Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Administrasi Pertandingan, Organisasi Pertandingan Dan Sistem Pertandingan Olahraga

Dalam setiap pelaksanan  kejuaraan olahraga misalnya tournament bola voli, sepakbola, bulutangkis maupun yang lainnya, pastinya sebelum kejuaraan itu di laksanakan terlebih dahulu melalui proses tahap persiapan dan perencanaan yang matang supaya kejuararaan bisa berjalan dengan sukses.

Dalam pembahasan kali ini kami akan coba menguraikan tentang administrasi pertandingan olahraga secara lengkap yaitu tentang Pengertian Organisasi, Ciri-ciri OrganisasiBentuk-bentuk Organisasi, Pengertian Pertandingan,  Jenis-jenis Pertandingan,  Bentuk-bentuk Pertandingan,  Pengertian Perlombaan,  dan Jenis-jenis Perlombaan. berikut uraiaan lengkapnya.


A. ADMINISTRASI PERTANDINGAN

Administrasi pertandingan adalah tahapan persiapan awal sebelum melaksanakan suatu kejuaraan atau pertandingan. Administrasi pertandingan sangat penting di laksanakan supaya kejuaraan yang di laksanakan nanti bisa berjalan lancar dan sukses. dengan melaksanakan administrasi sebelum pertandingan ini, kita bisa merinci berapa besaran hadiah untuk kejuaran, mencari sponsor pertandingan ataupun kita juga bisa menentukan format / sistem apa yang akan kita pakai nanti dalam kejuaraan.

B. ORGANISASI PERTANDINGAN OLAHRAGA

Dalam organisasi pertandingan olahraga kami akan coba menguraikan tentang:
  1. Pengertian Organisasi
  2. Ciri-ciri Organisasi
  3. Bentuk-bentuk Organisasi
  4. Pengertian Pertandingan
  5. Jenis-jenis Pertandingan
  6. Bentuk-bentuk Pertandingan
  7. Pengertian Perlombaan
  8. Jenis-jenis Perlombaan
 untuk lebih jelasnya berikut uriannya;

1.  Pengertian Organisasi

Organisasi adalah  suatu wadah yang di dalamnya terdiri dari orang - orang, sarana, biaya dan tujuan yang terorganisir dengan baik untuk mencapai suatu tujuan bersama. Di dalam buku Fungsi Administrasi Negara dinyatakan bahwa  yang di maksud dengan organisasi adalah gabungan alat-alat yang disusun dalam hubungan kerja sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Demikian juga halnya di dalam buku Filsafat Administrasi dinyatakan bahwa  organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja sama secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam suatu ikatan dimana terdapat seseorang atau beberapa orang yang disebut atasan dan beberapa orang yang disebut bawahan.
Sedangkan menurut Kamus Administrasi yang disebut organisasi adalah suatu system usaha kerjasama dari sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama. Begitu juga di dalam buku Dasar-dasar Management yang di kutip oleh Soekarno K. dari pendapat James D Mooney,  organisasi adalah setiap bentuk perserikatan manusia untuk mencapai suatu maksud tetentu.
Dari definisi yang dikemukakan oleh Sondang P Siagian, bahwa unsur-unsur unsur yang membentuk organisasi terdiri dari:
  1. Bentuk persekutuan 
  2. Adanya orang-orang yang terlibat 
  3. Adanya kerja sama 
  4. Adanya ikatan 
  5. Adanya tujuan 
  6. Adanya pimpinan 
  7. Adanya bawahan

2.
     Ciri - Ciri Organisasi

Sebuah organisasi pada dasarnya memiliki ciri-ciri umum, baik itu untuk suatu organisasi kedinasan, pendidikan, maupun organisasi kemasyarakatan.
Adapun ciri- ciri organisasi secara umum adalah:
  • Adanya tujuan yang jelas yang ingin dicapai oleh suatu organisasi yang didirikan
  • Adanya kesatuan arah 
  • Adanya ketaatan perintah 
  • Adanya keseimbangan wewenang dan tanggung jawab 
  • Adanya pembagian tugas yang jelas 
  • Adanya struktur organisasi 
  • Adanya jaminan kerja yang mengatur hak dan wewenang seseorang 
  • Adanya kesesuaian imbalan atas pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang.

3.
     Bentuk - Bentuk Organisasi

Pada prinsipnya ada empat macam bentuk organisasi yang mengacu pada tugas dan fungsi, yaitu:
  • Organisasi Lini
Pada organisasi ini, pimpinan organisasi dipandang sebagai sumber kekuasaan tunggal, sehingga segala keputusan dan kebijakan tangung jawabnya berada pada satu tangan.
  • Organisasi Staf
Sebuah organisasi dimana seorang pimpinannya dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya mendapatkan bantuan dari sejumlah staf yang diperlukan oleh organisasi tersebut.
  • Organisasi Fungsional
Sebuah bentuk organisasi dimana bawahan mendapat tugas atau perintah dari beberapa penjabat yang masing-masing mempunyai keakhlian tertentu dan bertanggung jawab penuh atas bidangnya.
  • Organisasi Kepanitiaan
Bentuk organisasi dimana pimpinan terdiri dari beberapa orang dan segala keputusan maupun kebijakan diambil dalam suatu forum dan menjadi tanggung jawab bersama. 

Sedangkan Liang Gie memiliki pandangan yang berbeda dengan menetapkan beberapa perbedaan sebagai berikut: 
  • Organisasi Bentuk Tunggal, yaitu sebuah bentuk organisasi  yang pimpinannya dipegang oleh satu orang pimpinan secara sendiri. 
  • Organisasi Dewan (bentuk komisi), yaitu sebuah bentuk organisasi yang pimpinanya dipegang oleh lebih dari satu orang. 

4.
     Pengertian Pertandingan

Yang di maksud dengan pertandingan adalah salah satu bentuk kegiatan yang merupakan suatu ajang kompetisi atau persaingan untuk mencari pemenang atau juara dengan saling mengalahkan lawan yang dihadapinya

5.     Jenis - Jenis Pertandingan

Menurut jenisnya pertandingan dibedakan menjadi dua, yaitu: 
  1. Pertandingan Langsung,  yaitu bila tiap orang yang terlibat dalam permainan itu dan tidak dibatasi oleh ruang lingkup gerak. Seluruh area yang ditentukan untuk suatu bentuk permainan dapat digunakan oleh lawan atau oleh anggota yang telibat dalam permainan tersebut. 
  2. Pertandingan Tidak Langsung,  yaitu bila tiap pemain atau tim telah mempunyai arena sendiri yang satu dengan yang lainnya dibatasi atau dipisahkan oleh suatu benda, yang pada umumnya adalah sebuah net.

6.    Bentuk - Bentuk Pertandingan

Bentuk - bentuk pertandingan dapat di golongkan menjadi beberapa jenis, yaitu: 
  1. Bentuk pertandingan sederhana, yaitu bentuk pertandingan yang biasa dan umum dilakukan oleh dua orang atau lebih yang tujuannya tidak memperebutkan atau menentukan pemenang. Pertandingan ini hanya berbentuk suatu pertandingan pengisi luang
  2. Bentuk Pertandingan Cabang Olahraga, yaitu bentuk pertandingan yang dapat dilakukan oleh suatu cabang olahaga tertentu. Cirinya yaitu hanya mempertandingkan cabang olahraga tertentu dengan tujuan untuk mendapatkan juara dari cabang olahraga yang dipertandingkannya. 
  3. Bentuk Pertandingan Beberapa Cabang Olahraga, yaitu bentuk pertandingan yang didalamnya dipertandingkan beberapa cabang olahraga misalnya Olympiade, Asian Games PON, Sea Games, dll.

7.
     Pengertian Perlombaan

Perlombaan adalah suatu bentuk kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh kemenangan dimana masing-masing orang terlibat dalam perlombaan itu berusaha untuk lebih unggul dengan caara mengatasi waktu, jarak, beban dan penguasaan gerak atau tata cara gerak tertentu dengan sebaik mungkin.

8.
     Jenis - Jenis Perlombaan

Perlombaan menurut jenisnya terdiri atas beberapa bentuk. Yang umum digunakan adalah Perlombaan berdasarkan jenisnya dapat dikatagorikan menjadi:
  • Berlomba untuk mencapai waktu tertentu terhadap jarak yang tertentu pula. Contohnya, lari, renang, balap sepeda, dan beberapa cabang olahraga yang memiliki ciri-ciri capaian waktu terbaik. 
  • Berlomba untuk mencapai kejauhan jarak tertentu. Contoh: lompat jauh, lempar lembing, tolak peluru, dan beberapa cabang olahraga yang menjadikan jarak sebagai capaian prestasinya. 
  • Berlomba untuk mencapai ketinggian tertentu. Contoh: lompat tinggi, lompat tinggi galah dan beberapa cabang olahraga yang menjadikan ketinggian sebagai indakator prestasi tertinggi. 
  • Berlomba untuk mempertahankan penguasaan terhadap ketangkasan gerak atau keterampilan tertentu. Contoh: senam, dan loncat indah 
  • Berlomba untuk mengatasi beban. Contoh: angkat besi, angkat berat.

Rangkuman

Organisasi adalah: suatu wadah yang di dalamnya terdiri dari orang orang, sarana, biaya dan tujuan yang terorganisir dengan baik untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan unsur - unsur yang membentuk organisasi terdiri dari: bentuk persekutuanadanya orang - orang yang terlibat,  adanya kerja sama, adanya ikatan, adanya tujuan, adanya pimpinandan adanya bawahan.
Sebuah organisasi pada dasarnya memiliki cirri-ciri umum, baik itu untuk suatu organisasi kedinasan, pendidikan, maupun organisasi kemasyarakatan. Dan juga organisasi mempunyai bentuk berdasarkan tugas dan fungsinya.
Pertandingan dan Perlombaan adalah dua hal yang berbeda. Pertandingan adalah salah satu bentuk kegiatan yang merupakan suatu ajang kompetisi atau persaingan untuk memperoleh kemenangan atau juara dengan saling mengalahkan lawan yang dihadapinya (pasti ada lawan secara langsung yang dihadapi) misalnya dalam bidang olahraga, pendidikan, kesenian, dan bidang-bidang lainnya.
Sedangkan perlombaan adalah suatu bentuk kegiatan yang dilakukan untuk kemenangan dimana masing-masing orang terlibat dalam perlombaan itu berusaha untuk lebih unggul dengan cara mengatasi waktu, jarak, beban dan penguasaan gerak atau tata cara gerak tertentu dengan sebaik mungkin.

A'ata, S.Pd
A'ata, S.Pd Guru Penjaskes SMPN 2 Sukagumiwang

Kontak Kami

Nama Email * Pesan *