Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisi - Kisi & Soal [IPS] Kelas [7] SMP/MTs Semester 2 Th 2022/2023

Download Kisi - Kisi, Soal & Kunci Jawaban [IPS] Kelas [7] SMP/MTs Semester 2 Th 2022/2023 - Dalam edisi unduhan kali ini, admin gurumapel akan memberika link unduhan kepada anda dari Kisi - Kisi & Soal [IPS] Kelas [7] SMP/MTs Semester 2 Th 2022/2023. 

Tapi sebelum anda mendownload Kisi - Kisi & Soal [IPS] Kelas [7] SMP/MTs Semester 2 Th 2022/2023 kami akan sedikit mengulas tentang Pengertian Guru, sekaligus tugas dan peranannya dalam pendidikan.

Pengertian Guru

Secara umum guru dapat di artikan sebagai pendidik profesional yang mendidik, mengajarkan ilmu pengetahuan, membimbing, melatih, menilai dan melakukan evaluasi pada peserta didik. Definisi guru yang lain adalah seseorang yang berdedikasi untuk mengajar ilmu pengetahuan dan yang mendidik, membimbing dan melatih siswanya untuk memahami ilmu yang diajarkannya.

Dalam hal ini, guru tidak hanya mengajarkan pendidikan formal tetapi juga pendidikan lain dan dapat menjadi teladan bagi siswanya. Dari pernyataan tersebut dapat kita pahami bahwa peran seorang guru sangat penting untuk menciptakan generasi penerus yang berkualitas secara intelektual dan moral.

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan guru, kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Dri Atmaka

Menurut Dri Atmaka (2004:17) Pendidik atau pengajar adalah orang yang bertanggung jawab untuk mendukung perkembangan fisik dan intelektual peserta didik.

2. Husnul Hotimah

Menurut Husnul Chotimah (2008), konsep guru adalah orang yang memfasilitasi transfer pengetahuan dari sumber belajar kepada siswa.

3. UU No 14 Th 2005

Menurut Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Bagi Guru dan Dosen, guru adalah pendidik profesional yang peran utamanya mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini melalui jalur pendidikan formal dasar dan menengah.

Tugas dan tanggung jawab guru

Seorang guru memiliki tanggung jawab untuk mendidik, membina dan melatih peserta didik menjadi pribadi yang berkualitas baik secara intelektual maupun moral.

Berikut beberapa tugas pokok seorang guru, antara lain:

1. Mengajar siswa

Guru bertanggung jawab untuk mengajarkan sains kepada siswa. Dalam hal ini, fokus pengajaran adalah pada hal-hal intelektual, sehingga siswa mengetahui substansi dari beberapa disiplin ilmu.

2. Mendidik Siswa

Mendidik siswa berbeda dengan mengajar sains. Dalam hal ini, kegiatan mendidik bertujuan untuk mengubah perilaku peserta didik menjadi lebih baik.

Mendidk siswa lebih sulit daripada mengajar sains. Selain itu, guru harus dapat memberikan teladan yang baik kepada siswanya, agar siswa memiliki karakter yang baik sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku di masyarakat.

3. Melatih siswa

Tugas guru juga melatih siswanya dalam keterampilan dan kemampuan dasar. Jika guru di sekolah umum melatih keterampilan dan kemampuan dasar siswa, maka guru di sekolah kejuruan mengajarkan keterampilan dan kemampuan tambahan.

4. Membimbing dan Mengarahkan Siswa

Peserta didik mungkin mengalami kebingungan atau keraguan dalam proses belajar mengajar. Tugas guru adalah membimbing dan mengarahkan anak didiknya, agar tetap berada pada jalan yang benar, dalam hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan.

5. Mendorong siswa

Point akhir dari pekerjaan seorang guru adalah mendorong siswanya untuk berusaha maju. Bentuk motivasi yang diberikan guru kepada siswanya dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya melalui pemberian hadiah.

Peran guru dalam pendidikan

Guru memegang peranan penting dalam pendidikan. Ketika kita memahami tugas dan tanggung jawab seorang guru, kita memahami apa peran seorang guru bagi murid-muridnya. Peran guru adalah sebagai berikut;
  • Sebagai pengajar, yaitu orang yang mengajarkan ilmu kepada murid-muridnya.
  • Sebagai pendidik, yaitu sebagai orang yang mendidik anak didiknya agar berperilaku sesuai dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat.
  • Sebagai mentor, seorang mentor yang membimbing siswanya untuk tetap berada di jalur yang benar dalam hal tujuan pendidikan mereka.
  • Sebagai motivator, yaitu orang yang memberikan motivasi dan semangat belajar kepada anak didiknya. Sebagai panutan, yaitu. sebagai orang yang memberikan contoh dan teladan yang baik bagi murid-muridnya.
  • Sebagai administrator, orang yang mencatat kemajuan murid-muridnya.
  • Sebagai evaluator, orang yang mengevaluasi pembelajaran siswanya.
  • Sebagai Inspirator, seseorang yang menginspirasi murid-muridnya untuk memiliki cita-cita di masa depan.
Tentunya peran guru masih banyak lagi, tidak hanya sebatas yang kami jabarkan. Selain mengajar sains, guru sering menjadi panutan bagi siswanya.

Kisi-Kisi, Soal & Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP/MTs Semester Genap

Dalam edisi kali ini, gurumapel berikan kepada anda link unduhan kisi - kisi dan soal dari Penilaian Akhir Tahun [PAT]. Adapun untuk link unduhan yang di bagikan sendiri seperti yang admin sampaikan di topik pembukaan yaitu untuk Kisi - Kisi & Soal [IPS] Kelas [7] SMP/MTs Semester 2 Tahun Ajaran  2022/2023.

Untuk link unduhan dari Kisi - Kisi & Soal [IPS] Kelas [7] SMP/MTs Semester 2 Th 2022/2023 sendiri kami selipkan di bawah ini.

1. Download Kisi Soal & Jawaban IPS Kelas 7 SMP/MTs Semester 2 Th 2022/2023
  1. Kisi - Kisi IPS Kelas 7 SMP/MTs Semester 2 πŸ“Unduh
  2. Butir Soal IPS Kelas 7 SMP/MTs Semester 2 πŸ“Unduh
  3. Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP/MTs Semester 2 πŸ“Unduh
2. Download Kisi Soal & Jawaban IPS Kelas 7 SMP/MTs Semester 2 Th 2021/2022
  1. Kisi - Kisi IPS Kelas 7 SMP/MTs Semester 2 πŸ“Unduh
  2. Butir Soal IPS Kelas 7 SMP/MTs Semester 2 πŸ“Unduh
  3. Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP/MTs Semester 2 πŸ“Unduh
Itu tadi Kisi - Kisi & Soal [IPS] Kelas [7] SMP/MTs Semester 2 Th 2022/2023 yang admin berikan link unduhannya untuk anda, silahkan download dan terima kasih banyak atas kunjungannya.

Kontak Kami

Nama Email * Pesan *