Istilah - Istilah dalam Permainan Bola voli

Istilah - Istilah Dalam Permainan Bola Voli (Volley Ball) - Salam Olahraga, bola voli merupakan olahraga permainan bola besar yang di ciptakan oleh William G. Morgan yang berasal dari Amerika Serikat pada tahun 1895. 

Pada awal penciptaannya permainan ini tumbuh dan berkembang di Benua Amerika dan Eropa, maka tidak heran kata - kata atau istilah - istilah yang di pakai dalam permainan bola voli banyak yang menggunakan bahasa asing seperti bahasa inggris yang tentunya tidak sepenuhnya kita pahami.

Peraturan permainan bola voli ini sendiri di atur dan di buat oleh FIVB (Feration Internationale De Volley Ball) selaku induk organisasi bola voli dunia. Di Indonesia sendiri peraturan ini di buat dan di tetapkan oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) selaku induk organisasi bola voli di indonesia, yang tentunya peraturan yang di buat PBVSI ini sesuai dengan ketentuan dan anjuran dari FIVB.


Pada kesempatan kali ini kami akan coba menjelaskan tentang istilah-istilah yang dipakai dalam permainan bola voli secara umum, hal ini bertujuan agar anda tidak kebingungan saat menyaksikan dan memainkan permainan bola voli ini. simak uraian lengkapnya berikut ini.

Istilah - Istilah Dalam Permainan Bola Voli (Volley Ball) :
  1. Ace Spiker : Pemain bola voli yang menyerang dengan bola - bola open (membuka) dan tinggi di atas net
  2. All Round Spiker : Pemain yang memiliki kemampuan lengkap baik bertahan maupun menyerang, pemain ini merupakan pemain yang pandai mengolah bola - bola semi (tanggung)
  3. Back Attack : Serangan atau Smash dari belakang garis serang. Pemain yang melakukan Smash atau Spike adalah pemain yang berada di posisi belakang atau bertahan.
  4. Block: Yang dimaksud dengan block di sini ialah istilah atau bahasa yang digunakan buat membendung atau menghalang pukulan smash dari lawan
  5. Change of Court: adalah istilah pada waktu pertukaran tempat.
  6. Change of position: Ialah istilah pada waktu pertukaran pemain dan setelah terjadi pukulan servis.
  7. Cover Close: Adalah istilah yang digunakan buat menutup daerah sendiri dengan rapat, biasanya sebab adanya agresi versus yang bertubi-tubi.
  8. Cover for Attact atau Cover for deverence: Adalah istilah buat menutup daerah sendiri ketika diserang oleh lawan.
  9. Cross Spike : Smash silang
  10. Deciding game: Adalah istilah yang dipakai pada waktu pertandingan penentuan.
  11. Deciding set: Adalah istilah yang dipakai pada waktu akhir pertandingan yang menentukan, biasanya pada akhir penentuan.
  12. Double Foul: Adalah istilah yang dipakai sebab adanya kesalahan bersama.
  13. Double hit: Adalah istilah yang digunakan buat pukulan ganda yang dilakukan oleh salah seorang pemain.
  14. Driving Service: Adalah istilah yang diberikan kepada bola servis yang bergerak melengkung dengan keras berada tepat diposisi atas net.
  15. Dum Play / Dummy: Adalah istilah buat bola tipuan smash, gerakan seperti melakukan smash ternyata bola dipukul pelan.
  16. Digging :Teknik yang digunakan oleh seorang pemain bertahan untuk menjaga, bola pukulan keras atau lambat agar kembali naik dan dapat dimainkan ketika pemain bertahan hanya memiliki sedikit waktu untuk bereaksi clan menempatkan diri. Pemain bertahan biasanya akan menggunakan passing bawah atau suatu variasi dari passing ini untuk melakukan digging terhadap bola.
  17. Down the line : Serangan di mana bola dipukul dari garis tepi penyerang dan melaju lurus di sepanjang garis tepi lawan yang sama
  18. FIVB (Federation International De Volley Ball) : Induk organisasi bola voli dunia
  19. Floating Service: Adalah istilah yang digunakan pada pukulan servis dengan arah yang bergelombang.
  20. Frontal Smash : Smash depan
  21. Hitt : Melakukan pukulan bola saat melakukan smash.
  22. Jumping Service : Service yang di lakukan sambil melompat. Tehnik pelaksanaannya di lakukan dengan cara melemparkan bola tinggi kedapan yang di lanjutkan dengan gerakan melompat untuk memukul bola di udara.
  23. Landing : Pendaratan setelah melakukan smash
  24. Libero : Pemain yang dianggap sebagai pemain spesialis barisan belakang. Pemain ini hanya bermain dalam barisan belakang dan diperbolehkan mengganti pemain barisan belakang manapun tanpa batas pada saat bola mati. Libero tidak boleh melakukan servis, mengumpankan bola ke penyerang dari depan garis serangan, atau menyerang bola dari atas puncak jaring.
  25. Lift : Pelanggaran (kontak tidak sah) yang terjadi ketika pemain memegang bola.
  26. Line up : Daftar pemain tim inti dalam posisi yang akan mereka mulai dalam pertandingan. Line up menentukan rotasi pemain atau urutan servis di sepanjang pertandingan.
  27. Loss of rally : Hukuman yang diberikan ketika tim yang melakukan servis melanggar peraturan. Lawan diberi kesempatan servis, dan sebuah nilai.
  28. Open Smash : Smash dengan umpan bola normal. bolanya membuka dan tinggi di atas net
  29. Out-Ball: adalah istilah atau bahasa yang digunakan jika bola voli keluar dari batas lapangan.
  30. Over-Ball: adalah istilah atau bahasa yang digunakan ketika bola pindah kepihak lawan, maksudnya giliran pihak versus atau kita yang melakukan servis.
  31. Pepper : Latihan di mana para pemain melakukan passing, mengumpan dan memukul bola bolak-balik ke arch satu sama lain. Sering disebut dengan latihan pemanasan. perimeter — Suatu jenis pertahanan yang digunakan untuk mempertahankan area yang dekat dengan batas lapangan.
  32. PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) : Induk organisasi Bola Voli yang ada di indonesia.
  33. Push Smash : Smash dengan umpan dorongan bola cepat
  34. Quicker : Pemain yang bertugas untuk menyerang dengan bola - bola cepat dan tidak tinggi (0 - 0,5 Meter di atas net)
  35. Quick Smash : Smash dengan umpan bola - bola cepat
  36. Rally : Serangkaian permainan yang terns menerus bolak-balik melintasi jaring yang dimulai dengan servis clan berakhir ketika bola dinyatakan sebagai bola coati.
  37. Roll shot: Suatu pukulan lemah (off-speed) yang dilakukan pemain dengan menyentuh bola dengan lemah, dengan topspin yang lambat, mengarahkannya ke suatu area lapangan yang terbuka. Disebut juga off-speed spike.
  38. Run Up : istilah untuk lari menjangkau bola yang di umpan saat akan melakukan smash.
  39. Smasher : Penerang utama dalam bola voli (Orang yang melakukan Smash)
  40. Set upper / toser : Pemain yang bertugas sebagai pengumpan kepada smasher
  41. Straight Spike : Smash lurus
  42. Semi Smash : Smash denan umpan bola tanggung
  43. Serve atau Service: ialah istilah atau bahasa yang digunakan pada waktu pukulan pertama.
  44. Screen : Suatu tindakan tidak sah yang melibatkan satu atau lebih pemain dari tim yang melakukan servis dengan mencoba untuk menghalang-halangi penerima servis melihat pemain yang melakukan servis atau jalur servis bola. Tindakan ini termasuk melambaikan tangan, melompat atau bergeser untuk menyembunyikan pemain servis.
  45. Side-out:Terjadi ketika tim yang menerima servis mendapatkan hak untuk melakukan servis dengan memenangkan rally.
  46. Spike: Pukulan yang kuat dan diarahkan dengan keras yang digunakan untuk mengembalikan bola ke dalam lapangan lawan.
  47. Substitusi: Seorang pemain masuk ke dalam pertandingan untuk menggantikan pemain lain.
  48. Universal : Pemain serba guna / Serba bisa
  49. Take Off : Melakukan lompatan saat akan melakukan smash
  50. Transisi : Pergantian tim dari bertahan ke menyerang atau dari menyerang ke bertahan selama permainan. Bisa juga mengarah pada pemain yang berganti dari posisi menyerang ke posisi bertahan atau sebaliknya.

Itulah sekilas tentang istilah - istilah yang sering muncul dalam permainan bola voli, Semoga bermanfaat. baca selalu artikel - artikel dari kami gurumapel.com, terima kasih telah membaca dan berkunjung. wasallamu,alikum warohmatullohi wabbarokatuh.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel