Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jenis Media Pembelajaran Berbasis Teknologi & Cara Memilih yang Tepat

Apa yang dimaksud dengan media pembelajaran? Dalam kata lain, media pembelajaran ialah peralatan yang dipakai untuk mengirimkan pesan pembelajaran.

Pada zaman digital sekarang, media pembelajaran tidak terbatas pada buku pelajaran saja. Guru dan murid mempunyai kebebasan untuk mencari media pembelajaran yang akan digunakan dalam belajar. Salah satunya ialah media pembelajaran berbasis teknologi.

Jadi, apa media pembelajaran berbasis teknologi itu? Apa macam-macamnya? Bagaimana cara memilih jenis media pembelajaran berbasis teknologi yang pas? Baca penjelasan selengkapnya pada artikel berikut ini! 



Arti Media Pembelajaran Berbasis Teknologi

Media pembelajaran adalah instrumen dan materi yang dipakai untuk menginformasikan dalam proses pembelajaran. Sementara itu, teknologi adalah penggunaan pengetahuan ilmiah untuk tujuan kehidupan manusia yang praktis.

Maka dari definisi di atas, media pembelajaran berbasis teknologi dapat dijelaskan sebagai alat dan materi yang digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan teknologi.

Di zaman digital ini, memakai teknologi sebagai media pembelajaran sudah menjadi keharusan. Media pembelajaran berbasis teknologi memungkinkan guru untuk menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik, serta memudahkan guru dalam menjelaskan pesan atau informasi yang ingin disampaikan sehingga pemahaman siswa terhadap suatu pembelajaran meningkat.

Namun, dalam pengaplikasiannya, media pembelajaran berbasis teknologi tidak dapat dipilih secara sembarangan atau sesuai keinginan guru dan siswa saja. Pemilihan media pembelajaran harus disesuaikan dengan sifat tugas, tujuan pembelajaran, dan jenjang pendidikan siswa.

Jenis Media Pembelajaran Berbasis Teknologi

Sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pemilihan media pembelajaran berbasis teknologi sebaiknya disesuaikan dengan sifat tugas, tujuan pembelajaran, dan jenjang pendidikan yang sedang ditempuh oleh siswa. Terdapat berbagai macam jenis media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat dipilih oleh para pengajar.

Berikut ini adalah beberapa jenis media pembelajaran berbasis teknologi yang perlu diketahui oleh para pengajar.

1. Multimedia Interaktif

Multimedia interaktif merupakan media pembelajaran yang menggabungkan berbagai macam media seperti teks, gambar, suara, animasi, video, dan lain-lain untuk menyampaikan pesan pembelajaran.

Media pembelajaran ini dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif bagi siswa. Selain itu, multimedia interaktif juga dapat mempercepat waktu pengajaran bagi pengajar, meningkatkan kualitas pembelajaran siswa, dan memungkinkan pembelajaran dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Beberapa contoh dari penggunaan jenis media pembelajaran berbasis teknologi ini adalah aplikasi pembelajaran seperti Microsoft Power Point, Canva, Powtoon, Google Classroom, dan lainnya.

2. Animasi dan Video Digital

Sebagai alternatif media pembelajaran modern, guru dapat memanfaatkan animasi dan video digital. Media ini dinilai lebih efektif dan menarik bagi siswa dibandingkan hanya menggunakan buku teks.

Pembelajaran berbasis video memudahkan siswa memahami penjelasan guru karena adanya gambar yang ditampilkan. Media pembelajaran ini juga lebih menarik karena adanya gambar dan simbol yang ditampilkan, memungkinkan penyerapan informasi yang lebih cepat, dan memudahkan siswa mengingat materi yang dipelajari.

Banyak jenis media pembelajaran berbasis video yang dapat digunakan oleh guru, seperti:

  • Micro Video: Video instruksional pendek yang berfokus pada penjelasan satu topik saja sehingga cocok diterapkan saat guru ingin menjelaskan suatu konsep sederhana dan rumit.
  • Tutorial: Video yang menjelaskan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan suatu tugas.
  • Screencast: Mirip dengan jenis video tutorial, tetapi screencast berbentuk rekaman video digital yang merekam aktivitas di layar komputer seseorang. Jenis video ini sangat cocok jika guru ingin memberikan contoh secara langsung terhadap suatu tugas kepada siswa.
  • Animasi: Animasi digital yang dikemas dalam bentuk video sehingga membuat pembelajaran menjadi lebih menarik.

3. Podcast

Podcast (Putar Pada Permintaan dan Siaran) adalah media digital yang tersedia dalam bentuk rekaman audio yang dapat didengar oleh banyak orang secara terbuka.

Pada pandangan pertama, podcast ini terlihat sama dengan siaran radio. Namun, podcast memerlukan akses internet untuk mendengarkan rekaman audio, sedangkan siaran radio dapat didengarkan di mana saja dan kapan saja tanpa akses internet.

Akhir-akhir ini, podcast sering digunakan sebagai media pembelajaran. Ini dikarenakan, podcast dapat memberikan banyak manfaat bagi siswa maupun guru dalam proses belajar.

Guru tidak perlu menjelaskan materi pembelajaran secara berulang kali kepada siswa. Cukup berikan tautan podcast yang telah dibuat sebelumnya kepada siswa sehingga siswa dapat mendengarkan ulang penjelasan guru terhadap suatu materi yang belum dipahaminya melalui podcast tersebut.

Media pembelajaran jenis ini juga sangat fleksibel karena dapat diakses di mana saja tanpa batasan waktu. Media pembelajaran podcast juga sangat cocok diterapkan pada siswa yang memiliki gaya belajar auditori.

4. Augmented Reality (AR)

Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua atau tiga dimensi dengan lingkungan nyata. Media pembelajaran ini memungkinkan guru untuk memvisualisasikan konsep yang abstrak secara waktu nyata.

Namun, untuk menggunakan media pembelajaran AR ini, Bapak dan Ibu guru memerlukan alat khusus, seperti kamera web, kamera, dan kacamata khusus AR.

5. Virtual Reality (RV)

Virtual Reality merupakan suatu teknologi yang memungkinkan seseorang merasakan seperti sedang berada di lokasi yang sebenarnya dan bahkan terlibat secara fisik dalam suatu aktivitas dengan bantuan komputer dan peralatan khusus. Gambar yang ditampilkan dalam teknologi realitas virtual ini berbentuk tiga dimensi sehingga terlihat lebih nyata.

Namun, penggunaan media pembelajaran ini memerlukan biaya yang cukup besar bagi Bapak dan Ibu guru. 

Tips Memilih Jenis Media Pembelajaran Berbasis Teknologi yang Tepat

Banyak opsi media pembelajaran berbasis teknologi yang tersedia mungkin membuat guru merasa kebingungan dalam memilih yang tepat.

Berikut adalah beberapa tips memilih jenis media pembelajaran berbasis teknologi yang tepat.

Sesuaikan dengan Tujuan Pembelajaran

Setiap mata pelajaran memiliki tujuan pembelajaran masing-masing. Oleh karena itu, media pembelajaran yang dipilih sebaiknya disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya.

Perhatikan Efektivitasnya

Dari berbagai jenis media pembelajaran berbasis teknologi yang tersedia, pilihlah media yang paling efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Karakteristik Siswa

Ketika memilih jenis media pembelajaran berbasis teknologi yang ingin digunakan, guru perlu menyesuaikannya dengan karakteristik siswa, termasuk kemampuan, pengalaman, dan ketertarikan siswa terhadap media pembelajaran. Pertimbangkan juga jenjang pendidikan siswa, jumlah siswa di kelas, dan gaya belajarnya.

Ketersediaan Media Pembelajaran

Pastikan media pembelajaran yang ingin digunakan tersedia. Jika belum, pertimbangkan apakah mudah untuk memperoleh media tersebut dan beberapa alternatif yang bisa dilakukan. Misalnya, dengan membuat media pembelajaran sendiri, meminjam, atau menyewanya.

Kemampuan Mengoperasikannya

Beberapa media pembelajaran berbasis teknologi memerlukan keterampilan khusus untuk mengoperasikannya. Oleh karena itu, guru perlu mempertimbangkan kemampuan dalam menggunakan media pembelajaran tersebut.

Demikianlah tips memilih jenis media pembelajaran berbasis teknologi. Semoga bermanfaat.