Manfaat Lari Siang Hari untuk Tubuh


Anda pasti sudah tahu bahwa olahraga lari adalah termasuk olahraga yang relatif aman, murah meriah dan dapat dilakukan pada pagi, siang, maupun  sore hari. Fungsinya adalah sama yaitu untuk menjaga kesehatan tubuh dari serangan berbagai macam keluhan penyakit. Namun tahukah anda bahwa lari dengan memakai ketentuan waktu yang berbeda misalnya lari pagi, lari siang dan lari sore maka akan menghasilkan manfaat dan reaksi tubuh yang berbeda pula?


Perbedaan Waktu pada Olahraga Lari

Inilah perbedaannya yang perlu anda ketahui, sehingga dapat memilih waktu yang cocok untuk olahraga lari yang disesuaikan dengan waktu senggang yang anda miliki :

Lari Pagi
  • Pada pagi hari udara yang terbiasa di bumi masih mengandung banyak manfaat oksigen murni karena udara belum tercemar, dengan berbagai macam aktivitas rutin yang menyebabkan adanya penumpukan radikal bebas disekitar kita. Misalnya adanya aneka macam debu dari jalan raya, asap dari kendaraan, asap pabrik atau radikal bebas yang dibawa oleh ultraviolet berbahaya.
  • Lari pada pagi hari terasa ringan dan  sangat menyegarkan tubuh dan tidak mudah membuat tubuh berkeringat kalau hanya berlari santai saja, diperlukan tenaga dan kecepatan lari yang lebih maksimal. Manfaat matahari pagi sangat menyehatkan jantung, paru paru, jaringan hati bahkan mampu memadatkan kalsium dalam tulang anda. Sinar matahari pagi mempunyai kandungan manfaat vitamin D yang kuat dan  sebagai anti bakteri bagi tubuh bayi.
Lari siang
  • Pada siang hari udara di lapisan tanah dan diatas kepala manusia sampai  jarak 10 meter dari permukaan bumi. Udara dinyatakan telah terkontiminasi dengan berbagai partikel halus yang di dalamnya terdapat jutaan radikal bebas termasuk dari sinar matahari siang yang membahayakan kesehatan kulit.
  • Suhu disekitar kita menjadi lebih lembab dan mudah membuat siapapun menjadi lelah. Ini menandakan bahwa oksigen yang ada disekitar kita telah berkurang karena terserap dari oleh radikal bebas.
  • Bagi yang mengalami kegemukan atau obesitas memutuskan untuk berolahraga dengan manfaat lari siang hari adalah keputusan yang tepat, karena pada siang hari tubuh akan cepat berinteraksi dengan udara panas dan lembab, yang akan mempercepat tubuh anda berkeringat. Keuntungan yang didapat adalah tubuh akan mempercepat proses pembakaran lemak dan mempercepat pembuangan racun dalam tubuh melalui keringat. Akibatnya bobot tubuh anda akan cepat menurun.
Lari sore
  • Pada sore hari intensitas ultarviolet sudah memudar dan tidak membahayaakan kulit. Tetapi kadar raadikal bebas tetap masih tinggi karena rutinitas yang mengharuskan berinteraksi dengan udara bebas. Seperti masih berjalan misalnya masih beroperasinya pabrik-pabrik, masih padatnya kendaraan yang pulang dari aktivitas kerja  atau padatnya kendaraan karena banyak yang singgah pada tempat tempat makan yang mengharuskan didalamnya terdapat aktivitas memasak dan sebagainya.
  • Manfaat lari sore akan dirasakan lebih sehat jika dilakukan dilapangan bola, atau taman taman yang ditumbuhi berbagai macam tanaman. Tubuh akan tetap sehat dan  terhindar dari radiasi radikal bebas hasil bentukan reaksi disiang hari.
Inilah manfaatnya jika anda memutuskan untuk melakukan olahraga lari di siang hari :

1.Menyehatkan pesendian lutut
Otot lutut dan sekitaar persendian membutuhkan pelenteran dan lumasan oleh cairan kalsium yang tersimpaan dalam tulang. Semakin sering kaki bergerak maka tulang akan sehat dan persediaan manfaat kalsium semakin padat ketika diimbangi dengan terpaan sinar matahari pagi dan asupan kalsium serta protein pada susu.
2. Mempercepat proses pembakaran lemak
Dalam cuaca yang panas dan lembab memungkinkan tubuh akan cepat berkeringat dan mendesak enzim enzim  pencernaan untuk bekerja lebih cepat dalam menghancurkan lemak dalam tubuh, termasuk pada orang orang yang mengalami kegemukan ekstra atau obesitas. 
Untuk menurunkan berat badan disarankan pilihlah olahraga lari pada siang hari karena cuaca yang panas dan lembab justru sangat menentukan keberhasilan anda untuk program penurunana berat badan secara cepat . Lebih bijak jika dilakukan pada area yang teduh yang ditumbuhi tanaman besar atau didalam sebuah taman kota.
3. Kesehatan jantung dan metabolisme tubuh tetap stabil
Sama halnya seperti lari dipagi hari, manfaat lari siang hari dapat menstabilkan peredaran darah menuju jantung, mengkuatkan katub jantung, mempertahankan keseimbangan metabolisme tubuh akan tetap prima dan mampu mempertahankan kekuatan otot serta stamina untuk melakukan aktifitas yang mungkin membutuhkan tenaga lebih disore dan malam hari.
4. Mampu menurunkan serta mencegah stres
Stres yang berlebihan dapat mengacaukaan keseimbangan metabolisme tubuh dan jantung. Untuk menurunkan kadar stres bagi yang telah tersearng stres maka lari siang bisa menjadi acuan terbaik untuk lari siang diarea taman yang ditumbuhi aneka macam tanaman yang indah, sedangkan bagi yang ingin terhindar dari stres bisa juga melakukan lari siang ditempat tempat yang lebih teduh misalnya didalam gedung olahraga.
5. Untuk mengoptimalkan fungsi jantung
Olahraga siang selain maampu mempercepat pembaakaaraan lemak daan pembuangan racun tubuh lewat keringat ternyataa dapat pula mempercepat penurunan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh dan mampu memasok oksigen lebih banyak kedalam pembuliuh darah menuju jantung, kondisi ini baik untuk kesehatan jantung agar jantung tetap dapat memompa darah dengan lancar tanpa ada penyumbatan.
6. Menghambat pertumbuhan sel kanker
Olahraga siang memang cepat membuat tubuh lelah, berkeringat dan memacu jantung lebih cepat berlari namun efek tersebut sangat baik untuk pencegahan pergerakaan sel kanker pada seseorang yang memiliki riwayat kanker di kedua orngtuannya. Sel kanker tidak mampu berkembang dan tumbuh pada tubuh yang memiliki sistem metabolisme yang selalu sehat dan daya taahaan tubuh yaang stabil. 
Metabolisme tubuh dan daya tahan tubuh yang stabil  hanya bisa diwujudkan dengan rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat yang berstandar 4 sehat 5 sempurna. Sedapat mungkin, jauhi segala bentuk radikal bebas misalnya dari makanan yang mengandung lemak jenuh, makanan olahan, polusi udara dan lain lain.
7. Agar Konsentrasi tetap terjaga
Olaharaga lari dapat mengaktifkan semua saraf dan pembuluh yang ada didalam jaringan  kepala, sehingga menyehatkan sel otak secara berkesinambungaan. Sel Otak yang sehat dapat mudah menerima rangsangan berupa pesan yang disampaikan tubuh lewat pembuluh darah menuju susunan saraf pusat dan otak pun akhirnya mampu merespon dengan cepat pesan yang disampaikan. Kondisi ini dapaat mempertahankan konsentrasi anda dalam keadaan apapun selam 24 jam.
8. Dapat menyembuhkan penyakit asma
Bagi penderitaa asma tidak perlu khawatir untuk melakukaan olaahraaga laari ringan dengan kecepatan seperti oraang sedang berjalan cepat. jika dilakukan secara teratur dengan di imbangi makanan yang sehat dan tidur yang cukup makana asma akan sermbuh dengan sendirinya. Jika memang ingin merlakukan olahraga lari pada siaang haari, lakukanlah disebuah area yang banyak ditumbuhi tanaman atau didalam gedung olahraga.
Bahaya Lari di Siang Hari Menggunakan Jaket

Berhati hatilah pemakaian jaket ketika olahraga lari disiang hari ! lebih baik urungkan niat tersebut. mengapa? Sekitar 70 pesen orang yang ingin mendapatkan keringat yang banyak dari olahraga lari siang,dan mereka beranggapan cepat berkeringat karena memakai jaket adalah sehat. Ini adalah pemahaman yang tidak benar!

Memakai jaket ketika olaharag lari memang dapat membuat tubuh berkeringat lebih banyak dan lebih cepat, tetapi ada bahaya yang mengancam kesehatan organ tubuh dibalik pemakaian jaket. Berikut ini alasannya :
  • Tubuh anda akan mengalami dehidrasi, sakit kepala mendadak dan kelelahan yang berlebihan serta dapat membuat organ tubuh cepat rusak karena harus bekerja ekstra sedangkan tubuh kekurangan cairan. Cairan dalam tubuh sebenarnya sangat dibutuhkan tubuh setiap detiknya.
  • Menyebabkan tubuh tidak memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh melalui keringat secara normal
  • Bagi yang menderita gejala darah tinggi akan mempercepat serangan stroke ringan, karena pembuluh darah ke jantung tersumbat tanpa anda sadari.
  • Menyebabkan suhu tubuh meningkat tajam secara tidak alami dan menyumbat pembuluh darah menuju jantung yang dapat menyebabkan gagal jantung atau serangan jantung mendadak ini dikarenakan jantung tidak dapat memompa darah dengan lancar.
  • Dapat menyebabkan pengentalan dan penggumpalan darah lalu menyumbat aliran darah keseluruh tubuh hingga tersumbatnya pembuluh darah menuju otak. Kondisi ini membuat anda akan mengalami pingsan.
  • Menyebabkan penurunan berat badan yang cepat tetapi membuat gemuk kembali dengan cepat pula karena keringat yang keluar dengan jumlah banyak di iringi dengan suhu tubuh yang terlalu panas, padahal suhu tubuh akan tetap sehat jika tidak terlalu tinggi.
  • Resikonya jika suhu tubuh yang meningkat secara berlebihan karena pemakaian jaket ketika olahraga lari disiang hari hanya akan membuat rasa lapar cepat datang kembali setelah anda selesai berolahraga, dalam hitungan menit. Kondisi ini dapat menggagalkan program penurunan berat badan khususnya pada orang orang yang mengalami kegemukan ekstra (obesitas)

Sebaiknya lari siang tidak dilakukan di pinggir jalan raya dimana udara sekitar telah beracun yang artinya telah  terkontiminasi dengan segala bentuk radikal bebas hasil dari asap kendaraan, asap rokok, debu, sinar matahari siang yang memicu kanker kulit dan lain lain. Lakukan olahraga siang pada tempat tempat yang aman, nyaman dan masih memiliki kadar oksigen yang cukup misalnya di area taman kota yang teduh atau di dalam gedung olahraga.

0 Response to "Manfaat Lari Siang Hari untuk Tubuh"

Posting Komentar