Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar Biologi Kelas 11 Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka

Modul Ajar Biologi. Dalam Kurikulum Merdeka, tiap pengajar perlu memiliki rencana pembelajaran untuk membantu mengarahkan proses pembelajaran mencapai Capaian Pembelajaran (CP). Modul Ajar (MA) adalah perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka yang digunakan pengajar untuk melaksanakan pembelajaran dalam upaya mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP).

Modul Ajar (MA) dibuat sebagai penjabaran lebih rinci dari alur tujuan pembelajaran (ATP). Dalam Kurikulum Merdeka, konsep Modul Ajar (MA) lebih diartikan sebagai sarana, metode maupun petunjuk yang dirancang dengan sistematis dan menjadi implementasi dari  ATP yang merupakan hasil proses pengembangan capaian pembelajaran (CP) dan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasaran utamanya.

Selain itu, dalam penyusunannya, Modul Ajar (MA) dibuat dengan menyesuaikan fase perkembangan siswa maupun apa yang hendak dipelajari dengan tujuan pembelajaran tersebut.

Dalam Modul Ajar (MA) dalam Kurikulum Merdeka dibutuhkan komponen yang menjadi dasar pelaksanaan dari penyusunannya serta dibutuhkan sebagai kelengkapan persiapan pelaksanaan pembelajaran. Selain itu, komponen yang ada pada Modul Ajar (MA) juga bisa disesuai dengan mata pelajaran maupun kebutuhan siswanya.

Komponen Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Dalam membuat modul ajar kurikulum merdeka, ada beberapa komponen yg perlu di perhatikan sebagai dasar pembuatan modul ajar:

① Identitas Bahan Ajar

Dalam identitas bahan ajar terdapat beberapa unsur seperti nama penulis, tahun pembuatan, institusi pembuat, tingkat sekolah, kelas, dan alokasi waktu yang sesuai dengan jadwal pelajaran di unit kerja.

② Kompetensi Awal

Kompetensi awal diartikan sebagai pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki siswa sebelum pelaksanaan pembelajaran. Tujuannya adalah untuk mengukur hasil dari perencanaan bahan ajar.

③ Profil Siswa Pancasila

Profil Siswa Pancasila menjadi tujuan akhir dari kegiatan pembelajaran yang terkait dengan proses pembentukan karakter siswa yang digambarkan melalui isi atau metode ajar.

④ Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana dalam bahan ajar adalah media baik peralatan maupun materi yang dapat mendukung pelaksanaan pembelajaran serta sumber bahan ajar yang mempertimbangkan kebutuhan peserta didik, salah satunya seperti pemanfaatan teknologi.

⑤ Sasaran Peserta Didik

Dalam sasaran peserta didik, dibagi menjadi beberapa kelompok sasaran. Pertama, peserta didik biasa atau umum, di mana peserta didik tersebut tidak memiliki kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan.

Pemerintah melalui Kemdikbudristek telah menyediakan contoh-contoh ATP dan Bahan Ajar walau bentuknya masih sangat sederhana. Guru dapat menggunakan atau menyesuaikan contoh-contoh tersebut dengan kebutuhan peserta didik yang dapat diunduh pada situs resmi Kemendikbudristek.

Jika anda memerlukan ATP dan Bahan Ajar dengan komponen yang lengkap, maka anda tentunya harus mendownload di blog kami, gurumapel.com.

Modul Ajar Biologi Kelas 11 Semester 1 dan 2

Sahabat Guru,...!!!

Suatu kehormatan bagi kami gurumapel.com, di beri kesempatan untuk membagikan Modul Ajar Biologi Kelas 11 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka. Terlebih lagi jika Modul Ajar yang kami gunakan dapat di gunakan oleh bapak - ibu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Sebetulnya Modul Ajar yang kami bagikan tidak hanya bisa di gunakan oleh bapak - ibu guru, tetapi siswa juga dapat menggunakan Modul Ajar kami, termasuk Modul Ajar Biologi Kelas 11 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka ini.

Baiklah tak perlu kami jelaskan lebih dalam lagi untuk Modul Ajar yang kami bagikan, untuk semuanya yang ingin mendownload Modul Ajar Biologi Kelas 11 Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka silahkan download di kotak download yang telah tersedia.

 Modul Ajar Biologi Kelas 11 Semester 1 (Ganjil)

Modul Ajar Biologi Modul Ajar Biologi Semester 1 Kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK | 2023/2024 | Kurikulum Merdeka

 Modul Ajar Biologi Kelas 11 Semester 2 (Genap)

Modul Ajar Biologi Modul Ajar Biologi Semester 2 Kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK | 2023/2024 | Kurikulum Merdeka