Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar Fisika Kelas 11 Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka

Modul Ajar Fisika. Fisika adalah bagian dari ilmu pengetahuan alam yang mempelajari karakteristik mendasar dari bahan, tenaga, dan interaksi di antara keduanya. Bidang ini mencakup berbagai peristiwa, mulai dari partikel subatom yang membentuk materi hingga galaksi yang terbentang di luar angkasa. Tujuan utama fisika adalah memahami alam semesta dan menjelaskan peristiwa yang terjadi dengan menggunakan konsep dasar dan teori matematika.

Fisika adalah salah satu disiplin ilmu yang paling mendasar dan multidisiplin, yang erat kaitannya dengan bidang lain seperti kimia, biologi, astronomi, matematika, teknik, dan ilmu komputer. Fisika dapat diterapkan di berbagai bidang, baik itu teknologi, industri, kedokteran, lingkungan, dan energi.

Hakekat Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bagi Guru

Modul Ajar adalah salah satu jenis perangkat pengajaran yang berisi rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembelajaran mencapai tujuan pembelajaran.

Kurikulum merdeka mewajibkan pembuatan Modul Ajar bagi guru mata pelajaran fisika, modul tersebut digunakan dalam pembelajaran sehingga guru dapat menggunakannya sebagai media pembelajaran interaktif dalam mengajar.

Pada dasarnya modul dibuat oleh guru dengan tujuan dapat menggabungkan materi pengajaran, latihan untuk menilai pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik. Untuk membuat Modul Ajar tidak diperlukan banyak modal, sebaliknya guru dapat memanfaatkan materi pengajaran yang sudah ada dan dapat dimodifikasi menjadi modul nantinya sehingga lebih hemat biaya dan praktis.

Selain itu, membuat Modul Ajar dari materi pengajaran yang sudah ada juga dapat menjaga keaslian file dan pengembangan lebih lanjut pada setiap mata pelajaran yang diajarkan oleh guru.

Komponen Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Secara garis besar komponen modul ajar terbagi atas beberapa bagian di antaranya yaitu : 1. Informasi umum; 2. Komponen Inti; dan 3. Komponen Lampiran.

Berikut gambaran dari Komponen Modul Ajar :

Ⓐ Informasi umum 

A. Identitas modul ajar
  • Identitas/Institusi/Tahun
  • Sekolah
  • Kelas
  • Alokasi waktu
B. Karakter pancasila
C. Sarana & prasarana 
Target siswa  
E. Model pembelajaran 

Ⓑ Komponen utama 

A. Tujuan pembelajaran
B. Pemahaman bermakna
C. Pertanyaan pemantik
D. Kegiatan pembelajaran
E. Penilaian
F. Pengayaan & perbaikan

Ⓒ Lampiran

A. Lembar Kerja Siswa (LKS)
B. Glosarium
C. Daftar pustaka

Modul Ajar Fisika Kelas 11 Semester 1 & 2  | Kurikulum Merdeka

Dalam rangka untuk menyukseskan kegiatan pembelajaran fisika di tiap - tiap sekolah, admin berinisiatif untuk membagikan perangkat ajar fisika kepada guru. Hal ini di maksudkan agar guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan mudah dengan harapan siswa dapat mencapai capaian pembelajaran yang di harapkan.

Di momen ini, admin gurumapel bagikan kepada bapak ibu Modul Ajar Fisika Kelas 11 Semester 1 dan 2  Kurikulum Merdeka. Oleh karenanya kami mengharapkan bapak - ibu dapat mendownload modul ajar yang kami bagikan.

Jika sekiranya link download Modul Ajar Fisika Kelas 11 Semester 1 & 2 | Kurikulum Merdeka yang kami buat tidak dapat di download, maka kami sudah menyediakan Contact Us bagi anda untuk dapat menghubungi kami.

Baik rekan guru, link download Modul Ajar Fisika Kelas 11 Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka yang kami buat ada di kolom download di bawah ini.

 Modul Ajar Fisika Kelas 11 Semester 1 (Ganjil)

Modul Ajar Fisika Modul Ajar Fisika Semester 1 Kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK | 2023/2024 | Kurikulum Merdeka

 Modul Ajar Fisika Kelas 11 Semester 2 (Genap)

Modul Ajar Fisika Modul Ajar Fisika Semester 2 Kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK | 2023/2024 | Kurikulum Merdeka