Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP IPS Kelas 8 SMP-MTs Semester 1 - 2 Tahun 2023/2024

ATP IPS SMP - MTs. IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang harus diikuti siswa atau peserta didik yang ada di SMP-MTs, hal ini sesuai dengan apa yang di ungkapkan Sapriya (2009:12), yang mengatakan bahwa IPS pada dasarnya merupakan salah satu mata pelajaran wajib dalam kurikulum sekolah.

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan mata pelajaran yang harus diikuti siswa dalam pembelajaran. Mata pelajaran IPS di susun secara sistematis, komprehensif dan terintegrasi. Tujuan pendidikan IPS adalah agar siswa memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam tentang bidang ilmu yang terkait. Oleh karena itu, pendidikan IPS harus dilaksanakan secara terpadu selama menempuh pendidikan di SMP-MTs di Indonesia.

IPS adalah nama mata pelajaran integrasi sejarah, geografi dan ekonomi serta ilmu-ilmu sosial lainnya. Di Indonesia, mata pelajaran IPS SMP-MTs memiliki satu tujuan yaitu meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

Dalam Kurikulum Merdeka, ada Istilah ATP, apa itu ATP?. ATP atau Alur Tujuan Pembelajaran Adalah rangkaian konsep tujuan pembelajaran yang di rangkai secara logis dan sistematis guna mecapai capaian pembelajaran di akhir fase. Berikut penjelasannya.

Pengertian ATP Kurikulum Merdeka

Sebelum pengunjung gurumapel.com mengunduh ATP Kelas 8 SMP - MTs IPS Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka, kamu perlu memahami apa itu ATP terlebih dahulu. Namun, sebelum membahas Alur Tujuan pembelajaran (ATP) dengan lebih rinci, penting untuk memahami terlebih dahulu pengertian urutan alur pembelajaran (AP) dan target pembelajaran (TP).

Urutan pembelajaran (AP) adalah susunan target pembelajaran yang disusun dan diatur secara logis sesuai dengan urutan pembelajaran dari awal hingga akhir fase di semua fase pembelajaran. Susunan tersebut disusun secara berurutan seperti rangkaian kegiatan pembelajaran yang dilakukan setiap hari untuk mengukur hasil belajar (CP).

Fungsi urutan pembelajaran (AP) adalah sebagai panduan bagi guru dan siswa untuk mencapai hasil belajar pada akhir fase ini. 

Target Pembelajaran (TP) menggambarkan pencapaian tiga aspek kompetensi yang diperoleh siswa dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran: pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Tujuan pembelajaran ini disusun berdasarkan urutan pembelajaran tertentu yang merupakan prasyarat untuk mencapai hasil belajar (CPs).

Dari sini dapat disimpulkan bahwa ATP adalah kumpulan TP yang disusun secara teratur dan logis dalam tahapan pembelajaran untuk membantu siswa mencapai Learning Outcome.

ATP IPS Kelas 8 SMP - MTs Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka

Untuk memandu pembuatan Modul Ajar IPS Kelas 8 bagi bapak - ibu, Kami selaku admin bagikan untuk bapak - ibu guru ATP IPS untuk anda. 

ATP IPS dapat di analogikan sebagai rangakain konsep pembelajaran IPS yang di buat secara logis dan sistematis guna mencapai capaian pembelajaran berdasarkan tujuan pembelajaran IPS. 

Berikut adalah ATP IPS Kelas 8 SMP-MTs Semester 1 - 2 Tahun 2023/2024 yang telah mimin buat untuk di bagikan dengan anda, silahkan download.

Terimakasih bapak-ibu semua atas kunjungannya, semoga apa yang mimin bagikan ini berguna untuk anda, dengan begitu admin merasa tidak sia - sia membuat ATP ini karena bisa anda gunakan dalam kegiatan pembelajaran. Selamat mendownload

ATP IPS Kelas VIII SMP-MTs Semester I dan II - Kurikulum Merdeka

ATP IPS ATP IPS kelas VIII SMP-MTs (Kurikulum Merdeka) Tahun Pelajaran 2023/2024.