Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 9 Th 2023/2024

Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Menjadi pendidik merupakan tanggung jawab yang besar, peranannya tidak main-main membentuk kepribadian dan mencetak generasi penerus bangsa. Tugasnya tak hanya transfer pengetahuan, tetapi terdapat rangkaian yang cukup panjang untuk menuju proses belajar di kelas itu sendiri, salah satunya dengan menyusun perangkat pembelajaran.

Pendidik wajib menyusun perangkat pembelajaran untuk proses belajar mengajar. Kegunaan perangkat pembelajaran tersebut ialah untuk pedoman atau petunjuk penyelenggaraan pembelajaran. Dengan demikian, tujuannya memenuhi keberhasilan pendidik dalam pembelajaran.

Lalu, apa itu perangkat pembelajaran? Nah, perangkat pembelajaran diartikan sebagai segala sesuatu atau alat yang digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar. Maka dari itu, perangkat pembelajaran sangat penting disiapkan untuk proses belajar baik di kelas, di luar kelas, di laboratorium dan sejenisnya.

Komponen Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013

Dalam perangkat pembelajaran kurikulum 2013, terdapat beberapa jenis perangkat di antaranya yaitu:

1. Kalender Akademik

Menuju akhir tahun ajaran, biasanya para pendidik disibukkan dengan penyusunan kalender akademik yang nantinya akan segera dibagikan di papan informasi sekolah. Apa itu kalender akademik? Kalender akademik adalah jadwal yang telah disusun untuk mengatur waktu kegiatan-kegiatan pembelajaran para peserta didik selama satu tahun ke depan alias dua semester.

2. Rincian Pekan Efektif

Rincian Pekan Efektif (RPE) ialah perhitungan hari-hari efektif yang terdapat pada tahun pelajaran berlangsung, Dalam penyusunan RPE, pendidik wajib memperhatikan kalender akademik yang tengah berlangsung dan menjadikannya pedoman sekolah dalam menetapkan jumlah minggu/pekan efektif.

3. Program Tahunan

Program Tahunan atau singkatan dari program tahun ini adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun ajaran untuk mencapai tujuan yang sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu ini harus sesuai dengan kalender pendidikan agar memudahkan guru dalam menyusun program tahunan. 

Program Tahunan berisi penjelasan alokasi waktu untuk setiap standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk setiap semester dan setiap kelas selama satu tahun pelajaran.

4. Program Semester

Program Semester atau singkatan dari prosem adalah penjelasan yang lebih rinci dari program tahunan. Program Semester disusun untuk menentukan minggu ke berapa waktu pembelajaran yang dibutuhkan untuk mencapai kompetensi dasar.

Program Semester adalah rencana kegiatan belajar mengajar secara umum yang disusun untuk jangka waktu satu semester. Penyusunannya harus memperhatikan program tahunan dan alokasi waktu mingguannya.

5. Silabus

Silabus adalah perangkat rencana dan pengaturan pelaksanaan pembelajaran serta penilaian yang disusun secara sistematis dan berisi komponen-komponen yang saling terkait untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar.

Tujuan dari silabus dalam rencana pelaksanaan pembelajaran adalah mempermudah, memperlancar, dan meningkatkan hasil proses belajar-mengajar serta menyusun berbagai rencana pembelajaran secara profesional, sistematis, dan efektif.

6. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah rancangan pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dalam setiap unit yang ditetapkan oleh guru dalam proses belajar mengajar di kelas. Oleh karena itu, RPP juga dapat disebut sebagai upaya untuk memperkirakan pelaksanaan kegiatan pembelajaran. 

RPP dikembangkan untuk mengkoordinasikan komponen-komponen pembelajaran, yaitu kompetensi dasar, materi standar, indikator hasil belajar, dan penilaian/evaluasi

Pada bulan desember tahun 2019 Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan arahan, yang menyatakan amanat tugas guru dalam memproduksi perangkat pembelajaran akan dikurangi. Hal itu terlihat dari terbitnya format template RPP terbaru pada Surat No. 14 Tahun 2019. Untuk membuat RPP hanya dibutuhkan satu lembar.

Dengan adanya surat keputusan ini, tentunya guru jadi lebih mudah dalam membuat perangkat pembelajaran.

Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP - MTs

Sahabat gurumapel,..

Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 merupakan dokumen pembelajaran yang di bagikan oleh gurumapel.com saat ini.

Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 memuat beberapa dokumen pembelajaran, masing - masing dokumen pembelajaran dapat di download secara terpisah dan tentunya gratis.

Oleh sebab itu, manakala ada di antara bapak ibu yang mau mendownload Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 silahkan akses linknya di tautan download Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 berikut.

Download Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 1 dan 2.

 Cover  Download
 Alokasi Waktu  Download
 Analisis KI - KD  Download
 Analisis Kompetensi  Download
 Analisis SKL √ Download
 Pemetaan  Download
 Penetapan IPK  Download
 Prota  Download
 Promes  Download
 KKM  Download
 RPP  Download
 Silabus  Download