Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar Kimia Kelas 11 Semester 1 & 2 | Kurikulum Merdeka

Modul Ajar Kimia. Secara umum, belajar dan pembelajaran adalah suatu kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, melalui belajar manusia dapat mengembangkan kemampuan-kemampuan yang dimilikinya. Penerapan kemampuan ini sangat berguna bagi manusia untuk dapat menyesuaikan diri dalam memenuhi kebutuhannya. Hal ini juga berlaku untuk pembelajaran kimia dalam kurikulum merdeka.

Pembelajaran kimia dalam kurikulum merdeka adalah suatu kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh pengajar menggunakan materi ajar kimia dan dilaksanakan dengan cara yang menarik sehingga siswa mendapatkan berbagai pengalaman dalam bidang kimia sesuai dengan isi standar kompetensi sehingga terjadi perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan, dan nilai perilaku siswa terhadap kimia.

Berdasarkan isi standar kompetensi yang tercantum dalam Permendiknas No. 22 tahun 2006, mata pelajaran kimia di SMA/MA bertujuan agar siswa memiliki kemampuan sebagai berikut:

  1. Mengembangkan sikap positif terhadap kimia dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta menghormati kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Mengembangkan sikap ilmiah yaitu jujur, objektif, terbuka, tekun, kritis, dan dapat bekerja sama dengan orang lain.
  3. Memperoleh pengalaman dalam menerapkan metode ilmiah melalui percobaan atau eksperimen, dimana siswa melakukan pengujian hipotesis dengan merancang percobaan melalui pemasangan alat, pengambilan, pengolahan, dan penafsiran data, serta mendiskusikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis.
  4. Meningkatkan pemahaman tentang penerapan kimia yang dapat bermanfaat dan juga merugikan bagi individu, masyarakat, dan lingkungan serta menyadari pentingnya pengelolaan dan pelestarian lingkungan untuk kesejahteraan masyarakat.
  5. Mengerti ide, prinsip, aturan & teori kimia dan kaitannya & penerapannya untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan prinsip teknologi..

Penjelasan Modul Ajar Kimia Kurikulum Merdeka

Modul Ajar Kimia adalah jenis alat bantu pembelajaran kimia yang berisi perencanaan pembelajaran yang membantu memandu pengajar melalui proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran kimia.

Modul Ajar Kimia ini digunakan untuk pembelajaran kimia, sehingga pengajar dapat menggunakannya sebagai media pembelajaran kimia yang interaktif di kelas.

Pada dasarnya Modul Ajar Kimia disusun guru dengan tujuan menggabungkan materi dan latihan untuk memungkinkan evaluasi pengetahuan, keterampilan, dan perilaku siswa. Membuat Modul Ajar Kimia tidak membutuhkan modal yang besar. Sebagai gantinya, pengajar dapat menggunakan materi yang ada dan kemudian mengubahnya menjadi Modul Ajar, dengan  begitu membuatnya lebih murah dan praktis.

Selain itu, menciptakan Modul Ajar Kimia berdasarkan materi yang ada menjaga integritas arsip dan memungkinkan pengajar untuk mengembangkan setiap mata pelajaran kimia yang mereka ajarkan.

Komponen Modul Ajar Kimia Kurikulum Merdeka

Secara komprehensif, komponen dokumen modul ajar kimia di bagi atas 3 bagian pokok yaitu Informasi Umum, komponen inti & lampiran. Berikut komponennya :

⓵ Informasi umum 

A. Identitas modul ajar
  1. Identitas/Institusi/Tahun
  2. Sekolah
  3. Kelas
  4. Alokasi waktu
B. Karakter pancasila
C. Sarana / prasarana
D. Target siswa  
E. Model pembelajaran 

⓶ Komponen utama 

A. Tujuan pembelajaran
B. Pemahaman bermakna
C. Pertanyaan pemantik
D. Kegiatan pembelajaran
E. Penilaian
F. Pengayaan / perbaikan

⓷ Lampiran

A. LKPD
B. Glosarium
C. Daftar pustaka

Modul Ajar Kimia Kelas 11 Semester 1 & 2 | Kurikulum Merdeka

Dear guru kimia,..

Dalam kesempatan membuatkan modul ajar SMA/MA/SMK/MAK ini, admin gurumapel.com bagikan kepada bapak ibu pendidik seluruhnya Modul Ajar Kimia Kelas 11 Semester 1 & 2 Kurikulum Merdeka.

Modul Ajar Kimia Kelas 11 Semester 1 & 2 Kurikulum Merdeka disusun berdasarkan ATP Kimia Kelas 11 Semester 1 & 2 Kurikulum Merdeka dan juga karakteristik siswa.

Oleh karena itu, jika pada kesempatan ini ada yang ingin mengunduh Modul Ajar Kimia Kelas 11 Semester 1 & 2 Kurikulum Merdeka, silahkan unduh segera pada tautan berikut.

 Modul Ajar Kimia Kelas 11 Semester 1 (Ganjil)

Modul Ajar Kimia Modul Ajar Kimia Semester 1 Kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK | 2023/2024 | Kurikulum Merdeka

 Modul Ajar Kimia Kelas 11 Semester 2 (Genap)

Modul Ajar Kimia Modul Ajar Kimia Semester 2 Kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK | 2023/2024 | Kurikulum Merdeka