Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Skema (Bagan) Pertandingan Sistem Gugur 4 s/d 32 Tim

Pertandingan adalah salah satu bentuk kegiatan yang merupakan suatu ajang kompetisi atau persaingan untuk memperoleh kemenangan atau juara dengan saling mengalahkan lawan yang dihadapinya (pasti ada lawan secara langsung yang dihadapi) misalnya dalam bidang olahraga, pendidikan, kesenian, dan bidang-bidang lainnya.

Menurut jenisnya pertandingan itu dapat dibedakan 2, yaitu:
  1. Pertandingan Langsung, yaitu bila tiap orang yang terlibat dalam permainan itu tidak dibatasi oleh ruang lingkup gerak. Seluruh area yang ditentukan untuk suatu bentuk permainan dapat digunakan oleh lawan atau oleh anggota yang telibat dalam permainan tersebut.
  2. Pertandingan Tidak Langsung yaitu bila tiap pemain atau tim telah mempunyai arena sendiri yang satu dengan yang lainnya dibatasi atau dipisahkan oleh suatu benda, yang pada umumnya adalah sebuah net.

Sistem Gugur adalah suatu sistem yang mengatur pelaksanaan pertandingan dimana peserta yang kalah tidak berhak mengikuti pertandingan selanjutnya. Pertandingan akan berakhir apabila pemenang tidak mempunyai lawan lagi. Pemenang terakhir adalah juara I dan yang kalah adalah juara II.

Keuntungan system gugur adalah:
  • Dapat dikuti dengan peserta banyak
  • Menghemat waktu, biaya, dan petugas
Kerugian dari sistem gugur adalah:
  • Peserta merasa kurang puas, karena sekali kalah langsung tidak dapat main kembali
  • Pertandingan atau perlombaan biasanya dianggap kurang berkualitas, karena pemenang tidak bertanding dengan semua peserta lainnya.
Sistem gugur dapat dibagi menjadi:
  1. Sistem Gugur Tunggal (single elimination)
    • sistem gugur tunggal murni
    • sistem gugur dengan bye
    • sistem gugur dengan seded (unggulan )
    • sistem gugur dengan sisipan
  2. Sistem Gugur Rangkap (double elimination)
  3. Sistem Consulation
Namun dalam kesempatan ini, kami hanya akan menjelaskan sistem gugur tunggal berserta dengan contoh dan bagan pertandingannya yang dapat anda download secara gratis. Adapun untuk bagannya sendiri terdiri atas 4 peserta s/d 32 peserta.

Penjelasan Sistem Gugur Tunggal

1. Sistem Gugur Tunggal Murni

Sistem Gugur Tunggal Murni
Ketentuan sistem gugur tunggal murni adalah:
  1. Setiap peserta atau regu yang kalah tidak boleh main lagi
  2. Bagan pertandingan dengan bangun akar dari dua (badd) 4, 8, 16, 32, dst
  3. Jumlah pertandingan adalah (n-1) untuk sampai juara I dan II
  4. Jumlah pertandingan sampai juara I, II, III, dan IV adalan n (sejumlah peserta)
  5. Untuk penempatan peserta adalah dengan diundi

2. Sistem Gugur Dengan Bye

Sistem Gugur Dengan Bye
Dipergunakan apabila jumlah peserta atau regu kurang dari bangun akar dari dua (badd), sehingga bagannya dibuat menjadi bangun akar dari dua dahulu. Contohnya 6 regu menjadi 8 regu, 12 regu menjadi 16 regu, dst

Untuk menempatkan bye pada bagan pertandingan adalah ditempatkan oleh panitia. Apabila bye ada dua, maka ditempatkan di atas dan dibawah pada bagan. Sedangkan apabila bye lebih dari dua, maka penempaan bye adalah di atas, di bawah, ditengah bawah, ditengah atas dst. Setelah itu regu-regu yang lainnya diundi seperti biasa.

3. Sistem Gugur Dengan Seeded (Unggulan)



Sistem Gugur Dengan Seeded
Sistem seeded dipakai untuk menghindari peserta atau regu yng kuat bertemu di babak pertama, sehinga pertandingan dibabak final tidak menarik lagi. Sistem seeded mengacu pada kejuaraan tahun sebelumnya yang menjadi juara. Tentu saja sebelumnya sistem seeded ini harus diberitahukan dahulu pada peserta yang lainnya. Setelah itu regu atau peserta lainnya diundi seperti pada sistem gugur murni Penempatan regu-regu seeded sama saja dengan penempatan sistem bye.

4. Sistem Gugur Dengan Sisipan

Sistem Gugur Dengan Sisipan
Pada sistem sisipan ini peserta atau regu lebih sedikit dari bangun akar dari dua (badd) dan kurang banyak dari bangun akar dari dua (badd) di atasnya. Umpamanya jumlah peserta 10, dijadikan bagannya menjadi 8 dan atau 20 peserta dijadikan bagannya menjadi 16. (masing-masing sisipannya adalah 2). Penempatan regu pada bagan sisipan, sama saja dengan cara penempatan bye atau regu seeded.

Download Skema (Bagan) Pertandingan Sistem Gugur Peserta 4 s/d 32 Tim

Untuk teman - teman yang ingin mendownload skema atau bagan pertandingan dari Skema (Bagan) Pertandingan Sistem Gugur, silahkan download di link unduhan berikut.

4 Tim Peserta 5 Tim Peserta 6 Tim Peserta 7 Tim Peserta 8 Tim Peserta 9 Tim Peserta
10 Tim Peserta 11 Tim Peserta 12 Tim Peserta 13 Tim Peserta 14 Tim Peserta 15 Tim Peserta
16 Tim Peserta 17 Tim Peserta 18 Tim Peserta 19 Tim Peserta 20 Tim Peserta 21 Tim Peserta
22 Tim Peserta 23 Tim Peserta 24 Tim Peserta 25 Tim Peserta 26 Tim Peserta 27 Tim Peserta
28 Tim Peserta 29 Tim Peserta 30 Tim Peserta 31 Tim Peserta 32 Tim Peserta
Itulah skema atau bagan pertandingan dengan jumlah peserta 4 sampai dengan 32 Tim. Terima kasih sudah berkunjung. Wassalamu'alaikum,.....!!!