Istilah Dan Jenis - Jenis Latihan Kebugaran Jasmani Beserta Penjelasannya

Dalam dunia olahraga tentu kita sering mendengar istilah - istilah dan jenis latihan olahraga seperti push up, sit up, pull up, squat jump, speed, power, endurance, fartlex, vo2max dan lain sebagainya. Mungkin anda pernah bertanya tanya apa sih arti dari yang di sebutkan diatas.

Nah, untuk menjawab aneka pertanyaan diatas, sengaja kali ini admin gurumapel.com akan coba membagikan istilah - istilah yang di pakai dalam dumia olahraga khususnya yang menyangkut dengan kebugaran jasmani.

Penasaran? langsung saja anda simak uraian dan penjelasannya di bawah ini, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda!


Jenis - Jenis Latihan Beserta Istilah - Istilah Dalam Kebugaran Jasmani:
  1. Kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas sehari tanpa mengalami kelelahan yang berarti atau berlebihan, sehingga tubuh masih bisa melakukan aktivitas serupa di keesokan harinya
  2. Kekuatan (strenght) adalah kemampuan dalam mempergunakan otot untuk menerima beban sewaktu bekerja. Contoh latihannya di antaranya squat jump, push up, sit up, angkat beban, back up, dll
  3. Daya tahan (Endurance) adalah kemampuan seseorang dalam mempergunakan sistem jantung, paru-paru, dan peredaran darahnya secara efektif dan efisien untuk menjalankan kerja secara terus menerus. Contoh latihan untuk daya tahan yaitu lari 2,4 km. lari 12 menit. lari multi stage. lari naik turun bukit, dll
  4. Daya otot (Muscular Power) adalah kemampuan seseorang dalam mempergunakan kekuatan maksimum yang dikerahkan dalam waktu sependek-pendeknya. Contoh latihannya yaitu vertical jump, front jump, side jump, dll
  5. Kecepatan (speed) adalah kemampuan seseorang untuk melakukan gerakan berkesinambungan dalam bentuk yang sama dalam waktu sesingkat-singkatnya.
  6. Daya lentur (Flexibility) adalah efektifitas seseorang dalam menyesuaikan diri untuk segala aktifitas dengan penguluran tubuh yang luas. Contoh latihannya upperr Body Flexibility Exercisesm
  7. Kelincahan (Agility) yaitu kemampuan seseorang dalam menyesuaikan diri dengan posisi-posisi tubuh seperti dari depan ke belakang, atau dari kiri ke kanan. Salah satu contoh olahraga yang mengandalkan kelincahan adalah bulu tangkis, dan sepak bola.
  8. Koordinasi (Coordination) adalah kemampuan seseorang dalam mengintegrasikan gerakan tubuh berbeda ke dalam satu gerakan yang efektif. Kemampuan koordinasi tubuh dapat dilatih dengan cara memantulkan bola pada tembok dengan tangan kanan dan menangkapnya kembali menggunakan tangan kiri.
  9. Keseimbangan (Balance) adalah kemampuan untuk mengendalikan organ dan syaraf otot sehingga dapat mengendalikan gerakan tubuh dengan baik. Salah satu cabang olahraga yang mengandalkan kemampuan keseimbangan adalah senam dan loncat indah.
  10. Ketepatan (Accuracy) adalah kemampuan dalam mengendalikan gerakan sesuai dengan sasaran. Sepak bola bowling, dan memanah merupakan cabang permainan olahraga yang mengandalkan ketepatan.
  11. Reaksi (Reaction) adalah kemampuan seseorang dalam menanggapi rangsangan atau stimulus yang diberikan orang lain. Bentuk latihan kebugaran jasmani untuk melatih ketepatan reaksi adalah lempar tangkap bola
  12. Push Up yaitu Jenis latihan olahraga untuk menguatkan otot lengan atau tangan. Latihan ini di lakukan dengan posisi tubuh tengkurap dengan bertumpu pada tangan dan kaki.
  13. Sit Up adalah Jenis latihan olahraga untuk menguatkan otot perut. Latihan ini di lakukan dengan posisi awal tidur terlentang yang di lanjutkan dengan menekuk badan ke depan atas secara berulang - ulang.
  14. Squat Jump yaitu jenis latihan untuk melatih otot tungkai/kaki. Dilakukan dengan cara loncat dan menekuk tungkai kaki secara bergantian.
  15. Back Up yaitu jenis latihan untuk melatih otot punggung. Di lakukan dengan posisi awal tidur tengkurap yang di lanjutkan dengan mengangkat tubuh setengah badan keatas secara berulang
  16. Pull Up yaitu jenis latihan untuk memperkuat otot lengan. Dilakukan dengan cara tangan bergelantungan di tiang palang penyangga yang di lanjutkan dengan mengangkat tubuh keatas melewati tiang penyangga.
  17. Zig – Zag Run yaitu latihan lari belak – belok
  18. Fartlex atau speed play adalah suatu sistem pelatihan endurance, yang maksudnya adalah untuk membangun, mengembalikan, atau memelihara kondisi tubuh seseorang (Harsono, 1988: 155).  Fartlek sebaiknya dilakukan di alam terbuka dimana ada bukit-bukit, semak belukar, selokan untuk dilompati, dan sebagainya. Fartlek biasanya dimulai dengan lari lambat-lambat yang kemudian di variasi dengan sprint-sprint pendek yang intensif dan dengan lari jarak menengah dengan kecepatan yang konstan yang cukup tinggi, kemudian diselingi dengan jogging dan sprint lagi, dan sebagainya, metode ini sebaiknya dilakukan pada persiapan, masa jauh sebelum pertandingan. Fartlek adalah kerja pada tingkat aerobik, yaitu dimana pemasukan (supply) oksigen yang masih cukup untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan yang dilakukan oleh otot.
  19. Interval Trainning adalah suatu sistem atau metode latihan yang diselingi oleh interval-interval yang berupa masa-masa istirahat (Harsono, 1988: 157).
  20. Circuit training adalah latihan kombinasi dari semua unsur latihan fisik yang di buat dalam bentuk pos – pos atau circuit. Latihan-latihannya dapat berupa lari naik-turun tangga, melempar bola, shuttle run, berbagai bentuk weight training, dan sebagainya.

Itulah jenis dalam latihan kebugaran jasmani dalam dunia olahraga, semoga bisa membantu wawasan anda tentang Olahraga