Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP PAI & BP Kelas XII SMA Kurikulum Merdeka | 2023/2024

ATP PAI & BP Kelas XII SMA. Kurikulum merupakan esensi pendidikan yang harus dievaluasi dengan cara yang kreatif, dinamis, dan teratur sesuai dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), serta keterampilan yang diinginkan masyarakat. Bahkan, kemajuan iptek yang sangat cepat tidak lagi memungkinkan dunia pendidikan berlama-lama dengan zona nyaman kurikulum yang berlaku.

Saat ini, ada kurikulum terbaru, yaitu Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini diartikan sebagai desain pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar dengan tenang, rileks, menyenangkan, bebas stres, dan bebas tekanan. Untuk menunjukkan bakat alaminya.

Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan bagi pendidik untuk membuat materi berdasarkan kebutuhan siswa. Selain itu, para guru mendapatkan dukungan digital sebagai panduan dalam mengembangkan praktik mengajar mereka sendiri.

Pembelajaran dirancang dan dilaksanakan untuk membangun kapasitas sebagai dasar pembelajaran seumur hidup atau sering disebut pendidikan jangka panjang. Pembelajaran berfokus pada masa depan yang berkelanjutan.

Dari beberapa inovasi dalam kurikulum baru ini, memberikan pengaruh yang cukup besar bagi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Di antaranya, terkait dengan kolaborasi antarmata pelajaran. Dengan menggunakan pendekatan antardisiplin semacam ini, tentunya membuat sudut pandang siswa lebih terbuka dan meluas yang berguna untuk persiapan menghadapi perkembangan dunia global. Juga ada tantangan tersendiri bagi pendidik dan peserta didik.

Pendidikan Agama Islam diarahkan untuk menyiapkan peserta didik, agar kuat secara spiritual, berperilaku baik, dan memiliki pemahaman akan dasar-dasar agama Islam serta cara penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dalam wadah NKRI.

Pembelajaran agama Islam dan akhlak dalam Kurikulum Merdeka bertujuan untuk memberikan arahan kepada peserta didik, agar kuat dalam spiritualitas, berperilaku mulia, selalu menjadikan kasih sayang dan sikap toleransi sebagai landasan dalam kehidupannya; membentuk peserta didik agar menjadi individu yang berperilaku mulia, keyakinan yang tepat, hukum agama, dan perkembangan sejarah peradaban Islam, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari; serta membimbing peserta didik agar mampu menerapkan prinsip-prinsip Islam dalam berpikir sehingga tepat, akurat, dan bijaksana dalam menyimpulkan sesuatu dan mengambil keputusan.

ATP PAI & BP Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka

Semangat Membimbing Anak Bangsa,..

Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka, ATP memiliki fungsi yang sama seperti Silabus pada kurikulum sebelumnya, sehingga ATP ini memiliki peran penting dalam proses pelaksanaan pembelajaran di sekolah baik itu di kelas, lapangan maupun di laboratorium. Hal ini berlaku juga untuk ATP PAI & BP Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka.

ATP PAI & BP Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka merupakan desain awal kegiatan pembelajaran yang digunakan guru pai Kelas 12 dalam pembelajaran. Karena di dalam ATP PAI & BP Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka ini memuat unsur - unsur kegiatan pembelajaran seperti pencapaian pembelajaran, elemen pencapaian pembelajaran, Tujuan pembelajaran, Materi, Indikator, Profil Pelajar Pancasila, Alokasi Waktu, Sumber belajar, dll.

Pada tahap berikutnya ATP PAI & BP Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka ini akan dikembangkan untuk dokumen kegiatan pembelajaran lainnya seperti dalam pembuatan Modul Ajar PAI & BP Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka.

Oleh karena itu, keberadaan ATP PAI & BP Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka ini sangat penting, karena merupakan desain awal perencanaan pembelajaran.

Link Download ATP PAI & BP Kelas 12 SMA

Sahabat pengajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti (BP) Kelas 12,..

Dalam proses pembelajaran di kurikulum merdeka, tentunya anda sebagai guru PAI dan BP Kelas 12 memerlukan ATP PAI dan BP Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka sebagai landasan utama dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

ATP PAI dan BP Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka juga diperlukan sebagai dokumen administrasi guru yang harus anda buat.

Berdasarkan hal tersebut, gurumapel.com membagikan kepada anda ATP PAI dan BP Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka.

ATP PAI dan BP Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka yang kami bagikan ini sudah disesuaikan dengan konsep pembuatan ATP yang benar dan juga telah disesuaikan dengan Materi pembelajaran PAI Kelas 12, sehingga anda tidak perlu meragukan kualitas ATP PAI dan BP Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka ini.

ATP PAI dan BP Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka ini juga dapat anda edit dengan mudah, karena dokumen ATP PAI dan BP Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka ini berformat Ms Word.

Baiklah, tidak perlu kami jelaskan lagi mengenai tautan unduh ATP PAI dan BP Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka yang telah kami sediakan di sini.

ATP PAI & BP Kelas XII SMA Semester I dan II - Kurikulum Merdeka

ATP PAI & BP ATP PAI & BP Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK (Kurikulum Merdeka) Tahun Pelajaran 2023/2024.