Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Assalamu'alaikum sobat gurumapel. Pada Pembahasan kali ini saya akan coba berbagi bacaan/lafadz niat puasa senin kamis, yaitu salah satu puasa sunnah yang dilakukan setiap hari senin dan hari kamis, karenanya banyak orang yang mengatakan puasa sunah ini adalah puasa senin kamis.

Untuk niat puasa hari senin dan puasa hari kamis sangat mudah. Bagi teman-teman yang belum menghafalnya, tidak perlu khawatir karena disini kita akan belajar bersama menghafalkan bacaan niat puasa sunah senin dan kamis dalam bahasa arab, latian dan artinya lengkap.

Selain kita akan menghafalkan niatnya, disini saya juga akan sedikit memaparkan beberapa keutamaan dan manfaat berpuasa di hari senin dan kami. Penjelasan mengenai keutamaan dan manfaat puasa senin kamis ini, selengkapnya dapat Anda pelajari pada artikel yang berjudul: "Hikmah dan Keutamaan Puasa Sunah Senin Kamis Menurut Islam"


Adapun untuk bacaan doa niat puasa sunah senin kamis adalah sebagai berikut :

Bacaan Arab Niat Puasa Sunah Hari Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA
Artinya :
Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.
Dan untuk bacaan niat puasa senin kamis untuk hari kamis, bacaannya adalah sebagai berikut: 
Bacaan Arab Niat Puasa Sunah Hari Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA
Artinya :
Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.
Itulah bacaan lafadz niat puasa sunnah hari senin dan puasa hari kamis dalam bahasa arab, latin dan artinya. Silakan teman-teman baca berulang-ulang kali untuk menghafalkannya.

Tahukah Anda, kenapa Baginda Nabi Muhhamad SAW menganjurkan umatnya untuk melaksanakan puasa sunah senin kamis? Ternyata, hari senin dan hari kamis merupakan hari yang di dalamnya memiliki keistimewaan dan keutamaan tersendiri. Diantaranya yaitu, segala amal perbuatan manusia pada hari senin dan kamis di periksa oleh malaikat.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya :

Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

Selain itu, puasa sunnah senin kamis juga memiliki keistimewaan tersendiri di mata Allah SWT. Bagi setiap umat muslim yang mau mengerjakannya , Allah SWT akan memberikan pahala puasa secara langsung kepada yang mengerjakannya. Seperti yang telah diterangkan oleh Allah SWT dalam hadits Qudsi-Nya:

Puasa itu milik-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sebanyak 10 kali lipat. (HR. Bukhari dan Abu Daud).
Dalam hadist diatas , maksud dari "Puasa" yaitu puasa secara umum, baik puasa wajib maupun puasa sunnah. Tidak terkecuali puasa sunnah senin kamis ini.

Maka dari itu sangat baik untuk melaksanakan puasa sunnah di kedua hari tersebut, yaitu puasa sunnah hari senin dan hari kamis. Apakah teman-teman sudah melaksanakannya? Semoga dengan adanya sedikit ulasan tentang manfaat dan keutamaan puasa senin kamis ini dapat membuka hati para pembaca semua untuk menjalankannya.

Adapun untuk niat doa puasa senin dan kami sudah saya paparkan diatas, silakan teman-teman pelajari dan dihafalkan. Semoga bermanfaat, dan selamat menunaikan ibadah puasa hari senin dan puasa hari kamis.

Sumber:
http://www.blogkhususdoa.com/2015/01/bacaan-niat-puasa-senin-kamis-lengkap-arab-latin-dan-artinya.html