Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP Seni Budaya Kelas [IX] SMP/MTs Semester I dan II - 2023/2024

Download ATP Kelas 9 Seni Budaya SMP-MTs Tahun 2023/2024 Semester 1 & 2 Kurikulum Merdeka 2023/2024. Pembelajaran Seni Budaya kelas IX SMP/MTs bertujuan untuk memperkuat kompetensi siswa dalam hal pengetahuan, keterampilan dan sikap secara utuh. Seni budaya bukan hanya pembelajaran yang ditujukan untuk menyempurnakan keterampilan peserta didik, tetapi juga mencakup kegiatan pembelajaran dan materi yang memberikan kompetensi kognitif bidang seni budaya dan pengetahuan sikap yang berkaitan dengan seni budaya. 

Pendidikan seni budaya bertumpu pada kegiatan  beberapa bidang seni budaya, seperti seni rupa, musik, tari, dan teater, berlandaskan pada pengayaan seni budaya sebagai warisan budaya suatu bangsa. Pendidikan budaya tidak hanya direncanakan  di dalam kelas, tetapi dapat berlangsung dan diselenggarakan oleh sekolah atau di luar sekolah atau masyarakat sekitar.  Materi muatan lokal dapat ditambahkan pada materi  seni budaya yang dirancang dengan kearifan lokal, terkait dengan kehidupan siswa, dengan cara yang diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan siswa tentang peluang di daerahnya. 

Pembelajaran seni budaya dilakukan menyeluh serta secara terpadu. Keterpaduan dan kelengkapan dapat diartikan bahwa kompetensi inti mencakup keterampilan tertentu yang penerapannya harus diajarkan secara holistik agar siswa memperoleh keterampilan, pengetahuan dan sikap  seni rupa, musik, tari atau teater. 

Pembelajaran SBK ini menekankan kegiatan pembelajaran siswa yang aktif dan kreatif Siswa dipersilakan dan didorong untuk mencari materi pembelajaran yang tersedia di  sekolah, rumah atau apartemen, dan di masyarakat. Guru bisa memperbanyak kreasinya dalam bentuk kegiatan pembelajaran lain yang sesuai dan bermakna yang bisa di peroleh dari lingkungan sosial dan alam. 

Untuk mendukung pembelajaran seni budaya, pemerintah menetapkan Learning Objective Flow (ATP) yang didasarkan pada tujuan pembelajaran dan hasil pembelajaran. Guru dapat mengembangkan atau membuat ATP sendiri sesuai dengan siswa. 

Menjelang musim liburan, dan menjelang tahun ajaran baru, admin gurumapel menyiapkan ATP Kelas 9 Seni Budaya SMP-MTs semester 1 dan 2 Tahun 2023/2024 Kurikulum Merdeka. Dapatkan filenya dari link download berikut. 

ATP Seni Budaya Kelas [IX] SMP/MTs Semester I dan II - Kurikulum Merdeka

 ATP Seni Budaya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Tari & Seni Teater) Kelas IX SMP-MTs

ATP Seni Budaya ATP Seni Budaya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Tari & Seni teater) Kelas IX SMP-MTs (Kurikulum Merdeka) Tahun 2023/2024 di Kemas Dalam Bentuk Folder ZIP/Winrar.