Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP Seni Budaya Kelas 8 SMP-MTs Semester 1 & 2 - 2023/2024

ATP Seni Budaya Kurikulum Merdeka. Pembelajaran Seni Budaya  Kelas VIII SMP/MTs bertujuan untuk memperkuat kompetensi siswa dalam pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara menyeluruh. Seni budaya bukanlah pembelajaran yang bertujuan hanya untuk mengasah  keterampilan siswa, tetapi mencakup kegiatan pembelajaran dan materi  yang memberikan kompetensi informasi bidang seni budaya dan kompetensi sikap yang berkaitan dengan seni budaya. 

Pendidikan seni budaya dirancang berdasarkan kegiatan di beberapa bidang seni budaya, seperti seni rupa,  musik,  tari dan teater, yang bertumpu pada pengayaan seni  budaya sebagai warisan budaya bangsa. Pembelajaran budaya tidak direncanakan hanya  di dalam kelas, tetapi dapat berlangsung dan diselenggarakan oleh sekolah maupun di luar sekolah atau masyarakat sekitar. 

Materi muatan lokal dapat ditambahkan pada materi pembelajaran seni budaya yang diambil dari kearifan lokal dan terkait dengan kehidupan siswa dengan cara yang diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan siswa tentang peluang di daerahnya. 

Pembelajaran seni budaya dilakukan secara terpadu dan menyeluruh. Keterpaduan dan menyeluruh dapat mengandung arti bahwa  kompetensi dasar meliputi kompetensi tertentu yang penerapannya harus diajarkan secara utuh agar siswa  menguasai keterampilan, pengetahuan dan sikap baik seni rupa, musik, tari atau teater. 

Pembelajaran seni budaya menekankan pembelajaran siswa yang aktif. Siswa dipersilakan dan didorong untuk mencari bahan pembelajaran yang tersedia di lingkungan sekolah, rumah atau apartemen, dan masyarakat. Guru dapat memperkaya kreasinya dalam bentuk kegiatan lain yang sesuai dan bermakna yang berasal dari lingkungan sosial dan alam.

Pengertian ATP Kurikulum Merdeka

Sebelum teman gurumapel.com mengunduh ATP Seni Budaya Kelas 8 SMP - MTs Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka, Teman semua perlu terlebih dahulu memahami apa itu ATP. Namun, sebelum membahas Alur Tujuan pembelajaran (ATP) dengan lebih rinci, penting untuk memahami terlebih dahulu pengertian alur pembelajaran (AP) & tujuan pembelajaran (TP).

AP adalah susunan target pembelajaran yang disusun dan diatur secara logis sesuai dengan urutan pembelajaran dari awal hingga akhir fase di semua fase pembelajaran. Susunan tersebut disusun secara berurutan seperti rangkaian kegiatan pembelajaran yang dilakukan setiap hari untuk mengukur Capaian Pembelajaran (CP).

Fungsi AP adalah sebagai panduan bagi guru dan peserta didik untuk mencapai hasil belajar pada akhir fase ini. 

TP menggambarkan pencapaian tiga aspek kompetensi yang diperoleh peserta didik dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran: pengetahuan, keterampilan, dan sikap. TP disusun berdasarkan AP tertentu yang merupakan prasyarat untuk mencapai CP

Dari sini dapat disimpulkan bahwa ATP adalah kumpulan TP yang disusun secara teratur dan logis dalam tahapan pembelajaran untuk membantu peserta didik mencapai Learning Outcome.

ATP Seni Budaya Kelas 8 SMP - MTs Semester 1 dan 2

Untuk mendukung pembelajaran Seni Budaya pemerintah telah menetapkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang didasarkan atas Tujuan Pembelajaran & Capaian Pembelajaran. Guru dapat mengembangkan atau membuat ATP sendiri sesuai dengan peserta didiknya.

Perencanaan pengajaran Seni Budaya di fase awal dapat diwujudkan dalam Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). ATP dalam kurikulum merdeka memiliki peran penting karena disusun berdasarkan konsep Tujuan Pembelajaran dan Capaian Pembelajaran.

Untuk mempermudah pembuatan Bahan Ajar Seni Budaya Kelas 8 bagi para guru Seni Budaya semua, Kami bagikan untuk anda ATP Seni Budaya Kelas 8 SMP-MTs Semester 1 - 2.

Di masa liburan admin gurumapel telah membuat ATP Seni Budaya Kelas 8 SMP-MTs Semester 1 & 2 - 2023/2024 Kurikulum Merdeka. Silahkan miliki juga dengan mengakses link unduh berikut.

ATP [Seni Budaya] Kls [8] SMP/MTs Semester 1/2 Kurikulum Merdeka Tahun 2023/2024

✅ ATP Seni Budaya (Seni Musik) : 💾 Download
✅ ATP Seni Budaya (Seni Rupa) : 💾 Download
✅ ATP Seni Budaya (Seni Tari) : 💾 Download
ATP Seni Budaya (Seni Teater) : 💾 Download