Istilah - Istilah Dalam Tenis Meja Dan Penjelasannya

Salam olahraga kawan, tetap semangat dalam mengejar keringat. dalam pembahasan kali ini saya akan coba menguraikan tentang istilah - istilah yang sering di gunakan dalam permainan tenis meja, baik itu oleh pemain, pelatih maupun wasit.

Pada dasarnya setiap cabang olahraga terdapat istilah - istilah asing yang mungkin kurang kita pahami. Oleh karenanya untuk anda para pecinta tenis meja harus tau dan memahami benar istilah - istilah asing ini supaya kita tidak kebingungan saat memainkannya.

Ok, tak perlu lama - lama langsung saja simak berikut ini uraiannya:


Istilah dalam tenis meja:
  1. Antispin : Lembaran karet inverted yang sangat licin, sehingga spin tidak terjadi. Antispin biasanya dilapisi dengan spon mati/gundul dan sering digunakan untuk pukulan bertahan. antispin dikenal juga dengan anti.
  2. bet : alat pemukul dalam permainan ping pong 
  3. blade : bet, biasanya tanpa menggunakan pelapis
  4. blok : tehnik pukulan untuk bertahan, di mana posisi bet dalam keadaan tertutup. efektif untuk  mengembalikan bola top spin.
  5. close racket : posisi bet dimana bagian untuk memukul diarahkan kebawah
  6. chop : tehnik pukulan dengan cara memukul bola dari bagian atas kebawah (seperti menebas pohon pisang)
  7. crossout : Bola yang dipukul secara diagonal dari sudut ke sudut lainnya (menyilang).
  8. crossover : tipe footwork untuk menjaga sisi forehand yang terjauh (tmk: bergerak melangkah dari sisi kiri ke sisi kanan jauh meja, dalam rangka menempatkan diri untuk memukul bola)
  9. dead : bola tanpa spin (mati)
  10. deep : 1. bola yang memantul di sisi meja lawan yang sangat dekat dengan garis akhir (endline); 2. serve atau push yang tidak akan memantul dua kali pada sisi meja lawan bila dibiarkan
  11. double bounce : bola yang memantul dua kali pada sisi meja yang sama. Pemain di sisi meja tersebut akan kehilangan poin.
  12. down the line : bola yang dipukul lurus pada satu sisi meja, paralel dengan garis pinggir (lurus).
  13. Drive : Drive adalah teknik pukulan yang dilakukan dengan gerakan bet dari bawah serong ke atas. Drive dapat digunakan sebagai serangan atau dapat juga kita control sesuai keinginan. Drive biasa disebut lift, merupakan dasar dan induk dari berbagai jenis pukulan serangan
  14. drop shot : pukulan tenis meja dengan menempatkan bola sependek mungkin ke dalam meja lawan sehingga lawan tiba-tiba mengalami kesulitan untuk menggapainya. (tehnik: dropshot biasa digunakan melawan pemain chop yang sedang asik berada jauh dari meja)
  15. flat : bola yang tidak memiliki spin, biasanya bergerak dengan cepat. (tmk: bola yang bergerak datar; lintasan kurva datar/rata/tidak melengkung)
  16. flip : pengembalian bola secara agresif yang mendarat dekat net dilakukan secara topspin (tmk: menyerang serve pendek)
  17. Flick : Pukulan serangan terhadap bola rendah di sekitar net, dilakukan dengan mempergunakan kelenturan serta kekuatan pergelangan tangan dibarengi kecepatan menjatuhkan atau menempatkan bola. Bolanya termasuk bola polos.
  18. footwork : bagaimana cara pemain bergerak/melangkah sebelum melakukan pukulan
  19. free hand : tangan yang tidak memegang bet (tangan yang bebas)
  20. Half volley : Disebut juga pukulan serangan kilat. Bola yang dihasilkan half volley merupakan bola polos.
  21. Hit : pukulan dengan tenaga sedang di bagian forehand. Tenaganya tidak melebihi smash. Bola yang dihasilkan hit merupakan bola polos. Sering digunakan sebagai pengganti smash dan merupakan yang paling sesuai
  22. serve high toss : serve dimana bola dilambungkan tinggi ke udara. Ini meningkatkan spin dan gerakan menipu
  23. inverted : merupakan pelapis bet yang paling umum yang terdiri atas selembar karet berbintik-bintik kedalam di bagian atas lapisan spons. Bintik-bintiknya mengarah ke dalam, ke arah spons, sehingga permukaan licin berada di luar. Ini merupakan kebalikan dari spons pips-out, dimana bintik-bintiknya mengarah keluar, berlawan arah dengan spons.
  24. ITTF : International Tabel Tennis Federation.
  25. let : bila permainan diinterupsi oleh wasit karena alasan apa saja saat terjadi rally. Ketika let diberlakukan, poin tidak dihitung pada kedua pemain. (lihat, Aturan Tenis Meja)
  26. let services : salah satu let dimana bola mengenai net dan mengenai bagian meja lawan
  27. loaded : bola dengan kadar spin yang banyak (berisi)
  28. lobbing : tehnik melambungkan bola kebalakang, merupakan taktik untuk permainan jarak jauh dan menengah dalam tehnik bertahan
  29. Loop : Membentuk bola yang berputaran atas ( topspin ) yang membentuk kurva, disebut juga penarik bola
  30. Pen holder grip : tehnik memegang bet seperti memegang tangkai pena.
  31. Push : tehnik memukul dengan mendorong bet kedepan di mana posisi bet dalam keadaan terbuka
  32. service : tehnik memukul bola pertama untuk memulai permainan.
  33. Shakehand grip : tehnik memegang bet seperti berjabat tangan 
  34. smash : tehnik memukul bola dari atas dengan keras untuk mematikan lawan
  35. spin : bola hasil pukulan yang memutar.
  36. stroke : tehnik pukulan

Itulah istilah - istilah dalam tenis meja yang dapat kami uraikan. semoga bermanfaat untuk anda semua.

Bagikan postingan ini di medsos anda jika postingan ini bermanfaat untuk anda, dan nantikan postingan - postingan lainnya dari kami gurumapel.com