Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar Antropologi Kelas 11 SMA | 2023-2024

Modul Ajar Antropologi. Dalam mempelajari antropologi tidak lepas dari konteks perkembangan keilmuan yang berkaitan dengan sejarah manusia, khususnya dalam penerapan antropologi dalam kurikulum merdeka.

Tujuan pendidikan antropologi di sekolah menengah adalah untuk membangun landasan pengetahuan antropologi sehingga siswa dapat mengetahui dan mempertimbangkan secara kritis beberapa konsep dasar budaya, termasuk  bahasa, ilmu pengetahuan dan teknologi, sosial dan agama dalam masyarakat. 

Kemampuan akademik diperlukan agar siswa mampu memahami keragaman budaya Indonesia secara lebih cerdas, rasional, kritis dan objektif. Setelah memahami konsep dasar antropologi, diharapkan mahasiswa mampu menerapkan kompetensi tersebut pada masyarakatnya, sehingga mewujudkan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila serta menciptakan keharmonisan dalam keberagaman.

Kajian antropologi dalam kurikulum merdeka dirancang dengan menggunakan pendekatan situasional untuk memahami rasa ingin tahu siswa. Selain itu, Antropologi bertujuan sebagai acuan untuk membantu guru, orang tua, dan pemangku kepentingan lainnya untuk lebih memahami konsep Antropologi sehingga siswa menjadi lebih mudah memahami keilmmuan antropologi.

Konsep Modul Ajar Antropologi Kelas 11 SMA

Indonesia adalah masyarakat majemuk dalam hal suku, agama, ras dan golongan. Sebagai hasil dari perjalanan sejarahnya yang relatif panjang, Indonesia telah hadir dengan beragam budaya. Keragaman budaya Indonesia diterima begitu saja oleh masyarakat Indonesia. 

Namun keragaman budaya juga menciptakan kerentanan. Perbedaan budaya di antara anak-anak di negeri ini rentan terhadap eksploitasi dan dapat menimbulkan perpecahan dan konflik sosial. Untuk mencegah keruntuhan, para pemangku kepentingaan membuat kesepakatan yang berdasarkan negara, Pancasila, yang menjadi landasan falsafah bangsa Indonesia. 

Slogan Pancasila 'Bhinneka Tungal Ika' mempersatukan seluruh anak Indonesia untuk hidup rukun dalam keberagaman. 

Karena antropologi adalah salah satu bidang ilmu humaniora dan ilmu sosial, maka dapat dijadikan sebagai alat untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila, membantu siswa mengembangkan rasa saling menghargai dan menghargai ketidaksetaraan dalam masyarakat multikultural. 

Penelitian antropologi diperlukan untuk mempromosikan integrasi nasional dalam masyarakat yang beragam. Dengan demikian, setelah mempelajari antropologi, siswa dapat mengembangkan akhlak dan budi pekerti yang luhur, menghargai perbedaan, menumbuhkan toleransi, kasih sayang dan empati. Modul Ajar Antropologi Kelas 11 SMA merupakan panduan yang dirancang khusus untuk belajar antropologi di kelas. 

Modul Ajar Antropologi Kelas 11 SMA  ini diperlukan sebagai pedoman bagi guru, orang tua dan pemangku kepentingan lainnya untuk membantu siswa menguasai kompetensi yang ditentukan.

Link Modul Ajar Antropologi Kelas XI | Kurikulum Merdeka

Dear pengunjung gurumapel.com, sesuai  judul diatas, hari ini admin membagikan Modul Ajar Antropologi Kelas 11 SMA kurikulum Merdeka. 

Modul Ajar Antropologi Kelas 11 SMA kurikulum Merdeka yang kami susun ini merupakan panduan atau pedoman bagi para guru dalam melakukan pembelajaran antropologi di Kelas 11 SMA/MA, untuk membantu siswa memahami tujuan pembelajaran antropologi dengan mudah. 

Hadirin sekalian, silakan dapatkan Modul Ajar Antropologi Kelas 11 SMA kurikulum Merdeka secara gratis. Tautan unduhannya sendiri ada di bawah.

☑ Download Modul Ajar Antropologi Kelas XI SMA Kurikulum Merdeka

2. Download Modul Ajar Antropologi Kelas 11 SMA Semester 2