Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP Informatika Kelas 8 SMP-MTs Semester 1 - 2 Tahun 2023/2024

ATP Informatika SMP - MTs. Mata pelajaran informatika diharapkan dapat menjadi salah satu mata pelajaran yang mendorong terwujudnya profil siswa yang berpancasila, khususnya sesuai dengan daya  kritis dan kreatifitas siswa serta berkarya dalam keragaman global  dunia maya. 

Kemampuan berpikir komputasi berbasis logika matematika dapat ditemukan pada mata pelajaran ilmu komputer. Keterampilan berpikir komputasional ini merupakan bagian penting dari tes PISA Literasi, Numerasi, dan Literasi Ilmiah. Dengan kemampuan berpikir komputasional tersebut, mata pelajaran Informatika dapat memberikan cara berpikir yang efektif, efisien dan optimal dalam menyelesaikan masalah di berbagai bidang kehidupan yang saat ini tidak dapat dipisahkan dari penggunaan komputer. 

Selain itu, jurusan informatika juga memberikan keterampilan teknologi, terutama dalam penggunaan alat teknologi informasi dan komunikasi, yang mendukung analisis dan interpretasi informasi dan pemecahan masalah. 

Dengan demikian, mata pwlajaran informatika juga dapat mengedepankan kemampuan  mengambil keputusan secara cepat dan adaptif sehingga sumber daya manusia Indonesia dapat bertahan di dunia  VUCA (Volatile, Uncertain, Complex, Ambiguous).

Pengertian ATP Kurikulum Merdeka

Sebelum teman-teman di gurumapel.com bisa mendownload ATP Kelas 8 Informatika Semester 1 dan 2, sebaiknya sobat semua  terlebih dahulu memahami apa itu ATP. Namun sebelum kita mempelajari alur tujuan pembelajaran (ATP), penting untuk  terlebih dahulu memahami apa yang kami maksud dengan alur pembelajaran (AP) dan tujuan pembelajaran (TP). 

AP adalah susunan tujuan pembelajaran yang disusun dan diatur secara logis di semua fase pembelajaran dari awal hingga akhir fase  pembelajaran. Penempatan ini disusun secara berurutan sebagai rangkaian kegiatan pembelajaran yang dilakukan setiap hari untuk mengukur prestasi belajar (CP).  

 Fungsi AP adalah sebagai pedoman bagi guru dan siswa untuk mencapai hasil belajar pada akhir fase ini.  TP mewakili pencapaian tiga dimensi kompetensi yang diperoleh siswa melalui satu atau lebih kegiatan pembelajaran: pengetahuan, keterampilan, dan sikap. TP dibuat berdasarkan AP tertentu yang merupakan prasyarat untuk mencapai CP 

Dari sini dapat disimpulkan bahwa ATP adalah kumpulan TP yang diurutkan dan disusun secara  logis dalam tahapan pembelajaran untuk membantu siswa mencapai hasil belajarnya.

ATP Informatika Kelas 8 SMP - MTs Semester 1 dan 2

Untuk mendukung pembelajaran Informatika pemerintah telah menetapkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang didasarkan atas Tujuan Pembelajaran & Capaian Pembelajaran. Guru dapat mengembangkan atau membuat ATP sendiri sesuai dengan peserta didiknya.

Sesuai dengan konsep hasil belajar, ATP ini disusun untuk dikaitkan dengan hasil belajar Teknologi Informasi Fase D di SMP-MTs, dimana pembelajaran  disusun berdasarkan Fase dan tingkat kesulitan  kelas 7, 8 dan 9, agar siswa SMP-MTs pandai berpikir, berkreasi dan menggunakan teknologi, menjadi  anggota masyarakat yang melek komputer dan sekaligus warga digital yang berakhlak baik di masyarakat, baik di dunia nyata maupun dunia digital.

Berikut ini sahabat setia gurumapel.com, link download ATP Informatika Kelas 8 SMP-MTs Semester 1 - 2. Silahkan download

ATP Informatika Kls 8 SMP/MTs Semester 1/2 Kurikulum Merdeka Tahun 2023/2024

ATP Informatika ATP Informatika Kelas VIII SMP-MTs Semester 1 - 2 (Kurikulum Merdeka)