Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ukuran Berat Peluru dalam Olahraga Tolak Peluru

Tolak peluru atau shot put pertama kali dimainkan pada masa masyarakat Yunani Kuno. Pada saat itu, masyarakat Yunani Kuno memanfaatkan batu sebagai salah satu alat untuk berolahraga, yakni dengan cara melemparkannya. 

Dalam perkembangannya atau lebih tepatnya pada abad pertengahan, sekelompok tentara perang memiliki kebiasaan untuk melemparkan bola meriam. Kebiasaan itu yang pada akhirnya disebut sebagai cikal bakal kelahiran olahraga tolak peluru sampai populer sekarang ini.

Bahan yang digunakan untuk bola peluru sendiri menggunakan material besi atau kuningan. Cabang olahraga tolak peluru mulai dipertandingkan untuk putra pada tahun 1896. Sementara untuk putri baru dipertandingkan pada tahun 1948.

Penilaian olahraga berat peluru berdasarkan jarak lemparan terjauh, semakin jauh lemparan peluru yang di lemparkan oleh seorang atlet maka akan semakin tinggi pula nilainya.

Bentuk Peluru dan Ukuran Berat Peluru

Berikut adalah bentuk dan ukurang peluru tolak peluru :

1. Bentuk Peluru

Peluru yang digunakan dalam olahraga tolak peluru berbentuk bola besi bulat, ataupun kuningan dengan diameter antara 103 hingga 125 milimeter. Ukuran standar peluru untuk atlet putra berdiameter 125 milimeter, sedangkan bagi atlet wanita ukuran pelurunya memiliki diameter kira-kira 103 hingga 105 milimeter.

2. Berat Peluru

Berdasarkan ketentuan yang sudah di tetapkan oleh IAAF selaku induk organisasi atletik dunia, berat peluru terbagi atas 4 kategori yaitu untuk putra senior, putri senior, putra junior dan putri junior. 

Berikut adalah berat peluru untuk masing - masing kategori :

  • Berat peluru senior putra : 7,26 Kg (setara 16 pon)
  • Berat peluru senior putri : 4 Kg (setara 8,8 pon)
  • Berat peluru junior putra : 5 Kg
  • Berat peluru junior putri : 3 Kg
Berikut adalah tabel berat peluru berdasarkan masing - masing kategori :

No Kategori Usia (Tahun) Berat Peluru (Kg)
1 Berat Peluru Senior Putra > 20 Tahun 7,26 Kg
2 Berat Peluru Senior Putri > 20 Tahun 4 Kg
3 Berat Peluru Junior Putra < 20 Tahun 5 Kg
4 Berat Peluru Junior Putri < 20 Tahun 3 Kg
Demikian pembahasan ukuran berat peluru berdasarkan masing - masing kategori kategori kelompok usia. Semoga bisa menambah pengetahuan anda.

Jangan lupa kunjungi tulisan - tulisan kami yang lainnya.
A'ata, S.Pd
A'ata, S.Pd Guru Penjaskes SMPN 2 Sukagumiwang

Posting Komentar untuk "Ukuran Berat Peluru dalam Olahraga Tolak Peluru"

Kontak Kami

Nama Email * Pesan *