Posisi Daerah Pergantian Pelari Dalam Lari Estafet

Satu regu lari estafet berjumlah 4 orang pelari dalam satu regu. Dalam lari estafet terdapat beberapa kali pemberian dan penerimaan tongkat oleh para pelari, dengan kata lain ke empat pelari melakukan lari dengan membawa tongkat secara bergantian menuju garis finish.

Berdasarkan uraian singkat di atas maka timbul pertanyaan, di manakah posisi dari masing - masing pelari tersebut baik itu pelari kesatu, kedua, ketiga maupun keempat? Bagaimana penempatan pelari dari masing - masing anggota regu tersebut?.

Nah, untuk menjawab pertanyaan di atas, maka ikuti uraian singkatnya berikut ini:

Berdasarkan peraturan yang sudah di tetapkan oleh IAAF selaku induk organisasi Atletik dunia yang juga menaungi cabang olahraga atletik nomor lari sambung atau biasa di sebut dengan lari estafet. Di situ di jelaskan bahwasanya dalam lari estafet setiap masing - masing pelari di wajibkan untuk melakukan lari sebanyak satu kali secara bergantian dengan membawa tongkat menuju garis finish.

Lebih lanjut di jelaskan setiap pelari estafet harus tetap berada di lintasannya baik itu sebelum lari maupun sesudah lari. Oleh karenanya di aturlah posisi pelari estafet sesuai posisi dan lintasannya. berikut ini posisi pelari estafet dan lintasannya:
  1. Pelari ke-1 ditempatkan di daerah start pertama dengan lintasan ditikungan
  2. Pelari ke-2 ditempatkan di daerah start kedua dengan lintasan lurus
  3. Pelari ke-3 ditempatkan di daerah start ketiga dengan lintasan di tikungan, dan
  4. Pelari ke-4 ditempatkan di daerah start keempat dengan lintasan lurus dan berakhir di garis finis.


dengan pembagian tersebut maka, maka tiap - tiap pelari pada saat berlari tidak boleh keluar dari jalur lintasannya.

Demikian urain singkat tentang Posisi daerah pergantian pelari dalam lari estafet, semoga bermanfaa untuk anda.