Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP Informatika Kelas IX SMP/MTs Semester I dan II - 2023/2024

ATP Informatika SMP. Bidang study informatika diharapkan  menjadi salah satu Bidang study yang mendorong terwujudnya profil peserta didik berpancasila, khususnya dalam hal kemampuan kritis dan kreatif peserta didik serta berfungsi dalam kebhinekaan global dunia maya. 

Kemampuan berpikir komputasi berbasis logika matematika dapat ditemukan pada mata pelajaran ilmu komputer atau informatika. Keterampilan berpikir komputasional ini merupakan bagian penting dari tes PISA Literasi, Numerasi, dan Literasi Sains. Dengan kemampuan berpikir komputasional tersebut, jurusan ilmu komputer dapat memberikan cara berpikir yang efektif, efisien dan optimal untuk memecahkan masalah di berbagai bidang kehidupan yang kini tidak dapat dipisahkan dari penggunaan komputer.  

Selain itu, jurusan teknologi informasi memberikan keterampilan teknis, terutama dalam penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi, yang mendukung analisis dan interpretasi informasi dan pemecahan masalah. 

Dengan demikian jurusan Informatika dapat mengutamakan kemampuan mengambil keputusan yang cepat dan adaptif sehingga SDM Indonesia dapat bertahan di dunia VUCA (Volatile, Uncertain, Complex, Ambiguous). 

Sejalan dengan konsep hasil belajar, ATP ini secara struktural dikaitkan dengan pembelajaran SMP-MTs Fase D Teknologi Informasi, dimana pembelajaran disusun berdasarkan tahapan dan tingkat kesulitan kelas secara bertingkat dari kelas 7, 8 dan 9, sehingga siswa SMP-MTs pandai berpikir, kreatif dan menggunakan teknologi, kemauan untuk menjadi anggota masyarakat dengan keterampilan komputer dan sekaligus warga negara digital yang berperilaku baik dalam masyarakat, baik di dunia nyata maupun dunia digital.

ATP Informatika Kelas [IX] SMP/MTs Semester I dan II - Kurikulum Merdeka

 Download ATP Informatika Kelas IX SMP-MTs Semester I & II

ATP Informatika ATP Informatika Kelas IX SMP-MTs (Kurikulum Merdeka) Tahun 2023/2024.