Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP Prakarya Kelas 8 SMP/MTs Semester 1 - 2 Tahun 2023/2024

ATP Prakarya Kurikulum Merdeka. Prakarya berdasarkan istilah pra jua karya, pra mempunyai arti /makna belum dan karya sendiri merupakan sebuah output kerja. prakarya bisa didefinisikan sebagai output kerja yg belum jadi, prakarya tadi masih berupa proof of concept (prototipe). Prakarya tadi belum memiliki sasaran pemasaran,  karena itu belum terdapat penggunanya (konsumennya).

Bidang study Prakarya Diharapkan berkembang menjadi bidang studi yang mengedepankan penerapan profil siswa sesuai pancasila, khususnya dalam hal kemampuan kritis dan kreatif siswa serta berkarya dalam keragaman global dan potensi daerah.

Pengertian ATP Kurikulum Merdeka

Sebelum sahabat gurumapel.com mengunduh ATP Prakarya Kelas 8 SMP - MTs Semester 1 atau 2 Kurikulum Merdeka, Terlebih dahulu sahabat perlu tahu apa itu ATP. Namun, sebelum membahas Alur Tujuan pembelajaran (ATP) menggunakan lebih rinci, krusial buat tahu terlebih dahulu pengertian alur pembelajaran (AP) & tujuan pembelajaran (TP).

AP merupakan susunan sasaran pembelajaran yg disusun & diatur secara logis sinkron menggunakan urutan pembelajaran berdasarkan awal sampai akhir fase pada seluruh fase pembelajaran. Susunan tadi disusun secara berurutan misalnya rangkaian aktivitas pembelajaran yg dilakukan setiap hari buat mengukur Capaian Pembelajaran (CP).

Fungsi AP merupakan menjadi pedoman bagi pengajar & siswa buat mencapai output belajar dalam akhir fase ini. 

TP mendeskripsikan pencapaian 3 aspek kompetensi yg diperoleh siswa pada satu atau lebih aktivitas pembelajaran: pengetahuan, keterampilan, & sikap. TP disusun dari AP eksklusif yg adalah prasyarat buat mencapai CP

Dari sini bisa disimpulkan bahwa ATP merupakan gugusan TP yg disusun secara teratur & logis pada tahapan pembelajaran buat membantu siswa mencapai Tujuan Pembelajaran.

ATP Prakarya Kelas 8 SMP - MTs Semester 1 dan 2

Untuk mendukung pembelajaran Prakarya pemerintah sudah memutuskan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yg berdasarkan atas Tujuan Pembelajaran & Capaian Pembelajaran. Pengajar bisa berbagi atau menciptakan ATP sendiri dengan mengsinkronkan pada peserta didiknya.

Selaras dengan konsep hasil belajar, ATP Prakarya kelas VIII ini disusun untuk dikaitkan dengan hasil belajar prakarya Fase D di SMP-MTs, dimana pembelajaran disusun berdasarkan tingkat kesukaran dan  kesulitan siswa kelas 7, 8 dan 9 sesuai fasenya. Pada dasarnya siswa adalah pemikir yang baik, kreatif dan mampu menghadapi tantangan, untuk itu perlu penerapan pembelajaran yang tepat untuk memaksimalkan potensi siswa.

Untuk fasilitasi pembelajaran mata pelajaran prakarya, kami gurumapel.com telah membuat ATP Prakarya kelas 8 SMP-MTs semester 1 dan 2 yang mana ATP ini di buat untuk di bagikan dengan rekan sejawat guru - guru se-Indonesia.

Tak perlu kami jelaskan lebih lanjut mengenai ATP prakarya kelas 8 SMP-MTs yang kami bagi, untuk lebih memahaminya ada baiknya jika anda langsung saja ATP Prakarya Semester 1 dan 2 Kelas 8 SMP-MTs (Fase D) Tahun 2023/2024 Kurikulum Merdeka ini. 

Untuk link downloadnya kami sediakan di bawah ini. Tetapi jika anda mengalami hambatan saat mendownload karena kurangnya pemahan atau karena link unduhan yang kami sediakan rusak, maka tak perlu sungkan silahkan hubungi kami langsung.

ATP Prakarya Kls [8] SMP/MTs Semester 1/2 Kurikulum Merdeka Tahun 2023/2024

✅ ATP Prakarya (Budidaya) ⇣ Download
✅ ATP Prakarya (Kerajinan) ⇣ Download
✅ ATP Prakarya (Pengolahan) ⇣ Download
ATP Prakarya (Rekayasa) ⇣ Download