Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar Sejarah SMA Kelas XI | 2023/2024

Modul Ajar Sejarah. Kurikulum Merdeka, sebelumnya dikenal sebagai Kurikulum Prototipe, adalah panduan belajar baru yang  diluncurkan di Indonesia pada tahun 2022 yang berfokus pada pembelajaran yang berpusat pada siswa. 

Kurikulum Merdeka merupakan upaya merevitalisasi pembelajaran di Indonesia, sebagaimana berbagai kajian nasional dan internasional menunjukkan bahwa Indonesia menghadapi krisis pembelajaran jangka panjang. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya peringkat pendidikan Indonesia secara global. 

Pemerintah melalui program merdeka belajara di kurikulum merdeka telah mengambil beberapa langkah kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia, salah satunya program pembuatan modul ajar menggantikan RPP.

Modul Ajar adalah alat untuk merencanakan kegiatan pembelajaran dan di kembangkan dari ATP. Modul Ajar disusun sesuai dengan fase tingkatan peserta didik. Tujuan utama dalam implementasi modul ajar adalah menetapkan tujuan dan struktur yang berorientasi pada kinerja yang ingin dicapai oleh guru, dengan mempertimbangkan karakteristik siswa.  

Dan hari ini kami gurumapel.com akan mendistribusikan kepada anda Modul Ajar Sejarah Kelas 11 SMA Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka.

Konsep Modul Ajar Sejarah Kelas 11 Kurikulum Merdeka

Pelajaran Sejarah kelas XI SMA mempelajari perkembangan sejarah sejak pertemuan bangsa Indonesia dengan bangsa Eropa sampai peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Berbagai peristiwa sejarah di kelas XI disajikan secara berurutan waktu untuk memudahkan siswa mempelajarinya.

Selain itu, di kelas XI juga berusaha menunjukkan perubahan berbagai aspek kehidupan manusia, seperti ekonomi, sosial, budaya, dan lain-lain (aspek sinkronis) dalam sejarah. Melalui pembelajaran Sejarah di kelas XI siswa diajak untuk memahami kompleksitas kehidupan manusia di masa lalu dengan menelusuri hubungan antara peristiwa pada tingkat lokal, nasional, hingga global.

Modul Ajar Sejarah SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka di buat dan di susun berdasarkan materi pembelajaran kelas XI, dan di susuaikan dengan konsep pembelajaran di kurikulum merdeka dengan berpusat kepada siswa.

Modul Ajar Sejarah SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka juga sudah di sesuaikan dengan Capaian Pembelajaran (CP) pelajaran Sejarah terutama pada Fase F yang mengarahkan siswa untuk dapat mengembangkan berbagai konsep dasar sejarah yang telah dipelajari di kelas X untuk mempelajari berbagai peristiwa sejarah secara kritis dan kolaboratif.

Download Modul Ajar Sejarah Kelas 11 | Kurikulum Merdeka

Sahabat Guru Sejarah Kelas XI yang kami hormati.

Sebagai guru sejarah di kelas XI, tentunya anda di haruskan untuk membuat dokumen pembelajaran sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas.

Di kurikulum Merdeka, dokumen pembelajaran yang harus di buat guru di namakan dengan perangkat ajar. Salah satu bagian dari perangkat ajar yang mesti di buat di antaranya adalah Modul Ajar.

Di momen berbagi Modul Ajar untuk kelas XI ini, admin gurumapel.com bagikan untuk anda guru - guru sejarah kelas XI semua Modul Ajar Sejarah SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka.

Modul Ajar Sejarah SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka ini dapat anda download gratis, adapun filenya sendiri berbentuk Ms Word jadi anda dapat dengan mudah mengedit atau melakukan revisi terhadap Modul Ajar Sejarah SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka yang kami bagikan.

Link download dari Modul Ajar Sejarah SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka kami sematkan di bawah ini, silahkan download dengan mengklik link downloadnya kemudian ikuti petunjuk selanjutnya.

Manakala ada kesulitan saat melakukan download Modul Ajar Sejarah SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka, silahkan hubungi kami di Contact Us. "Selamat Mendownload"

☑ Download Modul Ajar Sejarah Kelas XI SMA Kurikulum Merdeka

2. Download Modul Ajar Sejarah Kelas 11 Semester 2