Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Pembelajaran PAI Kelas VIII SMP - MTs Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 menawarkan ide yang agak berbeda dengan ide kurikulum sebelumnya. Ada beberapa domain utama yang menjadi fokus dalam kurikulum ini, termasuk sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Konsep ini berlaku untuk pendidikan tingkat SD, SMP, dan SMA. 

Berikut adalah penjelasan tentang konsep dasar kurikulum 2013 tersebut.

1. Sikap

Dalam hal sikap, kurikulum 2013 ini bertujuan agar siswa menjadi individu yang beriman, memiliki rasa percaya diri, dan berakhlak baik. Mereka juga diharapkan mampu bertanggung jawab dalam berbagai aspek kehidupan. Siswa juga diharapkan mampu berinteraksi dengan baik dengan lingkungan sosial, alam, dan budaya di dunia ini.

Untuk mencapai tujuan ini, siswa akan mengikuti proses pembelajaran, kemudian menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, memahaminya, menghargainya, dan mengamalkannya. Dari proses ini, karakteristik utama siswa akan berkembang dengan baik.

2. Keterampilan

Selain sikap dan kepribadian siswa, konsep kurikulum ini juga memperhatikan keterampilan siswa. Tujuan dari ini adalah agar siswa memiliki kemampuan yang tinggi. Baik dalam berpikir maupun bertindak.

Dengan demikian, siswa diharapkan menjadi individu yang produktif dalam segala hal. Baik dalam hal konkret maupun abstrak. Dalam hal ini, siswa akan mengamati, bertanya, mencoba, menganalisis, menyajikan, dan menciptakan sesuatu yang berarti.

3. Pengetahuan

Ide dari kurikulum 2013 yang berikutnya adalah dari segi ilmu pengetahuan. Diciptakannya ide ini bertujuan agar peserta didik yang bersangkutan nantinya menjadi individu yang mampu menguasai pengetahuan, kebudayaan, seni, dan teknologi. Selain itu, diharapkan pula mereka akan memiliki pemahaman yang berkaitan dengan kemanusiaan, kenegaraan, kebangsaan, dan juga peradaban yang positif.

Dalam konsep pengetahuan ini, siswa nantinya akan dapat mengetahui sesuatu, kemudian memahaminya. Tidak lupa mereka juga akan diberikan kesempatan untuk melakukan analisis, setelah itu melakukan evaluasi dan terakhir mampu menciptakan sesuatu yang baru sesuai dengan bidangnya.

Konsep Pendidikan Agama Islam di Kurikulum 2013

Pendidikan  agama Islam adalah suatu upaya berupa pengajaran dan bimbingan agar peserta didik dapat memahami, mengamalkan, dan menetapkan pedoman hidup dalam ajaran Islam setelah menyelesaikan pendidikannya. Pendidikan agama Islam adalah pengajaran yang didasarkan pada ajaran Islam 

Di Kurikulum 2013 Tujuan pembelajaran Pendidikan agama Islam adalah membimbing dan mengajarkan peserta didik untuk memahami, mengenal, dan mengamalkan ajaran Islam yang telah diyakininya secara utuh setelah menyelesaikan pendidikannya. Di harapkan nantinya Ajaran Agama Islam di jadikan pedoman hidup untuk keamanan dan kesejahteraan  di dunia dan akhirat

Perangkat Pembelajaran PAI Kelas VIII SMP - MTs Kurikulum 2013

Dear guru pendidikan  agama islam,..

Segala puji bagi Allah Yang Maha Esa. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad saw. beserta keluarga, sahabat, dan pengikutnya hingga saat ini, amin. Dengan izin dan kehendak Allah, penulis berhasil menyelesaikan Perangkat Pembelajaran PAI Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013. 

Perangkat Pembelajaran PAI Kelas VIII SMP - MTs Kurikulum 2013 ini merupakan salah satu panduan bagi guru PAI & BP kelas VIII dalam untuk melakukan pembelajaran agar siswa dapat memahami ajaran Islam dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Sesuai dengan ketentuan Pasal 3 UU No. 20 Sisdiknas Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, tujuan pendidikan adalah: "Mengembangkan potensi siswa agar menjadi individu yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak baik, sehat, berpengetahuan, terampil, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab." Oleh karena itu, Perangkat Pembelajaran PAI Kelas VIII SMP - MTs Kurikulum 2013 ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Untuk bapak - ibu guru PAI & BP Kelas 8 silahkan download Perangkat Pembelajaran PAI Kelas VIII SMP - MTs Kurikulum 2013 di sini.

Download Perangkat Pembelajaran PAI Kelas VIII SMP - MTs Kurikulum 2013

Download Perangkat Pembelajaran PAI Kelas VIII SMP - MTs Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2.