Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam - Macam Tehnik Pukulan Dalam Tenis Meja

Tenis meja merupakan salah satu permainan olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang berlawanan, di mana masing - masing tim berusaha untuk menempatkan bola ke area lapangan lawan dan berusaha mematikan bola lawan untuk mendapat point.

Dalam Tenis meja terdiri dari dua partai yaitu tunggal dan ganda. Di mainkan dalam sebuah ruangan terbuka ataupun tertutup pada sebuah meja sebagai lapangan. Tenis meja menggunakan 2 alat utama yaitu bola dan bet (pemukul).

Dalam permainan tenis meja, pukulan menjadi salah satu penentu sebuah tim dalam mencetak point. Pukulan ialah sebuah umpan ataupun serangan yang diberikan ke pada lawan. Tidak sembarangan melakukan pukulan dalam permainan tenis meja. Harus menguasai teknik adalah salah satu syaratnya.


Lalu apa saja jenis-jenis teknik pukulan dalam permainan tenis meja beserta penjelasannya?, Nah pada kesempatan ini kami berikan penjelasan untuk anda tentang jenis - jenis teknik pukulan tenis meja beserta artinya.

Macam - macam Teknik Pukulan dalam Tenis Meja antara lain:

1. Push

Push Merupakan teknik memukul bola dengan gerakan mendorong dan sikap bet terbuka. Pukulan push biasanya digunakan untuk mengembalikan pukulan-pukulan push itu sendiri dan pukulan chop dari lawan. Ada dua jenis pukulan push yaitu forehand push dan backhand push.

2. Drive

Drive adalah teknik pukulan yang dilakukan dengan gerakan bet dari arah bawah serong ke atas dengan posisi bet dalam keadaan tertutup. Pukulan drive dapat di gunakan sebagai pukulan serangan dan dapat di kontrol sesuai dengan keinginan pemain. Dalam tenis meja ada dua macam pukulan drive yaitu forehand drive dan backhand drive.

3. Chop

Chop adalah teknik memukul bola dengan gerakan seperti menebang pohon dengan kapak. Chop di gunakan untuk mengembalikan pukulan bola yang bermacam macam yang kadang sulit di tangkis Pukulan chop ada dua macam yaitu forehand push dan backhand push

4. Block

Pukulan block adalah teknik memukul bola dengan gerakan menghentikan bola dalam sikap bet yang tertutup. Pukulan blok biasanya di gunakan untuk mengembalikan bola-bola drive.

5. Service

Servive adalah teknik memukul bola untuk memberikan bola pertama ke dalam permainan dengan cara memantulkan terlebih dahulu bola ke meja service kemudian dipukul dengan bet dan bola harus melewati atas net hingga akhirnya memantul di daerah meja lawan.

6. Spin

Spin adalah pukulan forehand atau backhand dimana reket dimiringkan sedikit atau banyak dimana jika mengenai bola akan mengalami perubahan arah (berputar). Pukulan ini menjadi salah satu serangan selain pukulan smash. Ada tiga jenis spin yaitu topspin, backspin dan sidespin.

7. Lob

Teknik memukul bola lambung ke arah lawan yang dilakukan agar lawan sulit mengembalikan bola kearah pertahanan.

8. Smash

Teknik pukulan bola yang dilakukan secara keras dan tajam untuk mematikan lawan.

Itulah jenis-jenis teknik pukulan dalam permainan tenis meja beserta pengertiannya yang perlu untuk diketahui khususnya oleh seorang pemain tenis. Semoga bermanfaat.