Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar Fisika Kelas 12 Semester 1 & 2 | Kurikulum Merdeka

Modul Ajar Fisika. Fisika adalah bagian dari sains yang mempelajari sifat dasar material, kekuatannya, dan interaksi di antara mereka. Bidang ini mencakup berbagai fenomena, mulai dari partikel elementer penyusun materi hingga galaksi yang tersebar di seluruh alam semesta. Tujuan utama fisika adalah menggunakan konsep dasar dan teori matematika untuk memahami alam semesta dan menjelaskan peristiwa yang terjadi. 

Fisika adalah salah satu disiplin ilmu yang paling mendasar dan interdisipliner dan terkait erat  dengan bidang lain seperti kimia, biologi, astronomi, matematika, teknik, dan ilmu komputer. Fisika dapat diterapkan dalam berbagai bidang seperti teknologi, industri, kedokteran, lingkungan dan energi.

Hakekat Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bagi Guru

Modul ajar adalah  jenis perangkat pengajaran yang berisi rencana pelajaran yang membantu memandu Anda melalui proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran Anda. 

Kurikulum merdeka menawarkan pembuatan modul ajar untuk guru fisika. Modul ini digunakan untuk pembelajaran, sehingga guru dapat menggunakannya sebagai media pembelajaran yang interaktif di dalam kelas. 

Pada dasarnya modul ini dibuat oleh guru dengan tujuan  menggabungkan materi dan latihan untuk memungkinkan penilaian pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa. Membuat modul ajar tidak membutuhkan modal yang besar. Sebagai gantinya, guru dapat menggunakan materi  yang  ada dan kemudian mengubahnya menjadi modul, membuatnya lebih murah dan praktis. 

Selain itu, membuat modul ajar dari materi  yang  ada  menjaga integritas file dan memungkinkan guru untuk memajukan setiap mata pelajaran yang mereka ajarkan.

Komponen Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Secara umum, komponen modul ajar dibagi menjadi beberapa bagian, di antaranya 1. Informasi Umum. 2. komponen inti 3. lampiran

Berikut gambaran dari Komponen Modul Ajar :

Ⓐ Informasi umum 

1. Identitas modul ajar
    • Identitas/Institusi/Tahun
    • Sekolah
    • Kelas
    • Alokasi waktu
2. Karakter pancasila
3. Sarana & prasarana
Target siswa  
5. Model pembelajaran 

Ⓑ Komponen utama 

1. Tujuan pembelajaran
2. Pemahaman bermakna
3. Pertanyaan pemantik
4. Kegiatan pembelajaran
5. Penilaian
6. Pengayaan & perbaikan

Ⓒ Lampiran

1. Lembar Kerja Siswa (LKS)
2. Glosarium
3. Daftar pustaka

Modul Ajar Fisika kelas 12 Semester 1 & 2 | Kurikulum Merdeka

Untuk menyukseskan kegiatan pembelajaran fisika di masing-masing sekolah, admin distribusikan Modul Ajar Fisika kelas 12 Semester 1 & 2 Kurikulum Merdeka kepada para guru. Hal ini dimaksudkan agar guru dapat lebih mudah melaksanakan pembelajaran dengan  harapan siswanya mencapai hasil belajar yang diharapkan. 

Sebelum ini admi juga sudah distribusikan Modul Ajar Fisika kelas 11 Semester 1 & 2 Kurikulum Merdeka kepada bapak ibu. Oleh karena itu, kami harap Anda dapat mengunduh juga Modul Ajar Fisika kelas 12 Semester 1 & 2 | Kurikulum Merdeka yang admin bagikan ini. 

Jika anda belum memiliki link download Modul Ajar Fisika kelas 12 Semester 1 & 2 Kurikulum Merdeka yang telah kami buat, maka silahkan akses Link Download Modul Ajar Fisika kelas 12 Semester 1 & 2 | Kurikulum Merdeka di bawah ini.

 Modul Ajar Fisika kelas 12 Semester 1 (Ganjil)

Modul Ajar Fisika Modul Ajar Fisika Semester 1 kelas 12 SMA/MA/SMK/MAK | 2023/2024 | Kurikulum Merdeka

 Modul Ajar Fisika kelas 12 Semester 2 (Genap)

Modul Ajar Fisika Modul Ajar Fisika Semester 2 kelas 12 SMA/MA/SMK/MAK | 2023/2024 | Kurikulum Merdeka