Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Uraian Tahapan Gerak Melakukan Smash Bola Voli

Menurut Federasi Bola Voli Indonesia PBVSI, bola voli adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang saling berhadapan di lapangan dengan jaring atau net sebagai pemisahnya. Tujuan olahraga ini adalah memukul bola melewati net dengan maksud menjatuhkan bola di lantai lapangan di area lawan untuk mendapatkan point atau angka.

Salah satu tehnik yang paling ampuh untuk menjatuhkan bola di area lapangan lawan yaitu dengan melakukan smash. Smash atau spike sendiri dapat di artikan sebagai gerakan memukul bola yang dilakukan dengan kuat dan keras serta jalannya bola cepat, tajam dan menukik sehingga sulit diterima lawan.


Tentunya ada tehnik tertentu dan keahlian khusus untuk melakukan smash dalam bola voli. Berikut ini kami gambarkan tahapan gerakan melakukan gerakan smash bola voli.

Tahap - Tahap Gerakan Smash Bola Voli

Pada prinsipnya tahapan gerakan smash bola voli terbagi atas 4 (empat) tahapan yaitu Run Up, Take Off, Hit dal landing. Tahapan gerakan smash ini harus di lakukan secara berkesinambungan artinya tidak boleh terputus dan membentuk sebuah rangkaian gerakan.

Untuk lebig jelasnya dalam melakukan gerakan smash berikut penjelasannya.

Tahapan gerakan melakukan Smash:
  1. Tahap pertama : Run up (lari menjangkau bola yang di umpankan)
  2. Tahap kedua : Take off  (melompat)
    Pada tahap take off, tumit dan jari kaki menghentak lantai disusul kedua lengan di julurkan keatas dan tubuh di luruskan. Lengan dan bahu yang di gunakan di tarik sedikit menjauhi bola. Saat akan memukul bola, punggung agak membungkuk dan tangan pemukul sedikit ditekuk.
  3. Tahap ketiga : Hit (memukul)
    Cara memukul smash ada beberapa jenis:
    • Frontal smash (smash depan)
    • Frontal smah dengan twist (smash dengan putaran)
    • Smash dengan pergelangan tangan) 
    • Dump (smash dengan pura-pura)
  4. Tahap keempat    : Landing (mendarat)
    Pada tahap pendaratan menggunakan kedua ujung telapak kaki bagian depan secara bersamaan, dan lutut harus dal keadaan di tekuk atau mengeper.
Kesalahan-kesalahan umum yang sering di lakukan pada saat melakukan smash:
  1. Melakukan take off dengan kekuatan yang kurang memadai, sehingga bola akan terpukul pada ketinggian yang kurang tepat
  2. Seluruh gerakannya tidak kontinu dan tidak di sertai ritme yang tepat, sehingga tenggang waktu antara take off dan jump di tandai dengan keragu-raguan yang sangat mempengaruhi kualitas smash itu sendiri.
  3. Kurang dapat membaca ketingian bola umpan, sehingga bola itu di pukul terlalu tinggi atau terlalu rendah
  4. Ayunan lengan kurang sempurna
  5. Pergelangan tangan terlalu kaku sehingga bola terpukul tidak pada bagian atasnya.
Demikian pembahasan singkat mengenai Uraian Tahapan Gerak Melakukan Smash Bola Voli. Semoga materi PJOK tentang smash bola voli ini bermanfaat