Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP Matematika Kelas 9 SMP-MTs Semester 1 dan 2 Tapel 2023/2024

Download ATP Kurikulum Merdeka Matematika Kelas 8 SMP-MTs Semester 1 dan 2 Tapel 2023/2024. Belajar dan mengajar erat kaitannya dengan kegiatan komunikasi. Hal ini berlaku juga untuk pembelajaran matematika, di sini terjadi proses komunikasi antara guru dan siswa serta antara siswa dengan siswa lainnya. Pembelajaran pada hakekatnya adalah  belajar mengajar dimana terjadi interaksi antara guru dan siswa. 

Komunikasi yang bagus dan lancar dapat digambarkan sebagai situasi dimana guru dapat memfasilitasi kemampuan siswa untuk mengatur pembelajarannya sendiri serta memahami kebutuhannya sendiri (Sholihah dan Mahmudih, 2015).  

Pencapaian tujuan pembelajaran matematika merupakan hal yang sangat penting dalam  pembelajaran. Demikian lampiran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan no. 58 kurikulum sekolah menengah, (2014), yang menyebutkan bahwa tujuan siswa mempelajari matematika adalah:

  1. Pemahaman konsep matematika adalah kemampuan untuk menjelaskan hubungan antar konsep dan menggunakan konsep dan algoritma untuk melakukan tugas secara fleksibel, akurat, efisien dan akurat. 
  2. Mengkomunikasikan ide, alasan, dan melakukan pembuktian matematis dengan menggunakan kalimat lengkap, simbol, grafik, atau cara lain untuk menggambarkan suatu cara atau masalah. 
  3. Menumbuhkan Sikap dalam menghargai fungsi matematika dalam kehidupan nyata yaitu dengan rasa ingin tahu, perhatian dan minat dalam belajar matematika serta tekad dan kepercayaan diri dalam memecahkan masalah.  
  4. Mempersiapkan alat-alat praktis sederhana dan hasil teknis untuk melakukan operasi matematika. Keterampilan atau kemampuan ini terkait erat, yang satu memperkuat dan membutuhkan yang lain. 

Salah satu cara untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika di sekolah menengah  adalah dengan merancang lingkungan belajar yang berpusat pada peserta didik. Menumbuhkan motivasi, minat, kreativitas, prakarsa, membangkitkan kemandirian dan semangat belajar siswa (Permendikbud nomor 58, 2014). 

Guna menunjang pembelajaran matematika dalam kurikulum merdeka, diperlukan konsep ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) yang jelas untuk mencapai tujuan pembelajaran (TP). Langkah nyata admin gurumapel.com untuk membantu  guru yang mengajar matematika adalah dengan melakukan share ATP Kurikulum Merdeka Matematika Kelas 8 SMP-MTs Semester 1 dan 2 Tapel 2023/2024

Silahkan Download ATP Matematika Kelas 9 SMP-MTs Semester 1 & 2 Tahun 2023/2024 untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar dan mencapai tujuan belajar yang diharapkan. 

ATP [Matematika] Kelas [IX] SMP/MTs Semester I dan II - Kurikulum Merdeka

ATP Matematika ATP Matematika kelas IX SMP-MTs (Kurikulum Merdeka) Tahun Pelajaran 2023/2024.