Manfaat Lari Malam Untuk Kesehatan

Apakah Anda tidak sempat melakukan olahraga di pagi hari karena aktivitas yang harus dijalani? Olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap sehat. Apabila Anda tidak sempat untuk melakukan olahraga pada pagi hari, Anda kini dapat mencoba beralih untuk melakukan aktivitas olahraga di malam hari. Salah satu olahraga yang dapat Anda lakukan di malam hari adalah lari kecil atau jogging.
Lari malam saat ini sedang ngehits untuk dilakukan setelah pulang beraktivitas. Selain tidak mengganggu aktivitas pagi hari seperti sekolah, bekerja dsb, lari malam juga konon juga dapat membantu meningkatkan sistem imunitas agar daya tahan tubuh tetap prima.


Lari malam sangat berguna untuk seseorang yang ingin menjaga kebugaran tubuh namun tidak ingin menggangu aktivitas sehari-hari seperti sekolah maupun bekerja. Berbeda lari pagi yang harus berkejar dengan waktu, lari malam dapat Anda lakukan di malam hari ketika Anda selo setelah melakukan aktivitas seharian.

Hal yang perlu diperhatikan

Meskipun lari malam dirasa cukup efesien, namun Anda perlu memperhatikan beberapa hal sbb sebelum melakukan lari malam
  • Jangan terlalu berlebihan
  • Kenali kapasitas tubuh
  • Disarankan untuk tidak makan sebelum olahraga
  • Silahkan uji coba terlebih dahulu
Manfaat Lari Malam

Berikut merupakan manfaat lari malam, antara lain sbb:

1. Membantu membentuk otot
Lari malam dapat membuat membantu membentuk dan membangun otot agar lebih baik. Hal ini karena lari di malam hari dipercaya dapat mengeluarkan hormone pembentuk tubuh lebih banyak pada saat pagi maupun siang hari.
2. Relaksasi otak
Lari di malam hari dapat membantu otak agar lebih rileks setelah padatnya aktivitas yang dijalani selama seharian. Selain itu, lari malam juga dapat membantu mengurangi stress dan tekanan yang ada di dalam pikiran kita. Tertarik untuk mencoba?
3. Membantu membakar kalori
Meskipun kalori diperlukan untuk tubuh, namun apabila kebanyakan kalori hal itu dapat dipercaya memicu kegemukan. Lari di malam hari dapat membantu Anda untuk  membakar kalori tubuh dari sisa makanan yang kita konsumsi.
4. Membantu mengurangi resiko cedera
Loh, kok bisa? Tentu saja bisa. Bagi Anda yang melakukan lari pagi dengan tergesa-gesa, hal ini bisa saja menimbulkan cedera pada persendian tubuh karena ketidaksiapan otot untuk aktivitas yang berat. Apabila Anda melakukan lari malam setelah selo, maka resiko cedera pun dapat berkurang.
5. Tidur yang lebih lelap
Bagi Anda yang memiliki aktivitas yang berat di siang hari, lari malam barangkali dapat menjadi solusi bagi Anda untuk tidur yang lebih lelap. Bagi orang yang telah terbiasa melakukan lari malam secara rutin maka kualitas tidurnya akan meningkat dan membuat tubuh terasa bugar di pagi hari. Hal ini sesuai dengan penelitian dari National Sleep Foundation terhadap 83 orang yang menunjukkan hasil bahwa bagi mereka yang melakukan olahraga di malam akan merasa siap di pagi harinya. Akan tetapi, disarankan bagi Anda untuk berdiam diri selama 1 jam setelah olahraga malam karena suhu tubuh akan meningkat setelah berolahraga.
6. Membuat terlihat awet muda
Manfaat lain dari aktivitas lari malam ini adalah membuat seseorang terlihat lebih awet muda dan wajah terlihat lebih fresh. Wow! Wajah yang terlihat fresh dan awet muda tentunya dapat menjadikan daya tarik sendiri bagi seseorang.
7. Membantu mencegah berbagai macam penyakit
Layaknya olahraga pada umumnya, lari malam dapat membantu kita untuk menjaga kesehatan, meningkatkan daya tahan tubuh serta menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit seperti diabetes, serangan jantung, darah tinggi dsb.
8. Membantu membuat paru-paru agar dalam kondisi prima
Lari malam juga  dapat bermanfaat untuk membuat paru-paru dalam keadaan prima. Menurut sebuah penelitian, kondisi paru-paru yang paling maksimal dipercaya pada pukul 4-5 sore. Sehingga, olahraga seperti lari malam dapat meningkatkan kapasitas paru-paru seseorang.
9. Membantu memompa jantung dengan baik
Manfaat selanjutnya yang dapat didapatkan dari lari malam adalah membantu memompa jantung dengan baik. Apabila jantung terpompa dengan baik maka fungsi dan sistem jantung sebagai organ vital dapat berjalan dengan baik. Selain itu, apabila jantung terpompa dengan baik maka plak dalam pembuluh darah juga dapat terkurangi sehingga jantung dapat berfungsi dengan baik.
10. Detoksifikasi
Lari malam juga dapat membantu detoksifikasi atau proses penghilangan racun (toksin) dalam tubuh setelah melakukan aktivitas seharian. Racun yang masuk ke dalam tubuh bisa jadi melalui debu, asap, makanan tidak sehat yang kita konsumsi maupun udara AC seharian. Dengan demikian, lari malam merupakan olahraga yang tepat untuk mengeluarkan racun di malam hari sehingga tidur pun kan menjadi pulas.
11. Membantu mengurangi berat badan
Bagi Anda yang sedang dalam proses penurunan berat badan, lari malam merupakan sala satu cara yang tepat untuk mewujudkan keinginan Anda. Olahraga seperti lari malam dapat membantu membakar kelebihan lemak dalam tubuh sehingga berat badan menjadi semakin berkurang.
12. Membantu menanggulanggi gangguan tidur
Gangguan tidur dapat disebabkan oleh adanya ganguan pikiran yang menumpuk, stress maupun kurang rileksnya tubuh. seperti yang telah yang dijelaskan sebelumnya, lari malam dapat membuat Anda untuk mengurangi stress maupun ketegangan dalam tubuh sehingga dapat membuat tidur lebih pulas.
13. Membantu meningkatkan daya gerak otot
Manfaat lain dari lari malam adalah membantu meningkatkan daya otot tubuh. ketika seseorang berlari di malam hari, sistem sensor tubuhnya kan bekerja dan meraskan jalanan atau tempat berlar sehingga akan merangsang penigkatan ketajaman sensor-sensor yang ada di dalam tubuh.
14. Membantu membuat keadaan psikologis yang lebih baik
Lari malam dipercaya dapat membaut keadaan psikologis seseorang menjadi leih baik. Hal ini sesuai dengan the Australian.com yang membuktikan bahwa olahraga malam seperti lari dapat menigkatkan perasaan bahagia seseorang. Hal ini dikarenakan lari dapat membantu merangsang produksi hormone endorphin yang dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia.
15. Membantu meningkatkan mood keesokan harinya
Banyak orang yang menganggap bahwa lari malam dapat mempengaruhi kesehatan seseorang, padahal hal itu sebenarnya dapat membantu meningkatkan mood seseorang. Bagi seseorang yang melakukan lari pagi, mood nya di pagi hari dipercaya dapat menjadi lebih baik. Mood yang positif merupakan faktor yang penting bagi seseorang untuk menjalani kehidupan sehari-harinya.

Demikian aneka manfaat lari pada malam hari untuk kesehatan, semoga bermanfaat dan dapat  menambah wawasan anda.