Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tehnik Memegang Tombak Lembing & Cara Melakukannya

Lempar lembing (Javelin Throw) adalah olahraga yang menggunakan tongkat runcing guna di lemparkan sejauh mungkin untuk meraih kemenangan. Lempar lembing sendiri berasal dari dua kata yaitu lempar dan lembing. Kata lempar berarti melempar sejauh-jauhnya sedangkan kata lembing adalah nama tongkat runcing atau alat yang digunakan.


Lempar lembing masuk kedalam cabang olahraga Atletik nomer lempar. Dalam pelaksanaannya ada 3 cara memegang tombak atau lembing yaitu cara Amerika, cara Finlandia dan cara memegang menjepit atau biasa disebut pegangan tang.

Cara Memegang Tombak Lembing 

Berikut ini adalah tiga cara untuk memegang tombak lembing dalam olahraga lempar lembing lembing.

1. Cara Amerika

Pegangan Amerika

American Grip atau Pegangan Amerika adalah gaya yang paling mudah, terutama untuk pemula yang baru ingin belajar cara melempar lembing. Selain untuk pemula, masyarakat dan pendidikan juga menggunakan gaya ini untuk memegang tombak karena daya dorong ibu jari dan telunjuk lebih besar.

Tehnik Pegangan:

  • Pertama pegang tombak di belakang lilitan tombak
  • Jari telunjuk meraih ke belakang dengan posisi melingkar di belakang lilitan dan ibu jari menekannya dari sisi lain. 
  • Pada saat yang sama, jari-jari lainnya juga melingkari tubuh tombak dengan longgar

2. Cara Finlandia

Pegangan Finlandia

Gaya memegang tombak di sini mirip dengan gaya Amerika, tetapi jari telunjuk yang lurus harus dijulurkan sedikit ke belakang untuk menggunakan tombak.

Tehnik Pegangan:

  • Pegang tombak di bagian belakang lilitan dengan jari tengah dan ibu jari Anda
  • Jari telunjuk berada di batang tombak, agak condong ke arah normal.
  • Jari-jari lainnya melingkari tubuh tombak dengan longgar.
Secara umum, gaya memegang tombak atau lembing cara Amerika dan Finlandia masih digunakan sampai sekarang karena memiliki daya dorong yang sama kuatnya, hanya teknik pegangannya saja yang berbeda. 

3. Cara Pegangan Menjepit (Tang)

Pegangan Tang

Pegangan menjepit (tang) disebut juga dengan teknik Fork atau V-grip. Cara pegangannya sendiri  dilakukan dengan posisi lembing berada di antara jari telunjuk dan jari tengah membentuk huruf “V”.

Saat tombak dipegang dengan menggunakan teknik Fork atau V-grip, tombak tidak sepenuhnya berada di telapak tangan tetapi berada di dekat pangkal ibu jari.

Tehnik Pegangan:

  • Menjepitkan tombak di antara dua jari tengah dan telunjuk, sementara jari lainnya memegang tombak secara alami.
Demikian pembahasan mengenai tiga teknik memegang lembing dalam lempar lembing yang dapat kita simak. semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung