Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP IPA Kelas 9 SMP-MTs Semester 1 dan 2 Tahun 2023/2024

Unduh ATP IPA Kelas 9 SMP-MTs Fase D Semester 1 & 2 Tahun Pelajaran 2023/2024 Kurikulum Merdeka. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah cabang ilmu yang terdiri dari ilmu fisika  dan ilmu biologi. IPA berurusan dengan fenomena alam yang disusun secara sistematis berdasarkan eksperimen dan pengamatan manusia.  

Menurut Powler (Wina-putra, 1992: 122), IPA adalah ilmu yang mempelajari gejala alam dan benda-benda alam yang disusun secara sistematis ke dalam seperangkat pengamatan dan percobaan yang diterima secara umum.  

Hasil belajar IPA diukur dari seberapa kompeten siswa dalam menggunakan pemahaman IPA dan keterampilan proses (penelitian, observasi, bertanya, berhipotesis, pemilihan dan pengelolaan informasi, perencanaan dan pelaksanaan kegiatan, dan refleksi diri) Sikap dan perilaku agar siswa dapat mempengaruhi perkembangan dan kelestarian lingkungannya secara positif. 

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan siswa, membantu mereka menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan alam, mencari peluang yang tersembunyi di alam, baik  terbarukan maupun  tidak terbarukan, dan membantu orang menyelesaikan masalah dari masalah.

Untuk mendukung konsep pembelajaran IPA di  tingkat SMP-MTs khususnya untuk Kurikulum Merdeka, Saya selaku admin gurumapel.com akan membagikan kepada bapak-ibu Alur Tujuan Pembelajaran IPA (ATP IPA). Untuk periode ini, ATP yang dibagikan oleh mimin adalah ATP IPA Kelas 9 SMP (Tahap/Fase D) kurikulum merdeka semester 1 dan 2 (ganjil/genap) tahun ajaran 2023/2024. 

Untuk Menuju link download ATP IPA Kelas 9 SMP-MTs (Tahap/Fase D) Semester 1 dan  Semester  2 Tahun Pelajaran 2023/2024, silahkan download dari link berikut. 

ATP [IPA] Kelas [IX] SMP/MTs Semester I dan II - Kurikulum Merdeka

ATP IPA ATP IPA kelas IX SMP-MTs (Kurikulum Merdeka) Tahun Pelajaran 2023/2024.