Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Pembelajaran B. Indonesia Kelas 8 (2023/2024) Kurikulum 2013

Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia. Menjadi guru mempunyai tanggung jawab yang besar, peranannya tidak main-main dalam membentuk kepribadian dan mencetak generasi penerus bangsa. Tugasnya tidak hanya transfer pengetahuan, tetapi ada rangkaian yang cukup panjang untuk mencapai proses belajar di kelas itu sendiri, salah satunya dengan menyusun perangkat pembelajaran.

Guru wajib menyusun perangkat pembelajaran untuk proses mengajar. Manfaat perangkat pembelajaran tersebut adalah sebagai panduan atau petunjuk penyelenggaraan pembelajaran. Dengan demikian, tujuannya mencapai keberhasilan guru dalam pembelajaran.

Lalu, apa itu perangkat pembelajaran? Nah, perangkat pembelajaran diartikan sebagai segala sesuatu atau alat yang digunakan untuk mendukung proses mengajar. Maka dari itu, perangkat pembelajaran sangat penting disiapkan untuk proses belajar baik di kelas, di luar kelas, di laboratorium dan sejenisnya.

Komponen Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013

Dalam perangkat pembelajaran kurikulum 2013, terdapat beberapa jenis perangkat di antaranya yaitu:

1. Kalender Pendidikan

Menuju akhir tahun ajaran, biasanya para pendidik disibukkan dengan penyusunan kalender pendidikan yang nantinya akan segera dibagikan di papan informasi sekolah. Apa itu kalender pendidikan? Kalender pendidikan adalah jadwal yang telah disusun untuk mengatur waktu kegiatan-kegiatan pembelajaran para peserta didik selama satu tahun ke depan alias dua semester.

2. Rincian Minggu Efektif

Rincian Minggu Efektif (RME) ialah perhitungan hari-hari efektif yang terdapat pada tahun pelajaran berlangsung. Dalam penyusunan RME, pendidik wajib memperhatikan kalender pendidikan yang tengah berlangsung dan menjadikannya pedoman sekolah dalam menetapkan jumlah minggu efektif.

3. Program Tahunan

Program Tahunan atau singkatan dari program tahun ini adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun ajaran untuk mencapai tujuan yang sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu ini harus sesuai dengan kalender pendidikan agar memudahkan guru dalam menyusun program tahunan. 

Program Tahunan berisi penjelasan alokasi waktu untuk setiap standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk setiap semester dan setiap kelas selama satu tahun pelajaran.

4. Program Semester

Program Semester atau prosem adalah penjelasan yang lebih terperinci dari program tahunan. Program Semester disusun untuk menentukan minggu ke berapa waktu pembelajaran yang dibutuhkan untuk mencapai kompetensi dasar.

Program Semester adalah rencana kegiatan belajar mengajar secara umum yang disusun untuk jangka waktu satu semester. Penyusunannya harus memperhatikan program tahunan dan alokasi waktu mingguannya.

5. Silabus

Silabus adalah perangkat rencana dan pengaturan pelaksanaan pembelajaran serta penilaian yang disusun secara sistematis dan berisi komponen-komponen yang saling terhubung untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar.

Tujuan dari silabus dalam rencana pelaksanaan pembelajaran adalah mempermudah, memperlancar, dan meningkatkan hasil proses belajar-mengajar serta menyusun berbagai rencana pembelajaran secara profesional, sistematis, dan efektif.

6. RPP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rancangan pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dalam setiap unit yang ditetapkan oleh guru dalam proses belajar mengajar di kelas. Oleh karena itu, RPP juga dapat disebut sebagai upaya untuk memperkirakan pelaksanaan kegiatan pembelajaran.

RPP dikembangkan untuk mengkoordinasikan komponen-komponen pembelajaran, yaitu kompetensi dasar, materi standar, indikator hasil belajar, dan penilaian/evaluasi.

Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP - MTs

Sahabat gurumapel,..

Selamat pagi dan semoga selalu bahagia, dalam update kali ini admin bagikan kepada anda dokumen pembelajaran berupa Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 untuk periode tahun ajaran 2023/2024.

Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 berisi beberapa dokumen penting kegiatan pembelajaran yang semua dokumen itu dapat diunduh secara terpisah dan gratis.

Jika ada yang ingin mendownload dokumen pembelajaran untuk Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013, silahkan akses tautan unduhnya di sini.

Download Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP-MTs

Download Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 1 dan 2.