Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istilah - Istilah Dalam Tenis Meja Dan Penjelasannya

Salam olahraga kawan, tetap semangat dalam mengejar keringat. dalam pembahasan kali ini saya akan coba menguraikan tentang istilah - istilah yang sering di gunakan dalam permainan tenis meja, baik itu oleh pemain, pelatih maupun wasit.

Pada dasarnya setiap cabang olahraga terdapat istilah - istilah asing yang mungkin kurang kita pahami. Oleh karenanya untuk anda para pecinta tenis meja harus tau dan memahami benar istilah - istilah asing ini supaya kita tidak kebingungan saat memainkannya.


Ok, tak perlu lama - lama langsung saja simak berikut ini adalah istilah - istilah yang sering di pakai dalam olahraga permainan tenis meja.

Istilah dalam tenis meja:

  1. Antispin - Lembaran karet inverted yang sangat licin, sehingga spin tidak terjadi. Antispin biasanya dilapisi dengan spon mati/gundul dan sering digunakan untuk pukulan bertahan. antispin dikenal juga dengan anti.
  2. Backhand adalah adalah pukulan bola dengan posisi telapak tangan yang memegang bet atau raket menghadap ke belakang, atau posisi punggung tangan yang memegang bet atau raket menghadap ke depan.
  3. Back Hand Stroke - Teknik memukul bola dengan mengarahkan bet ke sebelah kiri bagi yang menggunakan tangan kanan dan bagi kebiasaan dengan menggunakan tangan kiri akan mengarahkan betnya ke arah kanan
  4. Bet - alat pemukul dalam permainan ping pong 
  5. Blade - bet, biasanya tanpa menggunakan pelapis
  6. Block - tehnik pukulan untuk bertahan, di mana posisi bet dalam keadaan tertutup. efektif untuk  mengembalikan bola top spin.
  7. Close Racket - posisi bet dimana bagian untuk memukul diarahkan kebawah
  8. Chop - tehnik pukulan dengan cara memukul bola dari bagian atas kebawah (seperti menebas pohon pisang)
  9. Crossout - Bola yang dipukul secara diagonal dari sudut ke sudut lainnya (menyilang).
  10. Crossover : tipe footwork untuk menjaga sisi forehand yang terjauh (tmk: bergerak melangkah dari sisi kiri ke sisi kanan jauh meja, dalam rangka menempatkan diri untuk memukul bola)
  11. Dead : bola tanpa spin (mati)
  12. Deep : 1. bola yang memantul di sisi meja lawan yang sangat dekat dengan garis akhir (endline); 2. serve atau push yang tidak akan memantul dua kali pada sisi meja lawan bila dibiarkan
  13. Double Bounce - bola yang memantul dua kali pada sisi meja yang sama. Pemain di sisi meja tersebut akan kehilangan poin.
  14. Down The Line - bola yang dipukul lurus pada satu sisi meja, paralel dengan garis pinggir (lurus).
  15. Drive - Teknik pukulan yang dilakukan dengan gerakan bet dari bawah serong ke atas. Drive dapat digunakan sebagai serangan atau dapat juga kita control sesuai keinginan. Drive biasa disebut lift, merupakan dasar dan induk dari berbagai jenis pukulan serangan
  16. Drop Shot - pukulan tenis meja dengan menempatkan bola sependek mungkin ke dalam meja lawan sehingga lawan tiba-tiba mengalami kesulitan untuk menggapainya. (tehnik: dropshot biasa digunakan melawan pemain chop yang sedang asik berada jauh dari meja)
  17. Flat bola yang tidak memiliki spin, biasanya bergerak dengan cepat. (tmk: bola yang bergerak datar; lintasan kurva datar/rata/tidak melengkung)
  18. Flip - pengembalian bola secara agresif yang mendarat dekat net dilakukan secara topspin (tmk: menyerang serve pendek)
  19. Flick - Pukulan serangan terhadap bola rendah di sekitar net, dilakukan dengan mempergunakan kelenturan serta kekuatan pergelangan tangan dibarengi kecepatan menjatuhkan atau menempatkan bola. Bolanya termasuk bola polos.
  20. Forehand - pukulan yang dilakukan di sebelah kanan pemain jika pemain tersebut menggunakan pegangan bet tangan kanan, begitupun sebaliknya.
  21. Forehand drive - teknik pukulan yang dilakukan dengan gerakan bet dari bawah serong ke atas dan sikap bet clip, dengan bet berada disebelah kanan depan pemukul.
  22. Forehand Groundstroke - Pukulan yang ayunannya dari belakang badan menuju depan dan bagian depan raket/bet atau telapak tangan kita berhadapan dengan bola.
  23. Footwork - bagaimana cara pemain bergerak/melangkah sebelum melakukan pukulan
  24. Free Hand - tangan yang tidak memegang bet (tangan yang bebas)
  25. Half Volley - Disebut juga pukulan serangan kilat. Bola yang dihasilkan half volley merupakan bola polos.
  26. Hit - pukulan dengan tenaga sedang di bagian forehand. Tenaganya tidak melebihi smash. Bola yang dihasilkan hit merupakan bola polos. Sering digunakan sebagai pengganti smash dan merupakan yang paling sesuai
  27. Serve High Toss - serve dimana bola dilambungkan tinggi ke udara. Ini meningkatkan spin dan gerakan menipu
  28. Inverted - merupakan pelapis bet yang paling umum yang terdiri atas selembar karet berbintik-bintik kedalam di bagian atas lapisan spons. Bintik-bintiknya mengarah ke dalam, ke arah spons, sehingga permukaan licin berada di luar. Ini merupakan kebalikan dari spons pips-out, dimana bintik-bintiknya mengarah keluar, berlawan arah dengan spons.
  29. ITTF - International Tabel Tennis Federation. Induk tenis meja dunia
  30. Let - bila permainan diinterupsi oleh wasit karena alasan apa saja saat terjadi rally. Ketika let diberlakukan, poin tidak dihitung pada kedua pemain. (lihat, Aturan Tenis Meja)
  31. Let Services - salah satu let dimana bola mengenai net dan mengenai bagian meja lawan
  32. Loaded - bola dengan kadar spin yang banyak (berisi)
  33. Lobbing - tehnik melambungkan bola kebalakang, merupakan taktik untuk permainan jarak jauh dan menengah dalam tehnik bertahan
  34. Loop - Membentuk bola yang berputaran atas ( topspin ) yang membentuk kurva, disebut juga penarik bola
  35. Pen Holder Grip - tehnik memegang bet seperti memegang tangkai pena.
  36. Push - tehnik memukul dengan mendorong bet kedepan di mana posisi bet dalam keadaan terbuka
  37. Service - tehnik memukul bola pertama untuk memulai permainan.
  38. Shakehand Grip - tehnik memegang bet seperti berjabat tangan 
  39. Smash - tehnik memukul bola dari atas dengan keras untuk mematikan lawan
  40. Spin - bola hasil pukulan yang memutar.
  41. Stroke - tehnik pukulan
Demikian tadi pembahasan singkat istilah - istilah yang ada dalam tenis meja. Tentunya masih banyak lagi istilah lainnya yang tidak dapat admin tuliskan satu persatu.

Terima kasih atas kunjungan anda, semoga pembahasan Istilah - Istilah Dalam Tenis Meja Dan Penjelasannya dapat bermanfaat untuk anda.