Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal - Hal Yang Harus Di Perhatikan Guru Sebagai Pendidik

Guru adalah seorang pendidik, yang menjadi tokoh, panutan dan juga identifikasi bagi para siswa (peserta didik) dan lingkungannya. Oleh sebab itu seorang guru haruslah memiliki standar kualitas tertentu yang mencakup tanggung jawab, mandiri, wibawa dan juga disiplin.

Seorang guru tidak boleh hanya tahu tentang materi yang akan di ajarkannya, tetapi juga harus memiliki kepribadiaan yang kuat yang akan menjadikannya sebagai panutan bagi para siswanya.

Peran dan tugas guru bukan hanya menjejali anak dengan semua ilmu pengetahuan (transfer of knowledge), dan menjadikan anak  atau siswa tahu segala hal. Tetapi juga guru harus dapat berperan sebagai pentransfer nilai - nilai (transfer of values).


Hal - hal yang harus di perhatikan seorang guru sebagai seorang pendidik, yaitu sebagai berikut:
  1. Guru harus dapat menempatkan dirinya sebagai teladan bagi siswanya.
    Teladan disini bukan berarti bahwa seorang guru harus menjadi manusia sempurna yang tak pernah salah, melainkan sorang guru harus berusaha menghindari perbuatan tercela yang akan menjatuhkan harga dirinya
  2. Guru harus mengenal siswanya.
    Seorang guru di tuntut untuk bisa mengenal dan mengetahui setiap siswanya, baik itu sifat, bakat, dan minat dari peserta didiknya. Karena setiap siswa itu memiliki karakter dan kepribadian yang berbeda - beda.
  3. Guru harus mengetahui metode - metode penanaman nilai dan bagaimana menggunakan metode tersebut sehinga berlangsung dengan efektif dan efisien.
  4. Guru harus memiliki pengetahuan yang luas tentang tujuan pendidikan Indonesia pada umumnya, sehingga akan memudahkan memberikan arah dalam melakukan bimbingan kepada siswa.
  5. Guru harus memiliki pengetahuan yang luas tentang materi yang di ajarkan.
    Guru harus selalu belajar untuk menambah pengetahuannya, baik pengetahuan tentang materi - materi ajar maupun peningkatan ketrampilan mengajarnya agar lebih profesional.

Itulah hal - hal pokok yang harus di perhatikan seorang guru sebagai seorang pendidik, semoga pembahasan yang kami sugukan bisa bermanfaat untuk anda. Terima kasih telah mampir berkunjung.