Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP B. Inggris Kelas 9 SMP-MTs (Fase D) Semester 1 - 2 Tahun 2023/2024

Unduh ATP Bahasa Inggris Kelas 9 SMP-MTs (Fase D) Semester 1 - 2 Tahun 2023/2024 Kurikulum Merdeka. Berdasarkan komponen fungsional tujuan pembelajaran, terdapat tiga aspek penting dalam pengembangan alur tujuan pembelajaran (ATP), yaitu kompetensi, isi dan variabilitas. 

Kompetensi adalah suatu keterampilan yang dapat didemonstrasikan atau diterapkan siswa dalam bentuk produk atau kegiatan yang abstrak atau konkrit. Kompetensi ini mempresentasikan bahwa peserta didik telah mampu mencapai tujuan pembelajarannya. Kompetensi ini tercapai ketika siswa telah menyelesaikan serangkaian tugas belajar di kelas. 

Saat menentukan kompetensi untuk tujuan pembelajaran, guru dapat menggunakan kata kerja fungsional yang  diamati sesuai dengan taksonomi perkembangan yang diperbarui. Misalnya, peserta didik dapat menyampaikan solusi untuk mengatasi perubahan lingkungan yang dipengaruhi faktor manusia. 

Isi/Konten adalah isi atau materi informasi dasar dan konsep dasar yang akan dipahami oleh mahasiswa dengan mengikuti pembelajaran pada akhir 1 semester. Di akhir sesi pembelajaran, guru dapat memutuskan informasi atau konsep penting apa yang perlu dipahami siswa. Guru juga dapat  merumuskan pertanyaan untuk dijawab siswa  setelah mengikuti pembelajaran. Contohnya yaitu perubahan alami yang terjadi di bumi yang di pengaruhi faktor manusia.

Variasi atau variabilitas berarti alur tujuan pembelajaran harus disesuaikan dengan keragaman, yaitu kemampuan berpikir siswa yang majemuk yang harus dikelola untuk mencapai tujuan pembelajaran. Variasi keterampilan berpikir tersebut seperti berpikir kritis, kreatif dan berpikir tingkat tinggi seperti analisis evaluatif, prediksi, kreasi dan lain-lain.

KunjungiPerangkat Ajar B. Inggris Kls 9 SMP/MTs Semester 1 - 2 Kurikulum Merdeka

Berikut Ini adalah contoh ATP lengkap untuk ATP B. Inggris Kelas 9 SMP-MTs (Fase D) Semester 1 - 2 Tahun 2023/2024 yang telah memenuhi ketiga aspek kompetensi, isi dan variasi. Silahkan Unduh untuk digunakan dalam  pembelajaran  sekolah Anda. 

ATP [B. Inggris] Kelas [9] SMP/MTs Semester 1/2 [Ganjil/Genap] Kurikulum Merdeka

ATP Bahasa Inggris ATP Bahasa Inggris kelas IX SMP-MTs (Kurikulum Merdeka) Tahun Pelajaran 2023/2024.