Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bimbingan Karir SMA-SMK | Tujuan, Manfaat & Pelaksanaannya

Bapak dan Ibu guru pasti sudah tidak asing lagi dengan konsep pembimbingan karir, bukan? Pembimbingan karir merupakan suatu proses yang memberikan bantuan kepada seseorang dalam bentuk layanan informasi dan pendekatan untuk memahami dan mengetahui kepribadian, kelebihan, kelemahan, dunia kerja, serta jenis pekerjaan yang cocok dengan karakteristik pribadi seseorang.

Pembimbingan karir tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa atau individu yang telah menyelesaikan pendidikan, tetapi juga dapat diberikan pada siswa SMA/SMK. Biasanya, pembimbingan karir di sekolah diberikan sejak siswa duduk di kelas X hingga kelas XII.

Apa saja tujuan dari pembimbingan karir SMA/SMK? Bagaimana siswa bisa mendapatkan manfaat dari mengikuti pembimbingan karir? Bagaimana pelaksanaannya? Temukan jawabannya pada penjelasan berikut.

Definisi Pembimbingan Karir

Pembimbingan karir adalah suatu proses yang memberikan bantuan kepada seseorang agar dapat memahami dan memiliki gambaran tentang dunia kerja, kelebihan, kelemahan, serta jenis pekerjaan yang cocok dengan karakteristik, bakat, dan kemampuannya.

Umumnya, pembimbingan karir ini diperuntukkan bagi individu yang membutuhkan informasi tentang dunia kerja. Namun, saat ini, siswa SMA/SMK sudah dapat memperoleh pembimbingan karir dari guru BK di sekolah.

Pembimbingan karir di sekolah diberikan sejak siswa masih duduk di kelas X hingga kelas XII. Pembimbingan ini mencakup pembimbingan dalam memilih mata pelajaran yang sesuai dengan minat dan bakat siswa, karakteristik, serta tujuan yang ingin dicapainya di masa depan.

Tujuan Bimbingan Karir SMA/SMK

Pada umumnya, bimbingan karir untuk siswa SMA/SMK bertujuan untuk membantu siswa memahami diri dan lingkungannya, memberikan gambaran mengenai dunia kerja, dan membantu siswa memilih karir yang cocok dengan kepribadian, bakat, dan kemampuan mereka.

Selain itu, bimbingan karir SMA/SMK juga memiliki beberapa tujuan lain. Berikut adalah beberapa tujuan lain dari bimbingan karir untuk siswa SMA/SMK:

  • Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa tentang diri sendiri, termasuk kelebihan, kekurangan, kepribadian, minat, bakat, dan kemampuan yang dimiliki.
  • Memahami berbagai bidang pekerjaan, termasuk jenis karir dan peluangnya, persyaratan masuk ke dalam dunia kerja, situasi pekerjaan, dan proses penerimaan kerja dalam dunia kerja.
  • Menghubungkan potensi siswa dengan peluang lain sebagai alternatif pilihan karir yang sesuai dengan potensi mereka.
  • Membantu siswa menguasai keterampilan dasar yang penting dalam pekerjaan, terutama kemampuan berkomunikasi, bekerja sama, berinisiatif, dan lain-lain.
  • Meningkatkan keterampilan siswa dalam merencanakan karir sehingga siswa menjadi terampil dan matang dalam berpikir.
  • Meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai dan sikap diri mereka sendiri dalam menghadapi pilihan karier dan mengatasi hambatan yang mungkin muncul dari diri mereka sendiri atau lingkungan.

Keuntungan Bimbingan Karir SMA/SMK

Terdapat sejumlah keuntungan yang bisa didapatkan para siswa saat mengikuti bimbingan karir SMA/SMK. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Memahami Perkembangan dan Kebutuhan Dunia Kerja

Perkembangan zaman terus berubah, termasuk dalam dunia kerja. Dahulu, lulusan teknik dapat dengan mudah bekerja sebagai teknisi, namun saat ini terdapat banyak profesi baru yang bisa dipilih oleh siswa.

Dengan mengikuti bimbingan karir di sekolah, para siswa dapat memahami dinamika dan kebutuhan tenaga kerja saat ini. Konselor karir akan memberikan informasi mengenai berbagai macam profesi yang ada, jenis pekerjaan yang banyak dibutuhkan, dan lain sebagainya.

2. Memilih Karir yang Tepat

Banyak siswa yang tidak menyadari potensi diri mereka. Akibatnya, mereka seringkali merasa bingung dalam memilih karir atau program studi yang tepat.

Hal ini dapat berdampak pada kebahagiaan dan kesejahteraan mereka di masa depan. Untuk menghindari hal tersebut, siswa dapat melakukan bimbingan karir dengan konselor di sekolah.

Konselor akan mengevaluasi bakat, kepribadian, minat, dan aspek lain dari siswa. Hasil evaluasi ini akan dianalisis sehingga menghasilkan pilihan karir atau program studi yang sesuai dengan minat siswa. Dengan memilih karir atau program studi yang tepat, siswa dapat menikmati pekerjaan atau kuliah dengan lebih menyenangkan dan tidak merasa terbebani.

3. Meningkatkan keyakinan dan pengetahuan siswa

Keuntungan lain dari bimbingan karir SMA/SMK adalah peningkatan keyakinan dan pengetahuan siswa. Hal ini karena sebelum siswa memutuskan untuk mengejar suatu karir, mereka sudah memiliki pemahaman yang komprehensif tentang prospek karir yang dipilih dan memahami keterampilan yang diperlukan serta perlu untuk ditingkatkan.

Selain itu, bimbingan karir juga membantu siswa untuk lebih memahami tantangan dan persyaratan yang diperlukan dalam karir yang dipilihnya. Pengetahuan ini dapat menjadi bekal siswa ketika memasuki dunia kerja dan meningkatkan keyakinan diri mereka karena merasa lebih siap untuk bersaing dengan pesaing lainnya.

4. Mencegah kekecewaan saat memilih karir

Banyak siswa yang merasa bingung dan kecewa ketika dihadapkan dengan berbagai pilihan karir. Hal ini disebabkan oleh kurangnya informasi yang mereka dapatkan tentang karir.

Tak jarang siswa merasa kesepian karena tidak ada orang yang dapat mereka ajak bicara untuk mengekspresikan emosi, pikiran, dan kebingungan yang mereka rasakan sehingga kekecewaannya semakin bertambah.

Namun, dengan mengikuti bimbingan karir di sekolah, kekecewaan saat memilih karir dapat dicegah. Guru BK akan membantu siswa dalam memilih karir yang terbaik.

Selain itu, siswa juga dapat mengungkapkan semua kekhawatiran mereka terkait karir sehingga lebih mudah untuk melanjutkan rencana dengan keyakinan dan pikiran yang jernih.

5. Memahami kelebihan dan kekurangan diri sendiri

Sebagai pelajar, perhatian siswa cenderung berfokus pada uang, tekanan teman, sebaya, atau faktor lain dalam memilih karir. Hal ini dapat menyebabkan mereka memilih karir yang kurang tepat.

Kegiatan bimbingan karir akan membantu siswa untuk lebih memahami kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Dengan begitu, siswa dapat memilih pekerjaan mana yang paling cocok untuk mereka.

Pelaksanaan Bimbingan Karir SMA/SMK

Pelaksanaan panduan karir SMA/SMK bisa diselenggarakan secara kelompok di dalam kelas. Panduan ini bisa diikuti oleh sekitar empat puluh siswa di setiap kelas.

Panduan ini dijalankan oleh ahli untuk mencapai tujuan utama panduan karir, yaitu mendorong siswa untuk mandiri dalam mengambil keputusan karir, serta mampu mencapai dan mempertahankan karir di masyarakat.

Selain itu, panduan karir yang diselenggarakan secara kelompok juga dianggap sebagai pendekatan yang lebih efektif daripada cara individual. Hal ini dikarenakan panduan karir yang diselenggarakan secara kelompok dapat diikuti oleh lebih banyak siswa dan membuat siswa lebih aktif terlibat dalam kegiatan panduan karir.

Beberapa kegiatan panduan karir yang bisa digunakan secara kelompok adalah panduan karir sistem paket, panduan kelas, layanan orientasi dan informasi, serta panduan karir berbasis komputer.