Tugas Dan Tanggung Jawab Wasit I Dan Wasit II Bola Voli

Wasit memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu pertandingan, karena wasit lah yang mengatur dan menegakan peraturan - peraturan dalam pertandingan supaya pemain mengikuti peraturan yang sudah di tetapkan sebelumnya, tak terkecuali wasit dalam permainan bola voli yang memiliki tugas dan wewenang dalam menegakan peraturan dalam pertandingan bola voli.

Dalam pertandingan bola voli wasit yang bertugas berjumlah 2 orang, yaitu wasit I dan wasit II, dimana masing - masing wasit tersebut memiliki tugas dan peranan yang berbeda, berikut uraian lengkapnya.

A.
     Tugas dan Tanggung Jawab wasit I

Tugas dan tanggung jawab wasit I di mulai dari masuk lapangan yaitu saat sebelum pertandingan, selama pertandingan dan sesudah pertandingan. berikut penjelasannya:

a)     Sebelum pertandingan
  1. Memeriksa keadaan lapangan pertandingan dan perlengkapannya.
  2. Menentukan / melakukan undian atas regu yang melakukan servis pertama dan penempatan lapangan.
  3. Mengawasi pemanasan kedua regu
b)    Selama pertandingan berlangsung
  1. Mempunyai kewenangan menentukan kesalahan pukulan servis, posisi regu yang melakukan servis, kesalahan menyentuh bola, kesalahan di atas net, dan kesalahan simultan / bersamaan.
  2. Wasit satu tidak boleh membiarkan suatu perdebatan atas pengajuan kapten, dia harus dapat menjelaskan penafsiran serta penerapan peraturan.
  3. Jika kapten tidak sepaham penafsirannya itu, dia memintakan agar hal tersebut di catat pada lembar scor. Wasit satu harus memberi izin untuk pencatatan proses tersebut di akhir pertandingan.
c)     Sesudah pertandingan
  • Wasit mengesahkan scor dengan menandatangani daftar scor dan cepat menuju ke ruang wasit.
Wasit Bola Voli

B.
    Tugas dan Tanggung Jawab Wasit II

Wasit II merupakan pembantu bagi wasit satu dan bila dalam keadaan memaksa bisa menggantikan atau mewakilkan menjalankan tugas wasit satu. Adapun tugas dan tanggung jawab dari wasit II adalah sebagai berikut:

a. Tugas – tugas wasit II adalah sebagai berikut
:
  1. Mengawasi posisi pemain selama permainan berlangsung, begitu pula pada waktu perpindahan tempat set penentuan.
  2. Mengawasi perilaku masing – masing regu yang duduk di bangku cadangan, dan apabila ada salah sikap di laporkan kepada wasit satu.
  3. Selama pertandingan berlangsung, harus mencegah kemungkinan adanya pemain cadangan      yang melakukan pemanasan di luar area pertandingan.
  4. Mengawasi jumlah timeout, pergantian pemain dan melaporkan data tersebut kepada wasit satu dan pelatih yang bersangkutan pada saat terjadinya penghentian
  5. Dapat menunjukan kesalahan lain tanpa meniup peluit walau bukan daerah tanggung jawabnya, tetapi tidak boleh menekan wasit satu.
  6. Menetapkan diperlukan / tidaknya mengeringkan permukaan lantai yang di anggap basah atau licin
b. Tanggung jawab wasit II antara lain:
  1. Sebelum pertandingan pada setiap set wasit II harus mencek posisi yang benar sesuai dengan daftar posisi yang diserahkan oleh regu masing - masing.
  2. Selama pertandingan berlangsung, ia harus memberikan isyarat dan membunyikan peluit jika terjadi:
  • Ada kesalahan posisi regu penerima servis.
  • Bola yang melintasi net di luar bidang lintasan atau menyentuh benda lain di sisi lapangan
  • Ada sentuhan pemain pada bagian net di bawah pinggiran atas net.
  • Ada serangan atau bendungan yang tidak sah yang di lakukan pemain belakang.
  • Penembusan kelapangan lawan
  • Kalau terjadi kecelakaan pada pemain
c.     Tugas dan Tanggung Jawab Hakim Garis / Linesmen

Bertanggung jawab memberikan isyarat mengenai kesalahan yang menjadi wewenangnya. Adapun jumlah hakim garis untuk pertandingan internasional berjumlah 4 orang dan pertandingan di bawahnya berjumlah 2 orang.