Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian OSIS di Tinjau dari Berbagai Sisi

Sebagai siswa atau peserta didik, tentu kalian sering mendengar Istilah OSIS. Mungkin banyak di antara kalian yang sudah memahami tentang OSIS baik itu dari segi artinya maupun fungsinya. Nah dalam pembahasan kali ini kami jelaskan apa yang di maksud dengan OSIS, yang di tinjau dari beberapa sisi.

Pengertian OSIS

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Siswa, OSIS adalah singkatan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. Satu-satunya organisasi siswa resmi  sekolah. Jadi semua siswa di sekolah dan semua kelompok kegiatan siswa pada dasarnya juga merupakan bagian dari OSIS, meskipun  beberapa sekolah memiliki beberapa komunitas (ekstrakurikuler) sebagai bagian OSIS yang berbeda, seperti pramuka dan Paskibra. 

Sistem OSIS dapat dieksplorasi dalam beberapa cara. Secara kebahasaan, Peraturan Dirjen Dikdasmen No. 226/C/Kep/0/1992 menyatakan bahwa organisasi siswa sekolah adalah OSIS. OSIS adalah organisasi intra sekolah yang setiap kata memiliki arti. Adapun arti dari kata OSIS sendiri yaitu: 

1. Organisasi 

Biasanya merupakan kelompok kooperatif individu yang bekerja menuju tujuan bersama. Dalam hal ini, organisasi dimaksudkan sebagai unit kerja sama  atau kelompok  siswa yang dibentuk untuk bekerja menuju tujuan bersama, yaitu untuk mendukung tercapainya perkembangan/pembinaan siswa.

2. Siswa

Siswa atau peserta didik adalah orang yang datang ke suatu lembaga pendidikan untuk memperoleh atau mempelajari suatu jenis pendidikan. 

3. Intra 

Intra berarti  di dalam dan di antara. Oleh karena itu OSIS merupakan organisasi siswa yang ada di dalam dan di lingkungan sekolah sendiri.

4. Sekolah 

Sekolah adalah satuan pendidikan tempat berlangsungnya kegiatan pembelajaran dan pendidikan. Dalam hal ini, sekolah dasar dan sekolah menengah atau sederajat

Pemahaman OSIS Dari Segi Organisasi

OSIS merupakan satu-satunya forum organisasi siswa yang berbadan hukum di sekolah tersebut. Oleh karena itu, setiap sekolah wajib membentuk organisasi siswa intra sekolah (OSIS) yang tidak memiliki keterkaitan organisasi dengan OSIS  sekolah lain dan bukan merupakan bagian dari organisasi lain  di luar sekolah. 

Pemahaman fungsional tentang OSIS  

Dalam konteks implementasi kebijakan pendidikan, khususnya di bidang pembinaan kesiswaan, OSIS merupakan salah satu dari empat jalur pembinaan kesiswaan selain latihan kepemimpin, wawasan wiyatamandala dan ektrakurikulerwiyatamandala.

Pengertian OSIS  Dari Segi Sistemik 

Memandang OSIS sebagai sebuah sistem berarti bahwa OSIS adalah wadah kelompok siswa yang bekerja sama untuk mencapai tujuan. Dalam hal ini OSIS dipandang sebagai suatu sistem dimana sekelompok siswa dapat mengkoordinasikan suatu organisasi untuk  mencapai tujuan bersama. 

Dengan demikian, OSIS dapat menjadi wadah yang tepat untuk mengembangkan potensi siswa dan sekolah sebagaimana tertuang dalam fungsi dan tujuan OSIS.