diharapkan diperoleh siswa pada akhir periode, maka ATP adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara sistematis dan logis dalam fase pembelajaran sehingga siswa mencapai tujuan pembelajaran tersebut sebagai suatu hasil.

Perangkat Ajar Sejarah Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka

Sahabat guru,..!!!

Sebagai guru sejarah Kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK di kurikulum merdeka, tentunya anda di tuntut untuk membuat Perangkat Ajar Sejarah Kelas 11 Kurikulum Merdeka sebagai bagian dari dokumen administrasi pembelajaran.

Untuk itu sengaja admin membagikan Perangkat Ajar Sejarah Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka ini untuk membantu dan mempermudah anda dalam membuat Perangkat Ajar Sejarah Kelas 11 Kurikulum Merdeka.

tentu saja dokumen Perangkat Ajar Sejarah Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka ini bisa anda download dan di edit oleh anda karena Perangkat Ajar Sejarah Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka ini berbentuk Ms Word.

Bagi anda guru sejarah Kelas 11 yang ingin download Perangkat Ajar Sejarah Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka, link download kami sediakan di sini.

Unduh Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Sejarah Kelas 11 Semester 1 dan 2 :

  • Cover 💢 Unduh
  • Alokasi Waktu 💢 Unduh
  • Analisis Keterkaitan CP/TP 💢 Unduh
  • Analisis Kompetensi 💢 Unduh
  • Analisisis SKL 💢 Unduh
  • Pemetaan Kompetensi & Penilaian 💢 Unduh
  • Penetapan IPK 💢 Unduh
  • KKTP/KKM 💢 Unduh
  • Jurnal Mengajar 💢 Unduh
  • Program Semester 💢 Unduh
  • Program Tahunan 💢 Unduh
  • ATP/Silabus 💢 Unduh
  • Modul Ajar/RPP 💢 Unduh
  • Buku Paket Merdeka 💢 Unduh