Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP IPA Kelas 8 Semester 1 dan 2 Tahun 2023/2024

ATP IPA SMP - MTs. Ilmu  Pengetahuan alam (IPA) merupakan cabang ilmu yang terdiri dari ilmu fisika (physical sciences) dan ilmu biologi (biological sciences). IPA berurusan dengan fenomena alam yang disusun secara sistematis berdasarkan hasil percobaan dan pengamatan  manusia.

Menurut Powler (Wina-putra, 1992: 122), IPA adalah ilmu yang mempelajari gejala-gejala alam dan benda-benda yang tersusun secara sistematis dalam bentuk kumpulan yang teratur dari pengamatan dan percobaan yang diterima secara umum.

Hasil belajar IPA diukur dari seberapa kompeten siswa dalam menggunakan pemahaman ilmiah dan keterampilan proses (mengamati, mengajukan pertanyaan, berhipotesis, memilih dan mengelola informasi, merencanakan dan melaksanakan kegiatan, dan refleksi diri). sikap dan perilaku agar siswa dapat mempengaruhi perkembangan dan kelestarian lingkungannya secara positif.

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berperan sangat penting dalam kehidupan peserta didik untuk membantu mereka  menjaga  diri, orang lain dan alam tetap aman, mencari peluang yang tersembunyi di alam, baik yang terbarukan maupun yang tidak terbarukan, dan membantu manusia mengambil keputusan tentang masalah. 

Definisi ATP Kurikulum Merdeka

Sebelum anda mendownload ATP IPA Kelas 8 SMP - MTs Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka, anda harus mengetahui dulu apa itu ATP. Tapi sebelum lebih jauh mengena Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) kita harus mengenal istilah Alur Pembelajaran (AP) dan Tujuan Pembelajaran (TP).

Alur Pembelajaran (AP) adalah serangkaian sasaran pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara keseluruhan dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Rangkaian ini disusun secara linear seperti urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari untuk mengukur Capaian Pembelajaran (CP).

Fungsi Alur Pembelajaran (AP) adalah sebagai panduan guru dan siswa untuk mencapai Pencapaian Pembelajaran di akhir fase tersebut.

Tujuan Pembelajaran (TP) merupakan deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperoleh siswa dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran, disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu yang menjadi prasyarat menuju Capaian Pembelajaran (CP).

Jadi dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian dari Tujuan Pembelajaran (TP) yang disusun secara sistematis dan logis di dalam suatu fase pembelajaran agar siswa dapat mencapai Capaian Pembelajaran (CP).

ATP IPA Kelas 8 SMP - MTs Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka

Untuk mendukung konsep pembelajaran IPA di sekolah tingkat SMP-MTs, Kami bagikan untuk anda Alur Tujuan Pembelajan (ATP) IPA. 

Adapun untuk periode ini ATP yang mimin bagikan yaitu ATP IPA Kelas 8 SMP-MRs (Fase D) Semester 1 dan 2 (Ganjil/Genap) Tahun Pelajaran 2023/2024 Kurikulum Merdeka.

Silahkan Akses link download ATP IPA Kelas 8 SMP-MTs (Fase D) Semester 1 dan 2 Tahun 2023/2024 Kurikulum Merdeka ini, di tautan link berikut.

ATP IPA ATP IPA kelas VIII SMP-MTs (Kurikulum Merdeka) Tahun Pelajaran 2023/2024.