Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unsur - Unsur Yang Terkandung Dalam Olahraga Pencak Silat

Pencak silat adalah seni beladiri asli Indonesia yang telah berumur ratusan tahun. Bela diri ini diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Sebelumnya dibeberapa daerah di Indonesia tidak menggunakan istilah pencak silat. Di Jawa menggunakan istilah pencak, sedangkan di Sumatera dan daerah-daerah lain menggunakan istilah silat.

Pencak artinya gerak dasar beladiri yang terikat ada peraturan dan digunakan dalam belajar, latihan, dan pertunjukan. Sedangkan silat diartikan sebagai gerak beladiri yang sempurna, yang bersumber pada kerohanian, yang suci murni, guna keselamatan diri atau kesejahteraan bersama, menghindarkan diri / manusia dari bala atau bencana (perampok, penyakit, tenung, dan segala sesuatu yang jahat atau merugikan masyarakat).


Organisasi pencak silat indonesia di  dirikan pada 18 Mei Tahun 1948 di Surakarta Jawa Tengah yang di beri nama IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). 

Setelah didirikan organisasi pencak silat, dari tahun ke tahun pencak silat semakin banyak peminatnya, sehingga olahraga asli indonesia ini semakin maju dan terus berkembang.

Bahkan setelah di bentuknya induk organisasi pencak silat dunia, yang di beri nama PERSILAT pada tanggal 11 maret tahun 1980, banyak sekali event - event pertandingan olahraga silat yang di lombakan baik itu di kancah asean games maupun sea games.

Dalam pencak silat ada unsur - unsur yang terkandung di dalamnya. Berikut ini adalah unsur - unsur yang terkandung di dalam pencak silat, yaitu :
  1. Unsur olahraga
  2. Unsur kesenian
  3. Unsur beladiri
  4. Unsur pendidikan mental dan kerohanian
  5. Unsur Persaudaraan

Demikian pembahasan seputar Unsur - Unsur Yang Terkandung Dalam Olahraga Pencak Silat, terimakasih dan semoga bermanfaat.

Jika anda mencari materi pembelajaran penjaskes, Silahkan kunjungi artikel kami yang lainnya. terima kasih.
A'ata, S.Pd
A'ata, S.Pd Guru Penjaskes SMPN 2 Sukagumiwang

Kontak Kami

Nama Email * Pesan *