Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Niat Puasa Dzulhijjah 10 Hari Pertama Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Niat Puasa Dzulhijjah. Niat berpuasa sunnah pada bulan Dzulhijjah dianjurkan pada 10 hari pertama, yakni dari tanggal 1 sampai 9 Dzulhijjah (9 hari) karena pada tanggal 10 Dzulhijjah adalah Hari Raya Idul Adha (Hari Tasyrik). Namun, yang lebih utama adalah berpuasa pada tanggal 8 Dzulhijjah yang disebut puasa Tarwiyah dan tanggal 9 Dzulhijjah yang biasa disebut puasa Arafah.

Niat berpuasa sunnah pada bulan Dzulhijjah dapat dilakukan pada malam atau siang hari sebelum masuk waktu Dzuhur, namun lafadz bacaannya berbeda dan akan dijelaskan secara lengkap di halaman ini.



1. Niat berpuasa sunnah pada tanggal 1-7 Dzulhijjah

Adapun untuk lafadz bacaan niatnya secara lengkap adalah sebagai berikut :

Niat Puasa Sunah Tanggal 1 - 7 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِي الْحِجَّةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى 

NAWAITU SHAUMA SYAHRI DHILHIJJATI SUNNATAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya : "Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala"

Niat Puasa Tarwiyah Tanggal 8 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ التَّرْوِيَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى 

NAWAITU SHAUMAT TARWIYATA SUNNATAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya : "Saya niat puasa sunnah tarwiyah karena Allah Ta'ala"

Niat Puasa Arafah Tanggal 9 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى 

NAWAITU SHAUMA 'AROFATA SUNNATAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya : "Saya niat puasa sunnah arafah karena Allah Ta'ala"

2. Keutamaan Puasa Dzulhijjah

Meningkatkan pahala adalah salah satu Keutamaan puasa sunah Dzulhijjah. Pahala ibadah selama 10 hari pertama bulan Dzulhijjah diberikan berlipat-lipat dari ibadah pada bulan lainnya.

Rasulullah bersabda, "Tidak ada hari yang lebih dicintai Allah untuk beribadah selain 10 hari pertama bulan Dzulhijjah, satu hari berpuasa di dalamnya sama dengan satu tahun berpuasa, satu malam melaksanakan salat malam sama dengan salat pada malam Lailatul Qadar." (HR At-Trmidzi)

Keutamaan lainnya adalah penghapusan dosa. Berpuasa pada tanggal 9 Dzulhijjah (hari Arafah) dapat menghapus dosa selama dua tahun. Rasulullah SAW pernah bersabda, yang artinya, "Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu." (HR Muslim)

Menurut mayoritas ulama, dosa-dosa yang dihapuskan puasa Arafah adalah dosa kecil (An-Nawawi, Syarah Muslim, juz 3, h. 113). Hari pembebasan dari siksa neraka juga termasuk dalam Keutamaan puasa sunah tersebut. Disebutkan bahwa hari Arafah adalah hari di mana Allah lebih banyak membebaskan hamba-Nya dari api neraka daripada hari-hari lainnya.

3. Amalan di Bulan Dzulhijjah

Gambaran tentang pembebasan dari siksa neraka merujuk pada sabda Nabi, Rasulullah SAW yang berarti, "Tidak ada hari di mana Allah membebaskan hamba dari api neraka lebih banyak daripada Hari Arafah, dan Dia mendekat kepada mereka dan membanggakan mereka di hadapan para malaikat dan bertanya, 'Apa yang mereka inginkan?'" (HR Muslim)

Selain puasa, seperti yang dikutip dari muslim.or.id, amalan lain yang dianjurkan selama bulan Dzulhijjah adalah dzikir. Lebih diutamakan untuk berdzikir di 10 hari pertama bulan ini dengan membaca takbir, tahlil, dan tahmid yang lebih banyak.

Ibadah lainnya meliputi membaca Al-Quran, sedekah, dan kurban. Allah SWT berfirman, yang artinya, "Maka lakukanlah shalat untuk Tuhanmu dan berkurbanlah!" (QS. Al-Kautsar: 2)

"Siapa yang shalat seperti shalat kita, dan berkurban seperti kurban kita, maka ia telah melaksanakan kurban dengan benar. Dan siapa yang menyembelih kurban sebelum shalat Iduladha, maka kurban tersebut tidak sah." (HR. Al Bukhari)

Ibadah lain yang terkait dengan bulan Dzulhijjah adalah menunaikan ibadah haji.

Itulah Bacaan Niat Puasa Dzhulhijjah, Puasa Sunnah Tarwiyah, dan Puasa Arofah yang sebaiknya kita hafal dan praktikkan. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, "Tidak ada hari yang lebih dicintai Allah untuk melakukan amal baik daripada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah." 

Para sahabat bertanya, "Bahkan tidak lebih baik daripada berjihad di jalan Allah?" Nabi menjawab, "Tidak, kecuali bagi orang yang pergi berjihad dengan jiwanya dan harta benda, dan tidak kembali dengan apa-apa." (HR. Bukhari)

Terima kasih, Semoga informasi tentang bacaan Niat Puasa Dzulhijjah 10 Hari Pertama Lengkap Arab, Latin dan Artinya bermanfaat.