Sistematika dan Aturan Dasar Pembuatan Makalah

Makalah merupakan salah satu jenis karya tulis ilmiah yang membahas tentang suatu permasalahan tertentu sebagai hasil kajian pustaka ataupun kajian lapangan. Makalah disusun dengan tujuan untuk melengkapi tugas-tugas Akademik maupun Non-Akademik.

Bagi anak sekolah maupun mahasiswa/mahasiswi baru di perguruan tinggi mungkin menggangap mumbuat makalah adalah suatu hal yang sulit. Kenapa Demikian ? karena ketika anda akan menyusun sebuah makalah yang baik dan benar kita harus memperhatikan semua elemen dasar agar makalah yang disusun menjadi lengkap dan sesuai dengan yang diharapkan.

Secara umum Terdapat 5 (lima) ciri makalah, yaitu:

1. Akurat dan Menyeluruh

Maksudnya disini ialah makalah yang dibuat haruslah menyajikan fakta-fakta dan gagasan yang akurat, lengkap dan tuntas.

2. Memiliki Sumber yang Dapat Dipercaya

Maksudnya disini ialah ciri yang paling penting dari setiap makalah, dimana makalah yang bagus mengakui sumbangan penulis lain yang karyanya tentang topik sejenis.

3. Seimbang

Makalah yang dibuat harus mempunyai sudut pandang yang dibicarakan secara obyektif dan seimbang dengan memperhatikan kekuatan dan kelemahan masing-masing.

5. Tertata dengan Baik

Penulisan sebuah makalah harus tertata dengan baik dan rapi, mempunyai tujuan yang jelas sehingga mudah untuk dipahami oleh pembaca.

Aturan Dasar Penulisan Makalah

Berikut adalah sistematika penulisan makalah yang benar :

1. Ukuran Huruf dan Font

Penggunaan huruf yang di anjurkan dalam pembuatan Makalah yaitu font Times New Roman dengan besar huruf Font 12.

2. Spasi

Spasi atau jarak ruang antar kata dalam sebuah teks dalam makalah adalah 1,5.

3. Pengaturan Paragraf

Menggunakan pengaturan rata kanan dan kiri.

4. Nomor Halaman

Nomor halaman walau tidak wajib tapi di anjurkan di kanan bawah.

5. Margin

Penggunaan Margin tepi kertas adalah :
  • Top – 5 cm
  • Right – 3 cm
  • Bottom- 3 cm
  • Left- 4 cm

Sistematika Makalah

Berikut beberapa langkah Sistematika Penulisan Makalah:

1. BAB I Pendahuluan

Pendahuluan hal ini merupakan salah satu metode dalam penulisan makalah yang berisikan latar belakang, tujuan, perumusan masalah, ruang lingkup, tujuan dan manfaat atau sistematika penulisan.

2. BAB II Landasan Teori

Landasan Teori hal ini merupakan salah satu metode dalam penulisan makalah berupa pengertian atau definisi dengan kutipan pada saat penyusunan dengan penelitian.

3. BAB III Pembahasan

Pembahasan hal ini merupakan salah satu metode dengan memberikan tinjauan umum dan tinjauan yang singkat dari struktur organisasinya, masalah yang dihadapi, penyelesaian masalah, analisis proses dan Hasil Akhir.

4. BAB IV Rancangan sistem dan Implementasi

Rancangan sistem dan Implementasi hal ini merupakan salah satu metode dengan menjelaskan analisis sistem yang akan diusulkan untuk mengimplementasikan dengan rinci tentang penentuan akhir pada bab sebelumnya.

5. BAB V Penutup

Penutup hal ini merupakan salah satu metode penulisan yang berisi kesimpulan dan saran sehingga dapat menganalisis dan mengoptimalkan sistem yang berdasarkan pada bab yang sebelumnya.

6. Kesimpulan

Kesimpulannya adalah sebuah ringkasan dari poin-poin yang penting dan terkandung dalam isi makalah yang akan dibahas secara rinci maka kesimpulan ini harus memiliki makna yang sangat jelas supaya pembaca dapat memberukan nilai positif.

7. Saran

Penulisan makalah atau proposal hal ini akan mencakup tentang permintaan atau masukan dari penulis kepada pembaca sehingga permintaan tersebut memiliki arti hasil dari penelitian nya maka hasil dari pembuatan makalah tidak terjadi kesalahan yang ditemukan untuk membuat masukan tentang penulis.

8. Daftar Pustaka

Daftar pustaka adalah daftar yang menunjukkan bahwa kumpulan memiliki sumber makalah yang menunjukkan penulis makalah ditulis secara rinci dan jelas sampai tidak ada yang tersisa.

Pemilihan sumber dapat disimpulkan dari hasil makalah serta dari pendapat karya tulis seseorang dengan mengikuti aturan dari penulisan yang baik dan benar seperti apa yang telahdibahas sebelumnya.

9. Lampiran

Lampiran adalah salah satu sistem dengan informasi tentang hasil pengolahan data dalam bentuk tabel, grafik, gambar, dll. sehingga lampiran juga dapat diisi dengan gambar atau foto-foto dari berbagai kegiatan dan penulis dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai apa yang dilakukan.

Fungsi Makalah

Fungsi dari makalah, yaitu:

  1. Makalah dibuat untuk melatih penulis agar mampu menyusun karya ilmiah secara benar dan cermat, sehingga menjadi semakin menarik dan mudah untuk dicerna oleh pembacanya.
  2. Memperluas wawasan dan pengetahuan bagi penulisnya.
  3. Memberikan sumbangan pemikiran baik berupa konsep teoris maupun konsep praktis.
  4. Memberikan manfaat bagi perkembangan konsep keilmuan maupun pemecahan masalah.


Jenis-Jenis Makalah

Berikut ini adalah jenis-jenis dari makalah, yaitu:

1. Makalah Deduktif

Makalah deduktif adalah makalah yang berdasarkan pada kajian teoritis dan relevan dengan permasalahan yang dibahas.

2. Makalah Induktif

Makalah ini merupakan suatu makalah yang ditulis berdasarkan data yang empiris dan bersifat objektif berdasar pada apa yang di peroleh dari lapangan.

3. Makalah Kajian

Makalah kajian adalah makalah yang biasanya digunakan sebagai sarana pemecahan suatu permasalan yang kontroversial.

4. Makalah Kerja

Makalah kerja merupakan makalah yang dibuat dari hasil penelitian, dan memungkinkan penulis untuk berargumentasi dari suatu permasalahan yang dibahas dan didapatkan dari proses penelitian tersebut.

Demikian Pedoman Cara Membuat Makalah Yang Baik dan Benar, Semoga dengan adanya pedoman diatas dapat bermanfaat bagi anda yang akan menyusun sebuat makalah.

Sumber :
1. https://materibelajar.co.id/sistematika-penulisan-makalah/
2. https://pendidikanmu.com/2019/09/makalah.html

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Sistematika dan Aturan Dasar Pembuatan Makalah"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel