Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP Sejarah Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka

ATP Sejarah Kelas 12 SMA. Pendidikan sejarah adalah kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dengan cara menjelaskan kepada siswa suatu gambaran tentang kehidupan masyarakat masa lampau dalam kaitannya dengan peristiwa-peristiwa yang mempunyai makna dan makna tertentu.

Pendidikan sejarah adalah ilmu yang mempelajari semua kejadian atau peristiwa masa lalu dalam kehidupan manusia yang mempengaruhi masa kini dan masa depan.

Dalam kehidupan manusia, peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang abadi, unik dan penting. Dengan mempelajari peristiwa yang terjadi atau dengan mengalami sendiri peristiwa tersebut, diharapkan seseorang memperoleh hikmah. Jadi jika seseorang melakukan kesalahan di masa lalu atau menemukan kesalahan, mereka tidak akan melakukan kesalahan yang sama untuk kedua kalinya. 

Pendidikan sejarah bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang peristiwa sejarah yang harus diketahui oleh setiap warga negara Indonesia berdasarkan tingkat pendidikannya. Mengetahui kebenaran adalah dasar untuk memahami dan menghargai sejarah. 

Pengetahuan fakta bukan hanya urutan peristiwa sejarah, tetapi juga pengetahuan tentang hubungan sebab-akibat antara konsep-konsep yang utuh. Pengajaran sejarah dapat memberikan pengetahuan intelektual yang baik.

Tujuan pembelajaran sejarah menurut Kemendikbud pada Program Sejarah SMA/MA adalah agar siswa memiliki kemampuan sebagai berikut:

  1. Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman tentang kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia dan dunia. 
  2. Mengembangkan rasa kebangsaan, cinta tanah air, dan penghargaan terhadap prestasi masa lalu bangsa. 
  3. Meningkatkan kesadaran akan konsep ruang dan waktu dalam pemikiran sejarah. Untuk mengembangkan keterampilan berpikir sejarah, keterampilan sejarah, dan pemahaman tentang masalah sejarah, dan untuk menerapkan kemampuan, keterampilan, dan pengetahuan ini dalam kehidupan kontemporer. 
  4. Mengembangkan perilaku berdasarkan nilai dan etika yang mencerminkan kepribadian diri, masyarakat dan bangsa. 
  5. Tanamkan sikap terhadap masa kini dan masa depan. 
  6. Memahami dan mampu menangani isu-isu kontroversial hingga isu-isu penelitian yang muncul di masyarakat. 
  7. Kembangkan pemahaman internasional dan periksa fenomena nyata dan global.

ATP Sejarah Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka

Pendidikan Sejarah Kelas 12.

Sahabat guru sejarah kelas 12 SMA/Sederajat, ketika melakukan pelajaran sejarah di kelas 12 tentunya diperlukan konsep pembelajaran yang jelas, agar pembelajaran sejarah di kelas 12 berlangsung sesuai dengan yang diharapkan.

ATP Sejarah Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka yang kami bagikan pada kesempatan kali ini adalah jawaban dari permasalahan Anda. Karena dalam ATP Sejarah Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka mencakup konsep pembelajaran secara detail mulai dari tujuan pembelajaran, materi, waktu yang dialokasikan hingga penilaian pembelajaran.

Oleh karena itu, sebelum mengembangkan perangkat pembelajaran sejarah kelas 12, kami sarankan untuk mendownload ATP Sejarah Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka Untuk Anda rancang sebagai kerangka dasar perangkat pembelajaran anda.

Link Download ATP Sejarah Kelas 12 SMA

Guru Sejarah Kelas 12 yang terhormat.

Silahkan download gratis ATP Sejarah Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka. Kami telah membuat ATP Sejarah Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka dalam format dokumen MS Word agar mudah dipelajari.

Tentunya selain mudah diubah, ATP Sejarah Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka yang kami bagikan telah disesuaikan dengan dasar-dasar pembuatan ATP di implementasi kurikulum merdeka. 

Tautan Unduhan dari ATP Sejarah Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka tersedia di sini. Klik link download untuk mendownload ATP Sejarah Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2.

ATP Sejarah Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka ini diperuntukkan bagi mereka yang belum memiliki ATP Sejarah Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka.

ATP Sejarah Kelas XII SMA Semester I dan II - Kurikulum Merdeka

ATP Sejarah ATP Sejarah Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK (Kurikulum Merdeka) Tahun Pelajaran 2023/2024.